Kost Banyuwangi Jadi Referensi Investasi dan Semakin “Anyes” - WisataHits
Jawa Timur

Kost Banyuwangi Jadi Referensi Investasi dan Semakin “Anyes”

Kost Banyuwangi Jadi Referensi Investasi dan Semakin “Anyes”

WAKTU INDONESIA, BANYUWANGI – Kehadiran pemangku kepentingan investasi PT Bumi Suksesindo (PT BSI) berdampak positif dalam percepatan kemajuan di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Dengan kata lain, keberadaan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk membuktikan bahwa Kecamatan Pesanggaran semakin “Anyes” atau semakin aman, nyaman, damai dan sejahtera.

iklan

Ya, melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) atau yang biasa disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR), PT BSI tetap menjaga komitmennya kepada masyarakat dan pemerintah kabupaten Banyuwangi. Selanjutnya, berbagai program diluncurkan dengan konsep pembangunan ekonomi bersama.

Seperti program renovasi rumah Kampung Nelayan Maju (Kalaju), membangun paving factory, membangun rumah ibadah, membangun infrastruktur jalan dan masih banyak lagi. Program yang diprakarsai merupakan hasil musyawarah dengan masyarakat dan pemerintah desa. Termasuk Tim Terpadu yang merupakan kepanjangan tangan pemerintah daerah.

Program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini dilaksanakan secara berkelanjutan oleh PT BSI di kawasan Ring One Kecamatan Pesanggaran. Baik di desa Sarongan, Kandangan, Sumbermulyo, Pesanggaran dan Sumberagung, tempat perusahaan didirikan.

“Keberadaan PT BSI tentunya membawa banyak perubahan (kemajuan). Banyak program bagus yang diberikan kepada masyarakat,” kata Kepala Desa (Kades) Sumragung Vivin Agustin, Senin (30/01/2023).

Ia menyebutkan penguatan sinergi berbagi manfaat dengan memberdayakan masyarakat sekitar merupakan salah satu konsep yang diterapkan perseroan sebagai bagian dari program bedah rumah. Di sana, melalui kelompok masyarakat (Pokmas), masyarakat dapat mengajukan proposal rumah bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi yang berhak mengikuti program bedah rumah.

Selama pelaksanaan, tenaga kerja yang direkrut juga masyarakat setempat.

“Sehingga penerima renovasi rumah tidak hanya sejahtera, tetapi masyarakat sekitar yang melaksanakan kegiatan juga merasakan dampak ekonominya,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Camat Pesanggaran, Dr. R.Agus Mulyono, M.Si. Menurutnya, keberadaan PT BSI sebagai investor berdampak positif bagi daerah. Program pemberdayaan yang diluncurkan sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi.

“Sehingga percepatan pembangunan dan perekonomian masyarakat terus tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Menurut Agus, tambang emas anak usaha PT Merdeka Copper Gold Tbk itu juga memiliki kepekaan yang tinggi terhadap keadaan masyarakat. Misalnya, saat banjir melanda kecamatan Pesanggaran, PT BSI langsung tanggap dengan mendistribusikan berbagai sembako.

Keduanya memberikan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat yang terkena dampak banjir. Serta didukung alat berat dan armada dump truck untuk mempercepat pembersihan sisa puing banjir.

“Jadi keberadaan PT BSI juga ikut berperan dalam mewujudkan slogan ‘Rumah Kost Anyes’ Pesanggaran Aman, Nyaman, Damai dan Sejahtera,” kata Camat Agus.

Seperti diketahui, wilayah Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur merupakan lokasi investasi PT BSI sebagai Pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP OP) Emas dan mineral berikut nomor 188/547/KEP /429.011 /2012.

Anak usaha PT Merdeka Copper Gold Tbk ini juga telah ditetapkan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini mengoperasikan fasilitas manufaktur di Desa Sumbagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebagai investor, PT BSI dan mitra terus berkomitmen kepada masyarakat, termasuk wisata pantai di Banyuwangi. Program PPM terus dilaksanakan di empat sektor yaitu pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button