Kompos Celup, Inovasi Pengolahan Limbah Kotoran Sapi Karya Mahasiswa KKN-T IPB University - WisataHits
Jawa Barat

Kompos Celup, Inovasi Pengolahan Limbah Kotoran Sapi Karya Mahasiswa KKN-T IPB University

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-T) IPB University di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat melakukan konsultasi pengelolaan kotoran hewan (kohe).

Berbeda dari biasanya, pengolahan sampah dilakukan dengan membuat teh kompos, atau bisa disebut dengan perendaman kompos.

Saran tersebut ditujukan kepada para petani dan peternak di Lamping Kidang, kawasan wisata terpadu yang dikelola Taman Nasional Gunung Ciremai.

Peternakan di desa Cisantana cukup besar, sehingga sektor peternakan merupakan salah satu potensi yang baik untuk dikembangkan.

Namun ada satu masalah yang sudah lama meresahkan masyarakat dan pemerintah desa yaitu pencemaran limbah batubara sapi.

“Kohe yang dihasilkan setiap sapi sekitar 17 kilogram per hari. Sementara itu, masyarakat sering tidak mengolah limbah kohe tetapi membuangnya ke air (sungai),” kata Ano Suratno, Kepala Desa Cisantana.

Limbah kohe yang tumpah ke sungai pasti akan mencemari sungai.

Air sungai berubah warna menjadi hijau kecoklatan dan berbau tidak sedap. Air sungai yang tercemar juga mempengaruhi aktivitas masyarakat desa lainnya di hilir, seperti Desa Pajambon.

“Selama ini pengolahan arang sapi hanya dilakukan di kawasan Lamping Kidang, dimana arang tersebut dikeringkan dan dijadikan kompos,” lanjut Ano.

Mahasiswa KKN-T dari IPB University mencoba memecahkan masalah ini dengan membuat inovasi kompos celup.

Source: bogor.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button