Kenalkan Kembali Aksara Jawa dan Dolanan pada Anak, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah gelar workshop literasi bagi generasi muda di Desa Wisata Lerep - WisataHits
Jawa Tengah

Kenalkan Kembali Aksara Jawa dan Dolanan pada Anak, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah gelar workshop literasi bagi generasi muda di Desa Wisata Lerep

Kenalkan Kembali Aksara Jawa dan Dolanan pada Anak, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah gelar workshop literasi bagi generasi muda di Desa Wisata Lerep

Jawa Tengah, PATINEWS.COM

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pengembangan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi mengadakan workshop literasi bagi generasi muda untuk merevitalisasi tulisan Jawa dan permainan anak-anak di panggung Pasar Kuliner Tradisional, Sebligo Embung, Desa Wisata Lerep, Ungaran Kecamatan, Kabupaten Semarang, pada tanggal 4 September 2022.

Kegiatan tersebut bertepatan dengan pasar kuliner tradisional yang diadakan setiap Minggu Pon. Peserta workshop literasi terdiri dari 20 anak muda yang telah mengikuti kegiatan 2020 “Tuna Lidah Asli” menulis aksara Jawa. Sementara itu, pelatihan Dolanan untuk anak-anak diikuti oleh siswa SD Negeri Lerep 04, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Kepala Desa Lerep, Samiardi, ST menjelaskan, generasi muda saat ini perlu mengenal kembali budaya Jawa. Anda harus terlebih dahulu mengetahui budaya Anda sendiri.

“Jangan sampai kita sebagai orang Jawa tidak bisa berbahasa Jawa, menulis dan membaca aksara Jawa bahkan meninggalkan budaya Jawa,” kata Samiardi saat memberikan sambutan pada pembukaan workshop literasi generasi muda di Desa Lerep, Hongaria. Kabupaten Semarang, berhenti. pada hari Minggu, 4 September 2022.

Sementara itu, Kepala Pusat Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ganjar Harimansyah mengatakan bahwa identitas suatu bangsa diketahui dari bahasanya. Generasi muda diharapkan tidak meninggalkan budayanya.

“Makanya kita tidak boleh tidak belajar bahasa nasional kita. Kehilangan bahasa bisa menghapus identitas dan budaya bangsa,” kata Ganjar.

Kegiatan workshop literasi generasi muda dimeriahkan dengan kemunculan dongeng-dongeng asal mula aksara Jawa. Pradana Ricardo dan Hernina Dinanda, duta bahasa Jawa Tengah 2022, membungkus dongeng mereka dengan boneka kertas. Usai pementasan dongeng, acara dilanjutkan dengan penulisan aksara Jawa pada kerekan yang dipimpin Ashanti Duta Bahasa Jawa Tengah 2021. Peserta menulis aksara Jawa pada tablet yang dibagikan. Ketukan gamelan dari Desa Lerep mengiringi kegiatan menulis. Tampah yang sudah selesai diberikan kepada pedagang di Pasar Kuliner Tradisional untuk dipasang di lapaknya.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan secara simbolis aksara Jawa tulisan tangan peserta oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah kepada Kepala Desa Lerep.

Kegiatan Pelatihan Penulisan Skenario Bahasa Jawa pada tanggal 4 September 2022 akan dilanjutkan dengan Pelatihan dan Pementasan Dolanan Anak pada tanggal 17-18 September 2022.

Source: www.patinews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button