Komitmen bersama untuk mengembangkan pariwisata di Prambanan Sleman - WisataHits
Yogyakarta

Komitmen bersama untuk mengembangkan pariwisata di Prambanan Sleman

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Sebagai salah satu kawasan yang masuk dalam program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prambanan, Forkom Pokdarwis Prambanan beserta 6 Lurah Se Kapanewon Prambanan Sleman dan seluruh pemangku kepentingan pariwisata di Prambanan berkumpul dan berkomitmen bersama untuk memajukan kemajuan pariwisata di Prambanan.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Kalurahan Sumberharjo ini juga dibarengi dengan Digital Marketing Workshop yang membahas tentang pentingnya dunia digital dalam pemasaran pariwisata.

Dalam sambutannya, Direktur Eksekutif Ketua Forkom Pokdarwis Prambanan Mujimin mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk penyatuan seluruh potensi yang ada di Prambanan, selain untuk menambah pengetahuan peserta tentang dunia digital marketing.

Baca Juga: Hyundai Gelar Pameran di Jogja Lagi, MPV Stargazer Curi Perhatian dengan Fitur Terbaru

Para peserta yang tak lain adalah Kepala Desa, Perangkat Desa, Bumkal dan seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif di Prambanan, juga telah menyatakan komitmennya untuk bersama-sama membangun industri pariwisata di kawasan Prambanan.

“Dalam menghadapi KSPN, kita perlu berbenah, mari kita mulai mengajak masyarakat untuk menjadi pelaku pariwisata dan tidak hanya menjadi penonton perkembangan industri pariwisata di masa depan,” ujar Mujimin, atau Pak Je, panggilan akrabnya.

Ditambahkannya, Pokdarwis dan Aparatur Kallurahan dapat bersinergi dengan kegiatan ini untuk memulai implementasi Sapta Pesona di daerahnya masing-masing dan bersama-sama membuat paket wisata sesuai potensi yang ada dan kapasitas SDM yang ada di Pokdarwis dan pengelola pariwisata yang ada di Prambanan bisa meningkat.

Hal ini juga diamini oleh Kepala Desa Sumberharjo Kurniawan Widiyanto selaku tuan rumah workshop dan seminar jalan menuju KSPN Prambanan serta komitmen bersama untuk memajukan pariwisata Prambanan.

Ia mengungkapkan, saat ini melalui Pokdarwis dan penggiat pariwisata lainnya, Sumberharjo sangat ingin Sumberharjo naik kelas dan mulai menghimpun potensi wisata dan industri kreatif sehingga bisa menjadi pemain kunci dalam pengembangan industri pariwisata di sekitarnya.

“Walaupun saat ini kami hanya sebagai pendukung, kami berharap Sumberharjo juga memiliki potensi wisata yang layak jual kepada pengunjung wisata, apalagi sekarang daerah kami sudah diserbu bus wisata tujuan Bukit Obelix, teman-teman jika memang menginginkan wisatawan juga singgah di destinasi wisata di Sumberharjo,” ujarnya.

Acara diakhiri dengan penandatanganan ikrar bersama untuk memajukan pariwisata di Prambanan.

Setidaknya 6 Lurah Se Prambanan, Bumkal dan seluruh pemangku kepentingan pariwisata di Prambanan telah menyatakan komitmennya untuk bersinergi membangun potensi pariwisata di daerahnya masing-masing.

Dalam sambutannya, Ketua Badan Promosi Pariwisata DIY GKR Bendoro menyambut baik langkah yang diambil oleh Forkom Pokdarwis Prambanan.

Baca Juga: Para Menteri Otomotif Bareng di Kampus UGM, Ada Budi Karya Sumadi hingga Mahfud MD

“Ke depan kami berharap Forkom Pokdarwis Prambanan bisa sering berdiskusi dengan beliau, Pokdarwis juga harus mulai berpikir 5-10 tahun ke depan dan mengajak masyarakat untuk menghimpun potensi yang dikandungnya, baik itu pariwisata, UMKM maupun seni kuliner. Melalui sinergi bersama ini, Pemerintah Kallurahan dan Pokdarwis dapat bersinergi menggali potensi yang ada di daerahnya. Dan yang terakhir, Pokdarwis bisa menjual paket wisata di desa wisatanya sehingga bisa dijual untuk wisatawan yang datang ke Yogyakarta. dia berkata.

“Kearifan lokal, kuliner dan produksi khas UMKM semakin diprioritaskan, apalagi kebutuhan kuliner yang higienis harus tetap dijaga agar nantinya wisatawan tetap datang dan kembali yang mendambakan potensi wisata DIY,” tambah GKR Bendoro.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button