Kuliner khas Indonesia yang mendunia - WisataHits
wisatahits

Kuliner khas Indonesia yang mendunia

Kuliner khas Indonesia yang mendunia

Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi, budaya, dan masakan. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing.

Variasi makanan ini bisa menarik perhatian mancanegara. Karena begitu nikmatnya makanan asli Indonesia yang disajikan pada festival-festival yang diadakan di beberapa negara di dunia.

Sebut saja gado gado, sate ayam, rendang, bahkan olahan tempe yang mampu bersaing di dunia internasional. Berapa ukuran Masakan Indonesia global ini?

Berikut 7 makanan khas Indonesia yang mendunia

1. Nasi Goreng di Shanghai China World Expo 2010

Nasi-Goreng-Makanan-Khas-Indonesia-Mancanegara

Sebagian dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini yaitu Nasi goreng. Lebih dari itu, Nasi Goreng berhasil menjadi ikon Indonesia.

nama keluarga nasi goreng semakin meluas di mancanegara, setelah Presiden Amerika Serikat barack obama menyebut nama nasi goreng sebagai makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia dan berulang kali mengakui kelezatan makanan ini.

Di acara”Pameran Dunia Shanghai Cina 2010″ Hidangan nasi goreng menjadi suguhan yang menarik. Lomba masak bertaraf internasional ini mampu membawa nama nasi goreng mendunia.

Acara ini mendapat respon positif dari pengunjung pameran dari berbagai negara. Padahal, dalam sehari, sedikitnya 700 porsi nasi goreng yang disajikan dengan telur dadar dan sate ayam bisa terjual. Nasi goreng ini merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia.

2. Gado-gado di Napoli Italia

Gado-Gado-Makanan Khas-Indonesia-Dunia

Masakan asli Indonesia selanjutnya adalah sayuran campur bumbu kacang. Gado-gado merupakan makanan khas Jawa berupa sayuran yang direbus dan dicampur.

Makanan ini memiliki bumbu khusus berupa kacang tanah. Belum lagi irisan telur dan taburan bawang goreng di atasnya. Penyajian yang unik dan lezat ini akan semakin lengkap jika disajikan dengan kentang goreng atau kerupuk.

Seperti gado-gado yang bisa dimakan salad memang cukup sederhana. Sebuah kompetisi memasak internasional di Naples tahun 2010 membuktikan bahwa gado-gado bukan sembarang makanan.

Dalam ajang ini, gado-gado meraih juara pertama dalam kategori presentasi estetika.

3. Soto Ayam laris manis di Jepang

Soto-Ayam-Makanan Khas-Indonesia-Dunia

Tak hanya terkenal dengan rasanya yang enak, Dengan cara untuk juga memiliki pemandangan yang bagus. Kuliner khas Indonesia yang mudah disiapkan ini lebih nikmat jika disantap saat musim hujan.

Perpaduan udara dingin dan sambal pedas adalah kombinasi yang pas untuk kita. Tak hanya di Indonesia, soto ayam juga ada di festival makanan di Jepang.

Ternyata soto ayam sudah menjadi menu rutin di acara ini. acara ini sendiri diselenggarakan oleh mahasiswa Indonesia anggota PPIJ – Komsat Ibaraki.

Terbukti saat acara besar seperti ini, soto ayam bisa menjadi makanan yang diterima dengan baik di kalangan masyarakat Jepang, dan soto merupakan makanan khas Indonesia yang mendunia.

4. Sate ayam selalu laris manis di festival internasional

Sate Ayam-Makanan Khas-Indonesia-Mendunia

Masakan Indonesia yang terkenal selanjutnya adalah Sate ayam. Makanan bakar ini merupakan makanan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Terkenal dengan sate khas Maduranya, ternyata sate ayamnya juga mumpuni menghipnotis masyarakat perantauan.

Bazaar internasional yang diadakan di China pada tahun 2013 menjadi bukti bahwa sate ayam digemari pengunjung bazaar. Kegiatan ini tidak hanya menyelenggarakan kuliner Indonesia, tetapi juga kuliner dari beberapa negara. Namun menu masakan Indonesia menjadi daya tarik tersendiri.

Salah satu yang membanggakan masakan Indonesia adalah makanan sate ayamnya yang laris manis disantap oleh masyarakat setempat. Tak hanya di bazaar, restoran dengan masakan asli Indonesia mampu bersaing dengan restoran termahal di Indonesia newyork amerika.

Satay-Junction-A-New-York

Dengan menu andalannya, sate ayam, restoran yang menyandang nama tersebut “Sate Junction” mampu menarik orang Amerika.

Meski tergolong kecil, restoran ini selalu ramai dikunjungi orang Amerika yang menyukai makanan Asia, terutama makanan Indonesia. selain mampu bertahan, jumlah pengunjung terus bertambah.

5. Rendang termasuk dalam 50 makanan paling enak

Rendang-Makanan Khas-Indonesia-Dunia

Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari padang sumatera barat. Rendang terbuat dari daging dengan rasa pedas, bumbunya menggunakan campuran berbagai bumbu dan rempah asli Indonesia.

Hidangan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang kali dengan santan. Rendang dikenal dengan proses memasaknya yang lama. Butuh waktu berjam-jam untuk menghasilkan warna hitam pekat dan daging yang empuk.

Tapi percayalah, itu akan terbayar saat Anda memakannya. Rendang yang enak dan lezat berhasil membuatnya terpilih di urutan paling atas dari 50 makanan terlezat di dunia “CNN Internasional pada tahun 2011”.

Rendang bahkan menjadi favorit hotel di Jerman sebagai bagian dari festival kuliner masakan asli Indonesia.

Acara ini diadakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan antara Indonesia dan Jerman. Rendang telah ditetapkan sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia.

Tempe-Makanan Khas Indonesia-Dunia

Berikutnya adalah tempe, ternyata tidak hanya orang Indonesia saja yang menyukai tempe. Seorang juru masak Korea Edward Quad adalah satu dari ribuan orang yang jatuh cinta dengan tempe.

Pendirian Jakarta Culinary Festival yang digelar Oktober 2012 lalu sudah menjadi paguyuban ketua dari berbagai negara asing. Mereka datang untuk mencicipi makanan khas Indonesia dan asal daerahnya. Salah satu makanan khas Indonesia adalah Tempe Goreng.

Salah satunya Eduard Quad, ternyata dari berbagai makanan yang dicicipinya menjadikan tempe idolanya. Berbeda dari ketua asal Korea.

Warga negara Indonesia, Pak Rustomo adalah seorang pengusaha interim di Jepang. Tidak hanya bisa dikreasikan menjadi Makanan Lezat, Tempe juga memunculkan Peti Perak.

Pak-Rustomo-Entrepreneur-Tempe-In-JapanPak Rustomo sebagai kontraktor Tempe di Jepang

Nama Rustomo dikenal di banyak tempat di Jepang. Usaha penjualan tempenya sukses menarik minat masyarakat Jepang, sehingga sudah selayaknya tempe ini menjadi makanan Indonesia yang mendunia.

Baca juga : Nama Makanan Unik Indonesia

7. Sop buntut sebagai masakan khas Indonesia

Sop-Daging-Khas-Indonesia-Makanan-Dunia

Makanan Indonesia global terbaru adalah Sop buntut. Acara presentasi makanan khas Indonesia diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol.

Salah satu menunya adalah sop buntut. Ternyata acara ini mendapat respon yang positif. Koki Indonesia menyajikan berbagai masakan khas Indonesia di sini.

Setidaknya ada sekitar 300 orang yang menikmati menu yang disuguhkan chef Indonesia dan jatuh cinta dengan sop buntutnya. Sop buntut akhirnya dianggap sebagai kuliner khas Indonesia yang mendunia.

Baca juga : Produk asli Indonesia yang terkenal

Demikian pemeriksaan 7 makanan indonesia yang terkenal ke negara asing. Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang menawarkan berbagai makanan lezat dan lezat.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button