Kendaraan wisata Nataru Holidays dilarang melewati jalur Cinomati, bahaya! : Berita Okezone - WisataHits
Yogyakarta

Kendaraan wisata Nataru Holidays dilarang melewati jalur Cinomati, bahaya! : Berita Okezone

BANTUL – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul melarang wisatawan yang ingin berwisata ke daerah Bantul melintasi jalur Cinomati. Larangan ini dimaksudkan untuk mencegah kecelakaan selama liburan Tahun Baru 2023.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul Sri Harsono mengatakan, pihaknya saat ini telah memasang spanduk larangan di sekitar Tanjakan Cinomati. Harapannya agar diperhatikan oleh wisatawan yang ingin melewati jalur ini.

BACA JUGA: Polisi mengidentifikasi pencuri di rumah Satgas KPK

“Kami pasang rambu larangan, kami pasang spanduk,” ujarnya, Rabu (27/12/2022).

Selain itu, Jalur Cinomati biasanya menjadi jalur yang populer bagi wisatawan untuk mencari jalan pintas menuju Puncak Becici dan tempat wisata Pengger Pinus di Kapanewon Dlingo. Pasalnya, jalur Cinomati merupakan jalur alternatif terdekat sehingga muncul saat driver mencarinya di Google Maps.

BACA JUGA:Rejang Lebong meraih penghargaan karena masuk kategori Merdeka Teaching Platform dan lulus level tertinggi

Langkah ini, kata Sri, diambil untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, jalur Cinomati memiliki tanjakan terjal dan jalan sempit.

Sri lebih memilih wisatawan yang menuju Dlingo atau Gunungkidul daripada Jalan Imogiri-Mangunan yang kondisi jalannya lebih landai.

Selain rambu-rambu, pihaknya juga akan menyiagakan pejabat setempat saat libur Imlek. Pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa insinyur lalu lintas untuk mengatasi kemacetan.

Baca juga: Kids Life Adventure Park memberikan pendidikan literasi digital melalui kesenangan tanpa batas

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

“Kami juga memasang plang agar wisatawan tidak bingung,” katanya.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan saat terjadi kemacetan kendaraan antara lain mengarahkan kendaraan dari pertigaan Pundong (Simpalan Pundong) menuju Jembatan Soka, Desa Seloharjo, Pundong, Bantul, kemudian ke kanan dan lurus menuju TPR Parangtritis. Teknik ini terjadi saat kendaraan menumpuk di jalan Parangtritis.

“Agar tidak terlalu banyak kendaraan yang melintasi jembatan Kretek 1,” ujarnya.

Sedangkan kendaraan arus balik akan diarahkan ke Pantai Depok, kemudian diarahkan ke Jembatan Kretek 2 dan keluar Samas melalui TPR. Apalagi di libur tahun baru ini, Pemkab Bantul akan melaksanakan pembukaan jembatan Kretek 2.

“Untuk jembatan Kretek 2 kita buka sampai 3 Januari,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button