Kirana Kabupaten Kediri Tampil di Raka Raki Jawa Timur, Bupati Sampaikan Pesan Ini - WisataHits
Jawa Timur

Kirana Kabupaten Kediri Tampil di Raka Raki Jawa Timur, Bupati Sampaikan Pesan Ini

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Duta Wisata Kabupaten Kediri Inu Kirana 2022 meraih prestasi dalam Pemilihan Raka Raki 2022 di Jawa Timur (Jawa Timur).

Pada malam kulminasi Grand Final Raka Raki Jatim 2022, Duta Wisata Kabupaten Kediri Kirana Aida Fathiyya membawa pulang gelar Deputi 3 Raki Jatim 2022.

Tak hanya itu, jelang malam pemilihan yang digelar di Grand City Convention and Exhibition di Kota Surabaya pada Sabtu malam (11/5/2022), Aida Fathiyya dan Inu Praska Arwi juga masuk dalam 10 besar kategori Best Dress for Raka Raki Jawa Timur 2022.

Pada malam grand final, Aida Fathiyya yang tampil dengan balutan tie-dye orange dan scarf biru navy menjawab pertanyaan Ketua Tim Mobilisasi PKK Arumi Bachsin Emil Dardak tentang optimalisasi IT di sektor pariwisata.

“Saat ini perkembangan IT sangat pesat, apa yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata di Jawa Timur?” Arumi bertanya pada wanita yang akrab disapa Tia itu.

Mahasiswa semester tiga Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga itu menjawab tegas pertanyaan istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak itu.

“Kita tahu sekarang sudah memasuki era Society 5.0, di mana big data menjadi senjata untuk mengetahui apa yang diinginkan wisatawan dan apa yang diinginkan wisatawan,” kata Tia yakin.

Diakui Tia, keberhasilan malam puncak Raka Raki Jatim 2022 tak lepas dari persiapan matang yang telah dilakukan sejak terpilih sebagai Inu Kabupaten Kediri pada 2022 beberapa bulan lalu.

Menurutnya, pendampingan dan pembekalan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, baik dari segi penguatan materi kostum, membuatnya semakin optimis.

Tia sendiri mengaku bangga bisa mengharumkan nama Bumi Panjalu di tingkat provinsi.

“Semoga kedepannya kita bisa memaksimalkan potensi promosi pariwisata di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Kediri,” ujarnya usai menerima piala “Wakil 3 Raki Jatim 2022”.

Sementara itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan di tempat lain bakat dan potensi Tia sudah terlihat sejak terpilihnya Inu Kirana, Kabupaten Kediri. Menurut tokoh terkemuka di pemerintahan Kabupaten Kediri ini, ide dan gagasan perempuan yang tinggal di Kabupaten Badas baik untuk promosi pariwisata.

Kedepannya, dengan potensi yang dimilikinya, Tia harus bisa mengembangkannya untuk menunjang karirnya.

“Tentu kami di Pemkab Kediri bangga dengan prestasi Aida Fathiyya. Teruslah berkarir dan mengabdikan diri untuk negara,” kata Bupati muda yang akrab disapa Mas Dhito itu, Minggu (11 Juni 2022).

Mas Dhito berpesan untuk mengikuti prestasi para pemuda di daerahnya ini yang diharapkan nantinya mampu memajukan bumi Panjalu.

“Mudah-mudahan ada ratusan anak muda seperti Tia di Kabupaten Kediri. Membangun Pariwisata Kabupaten Kediri untuk Jatim dan Indonesia,” pungkas Mas Dhito.

Sebelum malam grand final, seluruh peserta Raka Raki Jawa Timur 2022 mengikuti karantina di Lawang, Malang. Di karantina, mereka mengikuti serangkaian tes dan ujian, termasuk tes pengetahuan umum dan pariwisata, tes bahasa Inggris, serta berbagai tes lain yang terkait dengan promosi dan budaya pariwisata.

Pasangan Praska Arwi dan Aida Fathiyya sendiri terpilih sebagai Inu Kirana di Kabupaten Kediri 2022 pada malam pemilihan Inu Kirana 2022, 5 Agustus. Pada malam klimaks Inu Kirana 2022, terpilih Praska dari Kabupaten Kayen Kidul sebagai pemenang sedangkan Aida dari Kabupaten Badas tersingkir, menyisihkan 18 finalis lainnya.

Sebelum dikarantina, Mas Dhito mengajak mereka untuk membawa khasanah budaya Kabupaten Kediri.

“Doa terbaik untuk keduanya, semoga sukses apalagi bisa menyuguhkan cerita Panji yang merepresentasikan kekayaan budaya asli Kediri,” kata Mas Dhito usai bertemu Praska dan Tia, Rabu (11/2/2022) lalu.

Pada malam klimaks Raka Raki Jawa Timur 2022, Rizal Afandi perwakilan dari Kota Blitar, dan Yoraisa Ghany Setiawan, perwakilan dari Gresik dinobatkan sebagai Juara Utama Raka Raki Jawa Timur 2022.

**)

Dapatkan update informasi pilihan harian dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button