Kue Gurih Yopia Spesial Tahun Baru Imlek - WisataHits
Yogyakarta

Kue Gurih Yopia Spesial Tahun Baru Imlek

Kue Gurih Yopia Spesial Tahun Baru Imlek

tanpa judul

Krjogja.com – KUE YOPIA atau Nopia adalah hidangan khas Tahun Baru Imlek bagi masyarakat Lasem, Jawa Tengah. Kue ini sudah ada sejak abad ke-18 dan diperkenalkan oleh seorang keturunan Tionghoa, Tan Tjiem Liang.

Dikutip dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Kue Yopia merupakan kue berbentuk bulat berwarna putih. Saat digigit, rasanya renyah, dengan “rongga” di tengahnya berisi gula aren yang meleleh.

Gula aren yang alami dan benar-benar pedas menjadi ciri rasa kue Imlek di Lasem ini. Kue yopia merupakan akulturasi kuliner masakan khas Tionghoa dan Jawa.

Adonan kulit kue Yoopia diadopsi dari kue di Cina daratan yang dibuat dengan tepung. Sedang, mengandung gula merah yang menjadi ciri khas makanan di Jawa.

Proses pembuatan kue Yopia ini juga cukup rumit. Pembuat manisan harus “menguleni” adonan setiap pagi agar kue Yopia yang mereka jual selalu segar dan baru.

Selain itu, pembuatan adonan ini harus dilakukan pada pagi hari agar body roti mengembang sempurna karena suhu yang rendah. Kue Yopia khas Lasem ini masih dibuat dengan cara tradisional.

Cetakannya masih dibuat dengan tangan, mengikuti insting pembuat kue Yopia. Alat masak yang digunakan masih cukup tua, hanya oven untuk memanggangnya saja yang berubah.

Wisatawan bisa datang untuk menyaksikan pembuatan yopie khas Lasem. Bahkan, wisatawan juga bisa membawa langsung paket Yopia untuk oleh-oleh. Setiap paket harganya Rp 20.000-25.000 dan berisi 10 Yopia.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button