Kota-kota tersebut akan menjadi destinasi wisata domestik populer di tahun 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Kota-kota tersebut akan menjadi destinasi wisata domestik populer di tahun 2022

Kota-kota tersebut akan menjadi destinasi wisata domestik populer di tahun 2022

TEMPO.CO, jakarta – Tahun 2022 bisa dilihat sebagai tahun kebangkitan pariwisata. Banyak destinasi wisata di tanah air yang semakin dikenal dan menarik wisatawan.

Tempat yang sebelumnya tidak dikenal namun memiliki potensi besar sebagai alias tujuan wisata harta karun muncul semakin banyak. Platform perjalanan online Pegipegi mengungkap sejumlah destinasi wisata populer di Indonesia yang banyak dikunjungi selama setahun terakhir.

Busyra Oryza, Senior Corporate Communications Manager Pegipegi, mengatakan berdasarkan data internal platform, destinasi domestik populer pada 2022 adalah Bandung, Yogyakarta, Jakarta, Malang, dan Bali. Tren destinasi domestik masih sama dengan data Travel Report 2021.

Menurut Busyra, kota-kota tersebut populer karena memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, didukung layanan akomodasi yang memadai dan beragam serta akses transportasi. Traveler yang tidak membawa kendaraan sendiri tetap bisa berwisata ke lokasi yang berbeda.

“Namun, kami melihat pemulihan kondisi dan fleksibilitas aturan perjalanan pascapandemi di Indonesia membuat pola pergerakan pemudik semakin luas,” kata Busyra.

Tempat populer lainnya adalah Semarang, Surabaya, Bogor, Solo, Banjarmasin, Medan, Makassar, Batam dan Pekanbaru.

Wisata domestik menjadi primadona

Platform gaya hidup Traveloka juga menemukan bahwa pariwisata domestik adalah primadona. “Pasar domestik mengalami tren yang cukup positif, sekarang pilihan masyarakat lebih beragam, sekarang masyarakat juga lebih eksploratif,” kata Chief Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana pada Kamis, 8 Desember 2022.

Shirley mengatakan, pandemi membuat sebagian besar wisatawan domestik menyadari bahwa Indonesia sangat indah dan memiliki beragam destinasi wisata yang menarik. Perjalanan ke Indonesia Timur seperti Labuan Bajo adalah pilihan populer bagi para pelancong.

Laporan e-Conomy SEA 2022 menyatakan bahwa sektor perjalanan dan pariwisata menunjukkan tren pemulihan bertahap dan akan mencapai pemulihan penuh pada tahun 2023 dan 2024. Laporan yang sama mengatakan perjalanan domestik menunjukkan tren pemulihan yang lebih cepat, mengingat pemesanan hotel di Asia Tenggara mencapai hampir 80 persen dari tingkat pra-pandemi.

Baca juga: 5 destinasi ini telah memperkenalkan pariwisata berkelanjutan

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button