Kerjasama Pariwisata Lintas Negara: MARA Malaysia Gelar Pameran di Batam - WisataHits
Yogyakarta

Kerjasama Pariwisata Lintas Negara: MARA Malaysia Gelar Pameran di Batam

Kerjasama Pariwisata Lintas Negara: MARA Malaysia Gelar Pameran di Batam

TEMPO.CO, Batam – Majelis Kepercayaan Rakyat (MARA) Kuala Lumpur Malaysia akan menggelar pameran di Mega Mall Batam Center Kota Batam pada akhir Januari 2023. Kegiatan ini merupakan hasil pertemuan bilateral antara Pemerintah Kota Batam dan Malaysia pada 10 Januari lalu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengapresiasi MARA atas keterbukaan komunikasi kedua negara. Ia berharap kerja sama yang telah disepakati dalam kepentingan produk kreatif dan pariwisata antara kedua daerah ini terus berlanjut.

“Ini juga menjadi momen untuk mempromosikan industri kreatif dan produk pariwisata Batam. Ayo manfaatkan kesempatan ini,” kata Ardi pada Rabu, 11 Januari 2022.

Beberapa warga Batam mengisi salah satu festival terbesar di Kota Batam yakni Kenduri Seni Melayu. Tempo/Yogi Eka Sahputra

Hasrat Dato’ Zulfikri Bin Osman, Ketua Pengarah (Kewirausahaan) MARA mengatakan, pameran ini merupakan hasil kunjungan pejabat Pemerintah Kota Batam ke MARA Kuala Lumpur. “Pada pertemuan ini dibahas kerja sama dua isu terkait pameran makanan, minuman, kosmetik dan produk kesehatan di Batam,” ujarnya.

Setidaknya, kata Hasratt, MARA akan menghadirkan hingga 50 perusahaan asal Malaysia ke pameran yang digelar 26-29 Januari 2023. Selain menyepakati pameran, pertemuan itu akan membuka ruang bagi pengusaha Malaysia untuk memperluas pasar ke Batam.

“Melalui pameran ini, para pengusaha Malaysia akan melakukan kajian dan memahami keinginan warga Batam melalui produknya,” ujar Hasratt.

Secara geografis Kota Batam berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura, sehingga wisatawan sering bertukar pikiran. Salah satu turis asing (wisman) yang paling banyak datang ke Batam juga berasal dari Malaysia.

Ditemukan 10 besar negara asal wisman yang berkunjung ke Kota Batam pada November 2022 adalah Singapura 50.977 kunjungan, Malaysia 8.970 kunjungan, India 3.058 kunjungan, China 1.556 kunjungan, Filipina 1.356 kunjungan, Australia 641 kunjungan, Inggris 619 kunjungan, Amerika Serikat 630 kunjungan. kunjungan, Jepang 529 kunjungan dan Jerman 276 kunjungan. Singapura, Malaysia, dan India menjadi tiga negara teratas kunjungan wisman ke Kota Batam dengan total 76,65 persen.

Baca juga: 420.000 wisatawan internasional akan mengunjungi Batam dari Januari hingga November 2022

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button