Kota Lama Semarang dan Stasiun Kereta Api Tawang Terendam Banjir, Begini Kondisinya - WisataHits
Jawa Tengah

Kota Lama Semarang dan Stasiun Kereta Api Tawang Terendam Banjir, Begini Kondisinya

RADARSMARANG.ID, semarang – Kawasan objek wisata utama kota Semarang, yakni kawasan kota tua, tak luput dari terjangan banjir akibat hujan deras sejak Sabtu (31/12) dini hari.

Akses layanan kereta api (KA) juga terganggu karena sejumlah jalur kereta api terendam banjir, termasuk stasiun Tawang.

pemantauan Jawa Pos Radar Semarang, Wilayah Kota Lama digenangi air setinggi paha orang dewasa. Kafe atau restoran di kawasan itu harus tutup karena terendam air. Alhasil, objek wisata yang biasanya ramai dikunjungi wisatawan kini terlihat tenang dan tentram karena terendam air.

Sementara itu, layanan kereta api terhenti akibat banjir di wilayah Semarang dan Kendal. Efeknya, kereta api yang hendak melintas macet karena alasan keselamatan atau harus melintas dengan batasan kecepatan tertentu. Akibatnya, beberapa perjalanan KA penumpang tertunda.

“Sejauh ini ada dua titik yang tidak memungkinkan dilalui kereta api, yakni di ruas jalan Semarang Tawang – Alastua (Kota Semarang) akibat genangan air setinggi 12 cm di atas kepala rel dan di ruas Kaliwungu – Kalibodri (Kabupaten Kendal). ) ruas jalan karena luapan waridin-sungai yang menimbulkan puing-puing di rel kereta api,” kata Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko, Sabtu (31/12).

Sedangkan untuk kondisi di Stasiun Semarang Tawang terjadi genangan air yang cukup tinggi, yang mengakibatkan layanan boarding penumpang dipindahkan ke area pintu keluar stasiun. Genangan air juga terlihat di stasiun Poncol sehingga menyulitkan masyarakat untuk memasuki kawasan dua stasiun besar di ibu kota Jawa Tengah tersebut.

KAI, kata dia, telah melakukan berbagai upaya normalisasi baik rel kereta api maupun kawasan sekitar Stasiun Semarang Tawang. KAI juga terus berupaya menggunakan lembaga bantuan dan petugas untuk memperbaiki lintasan akibat banjir.

“Dari segi perjalanan kereta api, selama ini sudah ada 4 perjalanan kereta penumpang yang mengalami keterlambatan, yaitu KA 186 Kamandaka Tegal – Semarang Tawang yang saat ini berada di stasiun Weleri dengan waktu tunda 117 menit,” jelasnya.

Selain itu, KA 263 Menoreh jurusan Semarang Tawang – Jakarta Kota saat ini berhenti di stasiun Kaliwungu dengan delay 140 menit, KA 189 Joglosemarkerto Solo Balapan – Tegal saat ini berhenti di stasiun Semarang Tawang dengan delay 52 menit. Lalu ada KA Ambarawa Ekspres 267A jurusan Surabaya Pasarturi – Semarang Poncol yang saat ini stand di Stasiun Alastua dengan jatah telat 34 menit. (gua/bis)

Reporter:

Adennyar Wicaksono

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button