Keseruan menjelajah desa Karanganyar, desa wisata di Magelang, bersama komunitas ojek - WisataHits
Jawa Tengah

Keseruan menjelajah desa Karanganyar, desa wisata di Magelang, bersama komunitas ojek

Wartawan Tribunnews, Chorul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Desa Karanganyar, salah satu desa wisata di Magelang, Jawa Tengah, menjadi tujuan eksplorasi selanjutnya dalam Festival Kreatif Lokal 2022 yang diselenggarakan oleh PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk.

Menjajaki melalui touring di motor ini, mereka menggandeng dua komunitas motor, yaitu Nmax Riders Semarang dan Modern Vespa Semarang.

Penjelajahan dimulai di kota Yogyakarta dan merupakan bagian dari inisiatif untuk memberikan gelar desa wisata ramah pengemudi kepada desa Karanganyar, yang dilakukan secara simbolis dengan meresmikan landmark desa.

Selain wisata ini, Pasar Tradisional Borobudur di Magelang juga mengadakan Festival Pasar Rakyat sebagai bentuk pemberdayaan, pendidikan, seni dan budaya untuk menjadikan pasar sebagai ruang publik.

Baca Juga: Memenuhi Kriteria, Desa Carangsari Dinyatakan Sebagai Desa Wisata Ramah Pengemudi

Local Creative Festival 2022 merupakan program tahunan Adira Finance yang terselenggara atas kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk mendukung UMKM pariwisata, kearifan lokal dan ekonomi kreatif untuk memajukan kemajuan ekonomi Indonesia untuk dimajukan.

Program ini meliputi kegiatan literasi dan dukungan UMKM bertajuk Desa Wisata Kreatif dan Desa Wisata Ramah Berkendara serta Festival Pasar Rakyat.

“Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan pariwisata dan industri kreatif di desa-desa wisata, termasuk Desa Karanganyar, Magelang, dengan menggandeng Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif menyelenggarakan festival kreatif lokal,” kata Direktur Penjualan, Pelayanan dan Industri Niko Kurniawan. penjualan oleh Adira Finance pada peresmian landmark Desa Wisata Ramah Berkendara di desa Karanganyar.

Ketua Pengelola Desa Wisata Karanganyar Khoiril Anwar mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif RI dan Adira Finance yang telah menyelenggarakan serangkaian program Festival Kreatif Lokal pada tahun 2022 dan meresmikan desa mereka sebagai desa wisata ramah pengemudi.

Desa Karanganyar dipahami telah memenuhi kriteria pendukung, yang meliputi infrastruktur seperti jalan beraspal, lampu lalu lintas, SPBU dan bengkel mobil; sumber daya manusia termasuk pelaku industri kreatif, pengelola dan pemandu wisata; dan ekosistem pariwisata yaitu daya tarik wisata, akomodasi atau fasilitas lainnya.

Desa ini juga memiliki beragam destinasi wisata menarik, seperti menikmati pesona fajar di Puthuk Setumbu di Karanganyar Sunrise Tour, berfoto di rumah warna-warni Nepal Van Java, dan memandangi persawahan yang hijau.

Presiden dan Direktur PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk Edhi Tjahja Negara mengatakan, program semacam ini telah membantu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di sektor pariwisata dan industri kreatif.

Dia mengatakan perusahaan asuransinya akan memberikan pelatihan manajemen risiko untuk membantu mengembangkan UKM di Indonesia, khususnya desa wisata.

Source: www.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button