Kota Malang luncurkan empat armada bus Macito dan SPT PBB 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Kota Malang luncurkan empat armada bus Macito dan SPT PBB 2023

Kota Malang luncurkan empat armada bus Macito dan SPT PBB 2023

MALANG, Tugumalang.id – Pemerintah Kota Malang (Pemkot) meluncurkan empat bus wisata gratis alias Malang City Tour (Macito) di halaman Balai Kota Malang, Senin (30/1/2023) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, armada bus baru itu akan dilibatkan dalam penataan kawasan Kayutangan sebagai destinasi wisata kota.

“Seperti yang saya janjikan, saya harap tetap di titik target. Salah satunya di Kayutangan,” ujarnya.

Walikota Malang Sutiaji (tengah). Foto / Feni Yusnia

4 unit bus Macito yang dijelaskan terdiri dari 2 unit bus dari Pemkot Malang dan 2 unit bus kerjasama dengan J99 Foundation. Artinya, 5 unit bus Macito sudah siap digunakan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang R. Widjaja Saleh Putra mengatakan penambahan unit Macito ini memberikan keleluasaan bagi wisatawan untuk menggunakan Macito sebagai armada untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di Kota Malang.

Dua unit bus Macito saat dioperasikan secara simbolis. Foto / Feni Yusnia

“Dengan 5 unit ini sangat membantu. Semoga pemerintah daerah dapat terus menawarkan layanan ini secara gratis. Hal ini dimaksudkan untuk mendongkrak perekonomian melalui kunjungan wisatawan,” jelasnya.

Di sisi lain, kegiatan ini juga dibarengi dengan peluncuran Surat Pemberitahuan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2023.

Walikota Malang Sutiaji mencoba menaiki bus Macito. Foto / Feni Yusnia

Uniknya, SPPT PBB dilengkapi dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Tujuannya untuk mempermudah transaksi pembayaran bagi wajib pajak. Kemudian untuk mempercepat PBB agar bisa masuk ke rekening kas daerah.

Dua dari empat unit armada bus Macito yang baru diluncurkan. Foto / Feni Yusnia

Handi Priyanto, Kepala Badan Perpajakan Daerah Kota Malang (Bapenda), mengatakan saat ini Kota Malang merupakan daerah pertama di Jawa Timur yang menerapkan fasilitas QRIS sebagai bagian dari pembayaran pajak.

Layanan PBB baru SPPT Bappenda Kota Malang diluncurkan di Balai Kota Malang. Foto / Feni Yusnia

“Saat ini kami satu-satunya dan pertama di Jawa Timur. Dari 38 kabupaten/kota, hanya Kota Malang yang menggunakan qris ini. Dengan cara ini, pembayaran selanjutnya dapat dilakukan dari aplikasi bank mana pun. Langsung scan, langsung bayar,” terangnya.

Reporter: Feni Yusnia
Penerbit: jatmiko

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button