KKN di Jenawi, Mahasiswa Unisri Revitalisasi Bukit Ganduman Karanganyar - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

KKN di Jenawi, Mahasiswa Unisri Revitalisasi Bukit Ganduman Karanganyar – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Mahasiswa Unisri Solo Ikuti KKN Tematik di Bukit Ganduman, Karanganyar. (Spesial)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) oleh Universitas Slamet Riyadi atau Unisri Solo di Karanganyar, Jawa Tengah, desa wisata animasi di Bukit Ganduman, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi.

Kegiatan yang berlangsung pada akhir November 2022 ini merupakan bagian dari program Kampus Merdeka Belajar Merdeka (MBKM). Desa wisata menjadi tema program KKN-T MBKM tahun ini.

Green Tokopedia Promotion mengajak UMKM dan Pemda untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa KKN-T Unisri untuk merevitalisasi Bukit Ganduman yang sudah hampir 3 tahun sepi pengunjung. Dampak pandemi Covid-19 sudah dirasakan oleh masyarakat, termasuk pengelola Bukit Ganduman.

Bukit Ganduman di Karanganyar yang sempat viral pada 2017 lalu kini sepi pengunjung akibat pandemi. Padahal, pemandangannya sangat indah.

Baca Juga: Jembatan Kaca Sky Hills Kemuning Karanganyar akan diresmikan pada malam pergantian tahun

Hal tersebut mengakibatkan mahasiswa KKN-T Unisri Solo melaksanakan program kerja tersebut. Kegiatan yang dilakukan antara lain membersihkan tanaman liar yang tumbuh di sekitar jalan menuju puncak bukit kemudian menanam tanaman hias di sekitar jalan.

Beberapa spot foto yang rusak juga diperbaiki. Selain itu, proses pemulihan ekonomi Desa Gumeng meliputi penjagaan loket pintu masuk Bukit Ganduman dan promosi wisata Bukit Ganduman di media sosial.

Dengan adanya kebangkitan ini diharapkan dapat mengembalikan perekonomian Desa Gumeng kembali normal dan melanjutkan wisata Bukit Ganduman.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Paling Populer dan Unik di Karanganyar

Partisipasi masyarakat merupakan unsur penting dalam pemanfaatan desa wisata sebagai faktor pertumbuhan ekonomi masyarakat, hal ini juga harus membawa manfaat yang besar.

Masyarakat dapat dilibatkan dalam kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan barang dan jasa. Pemberdayaan masyarakat diharapkan memberikan dampak positif terhadap sosial ekonomi dan budaya masyarakat.

Daya tarik yang ditawarkan Bukit Ganduman diperkuat dengan keterlibatan masyarakat seperti: B. Menyajikan aneka suplemen dengan aneka makanan dan jajanan untuk menemani liburan wisatawan.

Baca Juga: Kebun Durian Karanganyar, Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Pecinta Buah

Wisatawan disuguhkan beragam hidangan dengan harga mulai dari Rp 5.000. Pengunjung dapat mengambil foto secara gratis hanya dengan membayar Rp 20.000 dan dapat menikmati berbagai spot foto yang disuguhkan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button