Kota Makassar terpilih menjadi tuan rumah Rakernas Apeks 2023 - WisataHits
Jawa Barat

Kota Makassar terpilih menjadi tuan rumah Rakernas Apeks 2023

Makassar (ANTARA) – Para peserta XV. Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (Apeksi) yang diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 7-10 Agustus 2022 memutuskan untuk mengadakan Rakernas berikutnya di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, dikonfirmasi Makassar, Selasa, mengatakan Rakernas Apex XV terselenggara dengan sukses dan Rakernas Apex XVI 2023 akan terselenggara di Makassar.

“Ada dua kota yang diusulkan menjadi tuan rumah rakernas Apex 2023, dan Makassar dipilih secara aklamasi,” katanya.

Ia mengatakan, penetapan Makassar sebagai tuan rumah pelaksanaan Apex XVI ditentukan melalui rapat paripurna.

Dalam rapat paripurna tersebut, dua kota diusulkan menjadi tuan rumah Rakernas XVI 2023, yakni Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan Kota Surakarta, Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, Kota Makassar sangat siap. Seperti yang saya jelaskan ke forum dan teman-teman, Kota Makassar sudah siap,” katanya.

Danny – panggilan akrab Ramdhan Pomanto, mengatakan bahwa kota Makassar menyelenggarakan setiap tahun Acara internasional yaitu F8. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa Makassar siap menjadi tuan rumah APEKSI 2023.

Lebih lanjut, salah satu refleksi Ketua Dewan Gubernur Apex yang juga Wali Kota Jambi Syarif Fasha adalah belum pernah diadakannya Rapat Kerja Nasional Apeksi di pulau Sulawesi.

“Pulau Jawa dua kali, Kalimantan juga, Sumatera dua kali juga. Jadi hanya pulau Sulawesi yang belum pernah, dan pulau Sulawesi merupakan pusat Kota Makassar,” jelasnya.

Menurut Danny, kesediaan Kota Makassar untuk menjadi tuan rumah acara tersebut sudah 100 persen siap menjadi tuan rumah acara besar seperti Apeksi.

Dari segi akomodasi, Kota Makassar memiliki 15.000 kamar hotel mulai dari hotel berbintang hingga hotel non bintang.

Restoran juga tersedia dan berkisar dari masakan lokal hingga internasional. Dari jalan lima sampai lima bintang.

Sementara itu, Kepala Biro Pariwisata Kota Makassar Roem menambahkan, penyelenggaraan APEKSI di Kota Makassar dapat memberikan nafas baru bagi pariwisata dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Alhamdulillah UMKM semakin berkembang. Destinasi wisata kita juga sudah siap, dan sajian kuliner di Kota Makassar akan dibanjiri peserta Apeksi,” ujarnya.

Rencananya, ada dua lokasi pengadaan rangkaian City Expo APEKSI, yakni Pantai Losari dan Lapangan Karebosi.

“Kita harus membuat lokasi yang cukup dan sangat besar acara seperti booth City Expo APEKSI. Pantai Karebosi dan Pantai Losari. Jadi kami sudah siap,” ujarnya.

Source: makassar.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button