Konten lokal di Instagram akan semakin semarak di tahun 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Konten lokal di Instagram akan semakin semarak di tahun 2023

Instagram memperkirakan bahwa konten lokal akan tetap relevan bagi pengguna Gen Z platform media sosial hingga tahun 2023.

“Di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan memicu perbincangan tentang budaya populer,” ujar Revie Sylviana, Director of Meta Creator Partnerships for Indonesia and Southeast Asia, dalam keterangan pers yang didapat. Diantara Rabu (12/7/2022).

Dalam laporan Instagram Gen Z Loves on Instagram yang disusun berdasarkan data internal dari Instagram dan Populix, platform Meta memprediksi di tahun 2023 ada tiga tren yang akan bersinar, yakni kuliner dan pariwisata, lagu dan tarian daerah, serta net 3.

Instagram menemukan bahwa Gen Z menggunakan dan membagikan lebih banyak konten lokal dalam bentuk lagu dan tarian daripada konten asing untuk Reels. Populix menemukan bahwa 1 dari 2 Gen Z pernah menggunakan lagu “Dunia Tipi-Tipu” milik Yura Yunita dan sepertiga dari mereka menyukai lagu “Ojo Dibandingke” milik Farel Prayoga.

Gen Z di Instagram juga menyukai lagu Evan Loss “Full Smile Sayang”, “Hati-hati di Jalan” oleh Tulus dan “I Love Mama Mantu” oleh Bulan Sutena.

Untuk tahun 2023 juga, Instagram melihat konten kuliner dan pariwisata sebagai pemenang. Sebagian besar tagar paling populer di tahun 2022 terkait dengan makanan dan pariwisata, seperti #Bali, #PesonaIndonesia, dan #Kuliner.

Hingga 40 persen Gen Z yang disurvei oleh Populix mengatakan mereka aktif menggunakan ketiga tagar tersebut.

Gen Z di Indonesia juga tertarik dengan teknologi Web 3 seperti NFT, avatar, augmented reality (AR), dan virtual reality (VR). Populix menemukan bahwa 65 persen Gen Z ingin melihat lebih banyak kemampuan VR di Instagram,

Gen Z juga tertarik untuk menggunakan fitur AR yang dikembangkan oleh developer Indonesia yaitu “ID Flag” dan “Visible”.

Sepanjang tahun 2022, Instagram menemukan Gen Z menyukai konten video di Reels dan Instagram Stories. Kedua fitur ini adalah tempat favorit mereka untuk menonton konten yang menyenangkan.

Untuk berinteraksi, Gen Z menggunakan fungsi komentar dan pesan DM pribadi. Mereka juga suka menggunakan fitur “Sticker Add Yours” di Reels dan Stories.

Topik yang diminati Gen Z Indonesia di Instagram tidak hanya hiburan, mereka juga tertarik dengan aksi sosial seperti lingkungan yang lestari, autentik dan menjadi diri sendiri, pemberdayaan perempuan, komunitas dan kesehatan mental.

Instagram juga menemukan bahwa pengguna muda menyukai avatar seperti Thumb Up, Blowing Kiss, dan Winky. (semut/gat/iss)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button