KK 26 Wisata Situbondo diterjang angin kencang - WisataHits
Jawa Timur

KK 26 Wisata Situbondo diterjang angin kencang

Acara daerah
KK 26 Wisata Situbondo diterjang angin kencang

SITUBOND – Karang Kenek (KK) 26 Wisata Dusun, Desa Olean, Kabupaten/Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, hancur karena diterpa angin kencang pada Jumat (24/12/2022) malam.

Kadari, salah satu penggiat wisata mengatakan, tempat wisata KK 26 kini tinggal kenangan setelah diterpa bencana angin kencang.

“Dusun Karang Kenek dikenal masyarakat luas karena mitos-mitos yang melingkupinya. Dusun itu hanya bisa dihuni oleh 26 kepala keluarga. Tapi sekarang tinggal kenangan setelah diterjang angin kencang,” ujarnya.

Selain itu, Kadari mengatakan, terjadi bencana angin besar secara tiba-tiba yang mengakibatkan hancurnya bangunan wisata KK 26.

Menurutnya, tempat wisata tersebut merupakan kebanggaan masyarakat Indian Situbondo.

“Kami berharap perhatian pemerintah Situbondo kembali bangkit agar pariwisata KK 26 dapat kembali bangkit seperti sediakala,” ujarnya.

Ia menjelaskan wisata KK 26 di Dusun Karang Kenek, Desa Olean dikenal dengan dusun mistik. Bagi warga setempat patut berbangga karena dusunnya memiliki tradisi budaya yang unik untuk dipamerkan kepada masyarakat luas.

Ia menyampaikan, dusun tersebut hanya bisa dihuni oleh 26 kepala keluarga saat ini.

“Tur KK 26 rencananya Mei 2023 akan dikunjungi Presiden RI Joko Widodo untuk membuka langsung acara inklusi disabilitas tingkat nasional di venue ini,” ujarnya.

Di sisi lain, tambah Anshori Kepala Desa Olean Anshori menambahkan, hujan deras disertai angin kencang di Situbondo dan sekitarnya kemarin menyebabkan hampir seluruh bangunan ambruk.

“Akibat kejadian ini, hampir semua fasilitas seperti spot selfi berupa jalan setapak bambu yang instagramable dengan kolam renang umum, pondok wisata, taman bunga dan pusat kuliner ala kampung hancur semua,” jelasnya.

Di sisi lain, ia menyayangkan sejak kejadian hingga saat ini, tidak ada satupun pejabat baik dari BPBD, maupun dari Dinas Pariwisata dan dinas terkait lainnya yang datang untuk melihat dan bertanya.

Ia mengumumkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan kerugian material belum dihitung, sehingga belum bisa dipastikan berapa total kerugian yang ditimbulkan.

“Kami masih belum bisa menjelaskan ini sampai ada data pendukung. Insyaallah besok Tim Desa sudah bisa memperkirakan jumlah kerugian akibat bencana angin kencang yang melanda wisata KK 26 ini,” lanjutnya.

Dikatakannya, meski bangunan wisata KK 26 hancur total akibat diterjang angin kencang, pemerintah desa dan warga tetap semangat dan mau bergotong royong membangun kembali wisata Karang.

“Karena pada bulan Mei 2023 ini akan disibukkan dengan acara inklusi tingkat nasional yang insyaallah pada pembukaannya Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo akan ikut,” ujarnya.

Ia berharap pemerintah negara bagian khususnya dinas OPD memberikan solusi bagaimana merevitalisasi pariwisata KK 26, apalagi wisata ini disibukkan dengan event nasional.

“Pemerintah Kabupaten Situbondo akan menjadi tuan rumah acara nasional untuk bertemu dengan para aktivis disabilitas. Pada acara ini seluruh provinsi Indonesia akan berkumpul di Situbondo, lebih tepatnya di Wisata KK 26,” pungkasnya.

bentara : Syamsuri
editor : Bahrullah

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button