Kota Semarang yang sudah lama ditinggalkan akan merenovasi Wonderia - WisataHits
Jawa Tengah

Kota Semarang yang sudah lama ditinggalkan akan merenovasi Wonderia

Halaman depan taman wisata Wonderia Semarang yang sudah bertahun-tahun terbengkalai. (Foto. DPU Kota Semarang)

SEMARANG (Sigi Jawa Tengah) – Taman wisata Wonderia Semarang beberapa tahun terakhir ini terbengkalai. Kini Pemkot Semarang berencana merenovasinya kembali.

Belum lama ini, beberapa artis di kota Semarang juga memberikan usulan pembangunan eks taman hiburan Wonderia dengan masjid, gereja dan fasilitas umum lainnya.

Sekretaris Kota Semarang Iswar Aminuddin mengatakan, eks taman hiburan Wonderia akan dibangun kembali. Sedangkan konsep pembangunannya sedang dirancang oleh Dinas Tata Ruang Kota (Distaru) Kota Semarang.

“Para seniman dan budayawan menyarankan agar Wonderia dibangun di ruang publik dan diisi dengan masjid, gereja, dan fasilitas umum lainnya,” kata Iswar, Kamis (11/3/2022).

Selain itu, Iswar mengatakan ada konsep lain yang bisa diterapkan di Wonderia, seperti parkir bus wisata. Pasalnya, Kota Semarang belum memiliki lahan parkir yang cukup untuk wisatawan.

“Karena yang menjadi masalah di Kota Semarang adalah ketersediaan lahan parkir untuk bus wisata,” jelasnya.

Iswar mengatakan kedua konsep tersebut akan dibahas kembali dengan banyak pihak. Nantinya, konsep tersebut akan ditawarkan kepada pihak ketiga untuk membangun dua belas taman hiburan Wonderia. Namun, menurut Iswar, saat ini belum ada minat dari pihak ketiga. Karena di tengah-tengah bekas Wonderia ini terdapat sebuah makam.

“Ke depan kami akan lebih intensif berkoordinasi untuk pembangunan eks taman hiburan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Sih Rianung mengatakan pembangunan eks taman hiburan tersebut diharapkan karena berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat, mengingat pada tahun 2023 akan dibangun Taman Singosari di Taman Singosari 2 Simpang Lima dan pusat kuliner alam di kawasan Jalan Singosari.

Rianung mengatakan dalam pembangunan Simpang Lima kedua, DPU nantinya akan membangun jalan lingkar di Taman Singosari, termasuk membuat jalan dengan menutup saluran air di depan eks taman hiburan Wonderia.

“Ini nanti, DPU akan membangun jalan, termasuk penutupan saluran air di depan eks Wonderia,” katanya. (Musonifin)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button