Konsisten Implementasikan Net Zero Emissions, PLN Raih Penghargaan dari Tribun Network - WisataHits
Jawa Timur

Konsisten Implementasikan Net Zero Emissions, PLN Raih Penghargaan dari Tribun Network

Berita Banyuwangi

SURYA.co.id | BANYUWANGI – Konsistensi dan keseriusan PT PLN (Persero) dalam mengadopsi net-zero emission (NZE) melalui pemanfaatan green energy telah mendapat pengakuan nasional.

Hal ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Green Energy for Indonesia dari Tribun Jatim Network.

CEO TribunJatim Dahlan Dahi menyerahkan penghargaan tersebut langsung kepada Direktur Utama PT PLN (Persero) yang diwakili oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Distribusi Utama Jawa Timur, Lasiran, pada acara peluncuran TribunJatimTimur.com, Kamis (11/ 17/2022).

CEO Tribun Network Dahlan Dahi mengumumkan bahwa keputusan ini didasarkan pada berbagai upaya dan kampanye transisi energi bersih PLN, salah satunya adalah konvoi kendaraan listrik.

“PLN adalah salah satu perusahaan yang serius memenuhi target pemerintah untuk mencapai emisi net-zero, seperti kampanye gaya hidup elektrifikasi yang baru-baru ini diakui oleh Rekor MURI,” kata Dahlan.

Ia menambahkan, di Jawa Timur, PLN telah berhasil menjalin kerja sama dengan berbagai pihak mulai dari pemerintah hingga masyarakat hingga produsen kendaraan listrik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kenyamanan kendaraan listrik.

General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Lasiran menjelaskan peran besar PLN dalam mensukseskan transisi energi Indonesia antara lain melalui upaya dekarbonisasi, kerjasama pengembangan energi bersih dengan berbagai pihak seperti membangun PLTS di pulau-pulau, co-firing inovasi pemanfaatan biomassa di PLTU, kampanye gaya hidup menanam mangrove pada Minggu (11/7/2022) lalu.

“Dalam proses transisi energi, PLN perlu mentransformasikan dan mempelajari kompetensi inti dan keterampilan baru untuk menghadapi tantangan masa depan. Peralihan energi ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, melainkan bersama-sama,” ujar Lasiran.

Lasiran menambahkan, untuk mencapai tujuan transisi energi, PLN harus bekerja sama dengan semua pihak untuk menyediakan akses listrik bersih, namun sesuai dengan prinsip keterjangkauan masyarakat sehingga dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.

“Pasca pandemi, PLN terus mengintensifkan upaya pemulihan ekonomi di wilayah Jawa Timur dengan fokus pada sektor-sektor yang tidak terdampak seperti pertanian, menggairahkan usaha mikro dan kecil (UMK), mendorong pertumbuhan pariwisata dan lain sebagainya. Ke depannya akan berjalan beriringan. Selain mempercepat transisi energi, PLN akan terus memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan,” pungkas Lasiran.

Dahlan mengapresiasi peran PLN dalam mendorong pemulihan ekonomi sektor ketenagalistrikan.

Menyadari hal tersebut, Lasiran menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi pascapandemi berangsur membaik dan cenderung tinggi, terbukti dengan konsumsi listrik yang terus tumbuh sebesar 4-5 persen per Oktober 2022.

“Ini juga kita dukung dengan daya yang cukup di Jawa Timur dengan kapasitas 10.000 MW, daya yang dikonsumsi 6.000 MW, jadi kita masih punya cadangan 3.000-4.000 MW. Artinya PLN siap mensuplai pertumbuhan iklim industri di berbagai wilayah Jawa Timur,” pungkas Lasiran.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button