Kominfo Agency meluncurkan aplikasi penyimpanan dan penyimpanan data cloud - WisataHits
Yogyakarta

Kominfo Agency meluncurkan aplikasi penyimpanan dan penyimpanan data cloud

ABATANEWS, MAKASSAR – Biro Komunikasi dan Informatika Makassar (Kominfo) secara resmi meluncurkan aplikasi penyimpanan dan penyimpanan data cloud pada Kamis (21/7) di Four Point Hotel Sheraton.

Kedua aplikasi tersebut diluncurkan oleh Staf Ahli Pemerintah, Hukum dan Kebijakan I Irwan Bangsawan, didampingi Kepala Aplikasi Informasi Kantor Komifo Makassar, Jusman.

Kepala Departemen Aplikasi Informatika Biro Kominfo Makassar Jusman menjelaskan penyimpanan data cloud merupakan aplikasi penyimpanan data OPD yang disiapkan secara gratis.

Baca Juga: Fatma Dorong SKPD Percepat Belanja Anggaran Triwulan II 2022

Ia mengatakan OPD dapat mengakses layanan penyimpanan data cloud dengan kapasitas hingga 100GB melalui datacloud.makassarkota.go.id.

“Jadi semua data sektor OPD bisa disimpan di sini. Misalnya, dokumen, audio, video dan file arsip lainnya dapat dimasukkan ke dalam aplikasi ini, “kata Jusman.

Dengan aplikasi ini, menyimpan, mencari, menyinkronkan, dan berbagi data menjadi lebih mudah dan efektif.

Baca Juga: Promosi Pariwisata Yogyakarta, Dispar Boyong Makassar 20 Pelaku Industri Kreatif

Artinya kita dapat dengan mudah mengunggah, menyimpan, dan mengakses berbagai jenis file di mana saja dan kapan saja selama ada jaringan internet.

“Jadi tidak perlu membawa dokumen, cukup buka di penyimpanan data cloud. Kami menggunakan owncloud yang akunnya unlimited, awalnya hanya untuk tahap awal untuk semua OPD,” ujarnya.

Aplikasi repositori aplikasi kedua adalah Makassar City Playstore. Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk menemukan aplikasi pemerintah kita berbasis Android atau iOS.

Baca Juga: Pemkot Makassar Tawarkan Bantuan Permodalan Kepada Pelaku UMKM di Lorong Wisata

“Sejauh ini, masyarakat belum dapat menemukan aplikasi dari pemerintah kota. Makanya kami mengembangkan aplikasi ini untuk menyimpan semua aplikasi yang dibuat oleh Pemkot,” jelasnya.

Jusman berharap kedua aplikasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh OPD. Karena aplikasi ini merupakan inovasi dari Layanan Kominfo Makassar untuk mempercepat layanan digital.

“Kami sedang menyiapkan aplikasi yang dapat membantu OPD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Hari Pertama di AS, Danny Kunjungi Konsulat Jenderal di New York

Panel Pakar Pemerintah, Hukum dan Kebijakan I Irwan Bangsawan, Wakil Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengapresiasi inovasi Layanan Komunikasi dan Informatika Makassar.

“Saya yakin aplikasi ini dapat meningkatkan akselerasi informasi Kota Makassar dan akselerasi inovasi di setiap OPD,” ujar Irwan.

Ia juga mendorong seluruh OPD untuk menggunakan layanan aplikasi yang disiapkan Dinas Komunikasi dan Informatika Makassar.

Baca Juga: Pemkot Makassar Dukung Pembangunan Rusun UKI Paulus

“Dengan aplikasi ini kami berharap data bisa terintegrasi antar OPD. Berbeda dengan sebelumnya, data di OPD A berbeda dengan OPD B, meski objeknya sama,” pungkasnya.

Peluncuran ini juga dirangkaikan dengan implementasi sistem koneksi Pemkot Makassar dengan tema penguatan ekonomi digital melalui kerja sama startup lokal dan UMKM.

penulis: Azwar

Source: abatanews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button