Kenali Stadion GBLA Bandung, kandang tim nasional melawan Curacao pada hari pertandingan FIFA - WisataHits
Jawa Barat

Kenali Stadion GBLA Bandung, kandang tim nasional melawan Curacao pada hari pertandingan FIFA

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Stadion Gelora Bandung Lautan Api atau Stadion GBLA Bandung akan menjadi laga kandang Timnas Indonesia melawan Curacao pada Matchday FIFA. Laga tersebut akan berlangsung pada 24 September 2022.

Pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Curacao di Stadion GBLA akan menjadi yang pertama. Pertandingan kedua akan berlangsung pada 27 September 2022.

Namun, mungkin belum banyak yang tahu seperti apa Stadion GBLA di kawasan Gedebage, Bandung. Ya, stadion GBLA memang didesain dengan standar internasional. Salah satu kelebihan rumput yang digunakan di Stadion GLBA adalah jenis Zoysia Matrella (Linn) Merr, yang omong-omong adalah rumput premium menurut standar FIFA.

Nah, karena didesain sesuai standar internasional, fasilitasnya juga menyesuaikan. Misalnya, kursi yang dipasang dengan merek Ferco dianggap tahan api. Jumlah kursi untuk penonton adalah 40.000. Ketika tidak ada tempat duduk, Stadion GBLA dapat menampung 72.000 orang. Kemudian stadion ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti scoreboard, full roof grandstands, atletik area, e-board dan lain-lain.

Nasional-Senior-Indonesia.jpgTimnas Indonesia bersiap menghadapi tim Curacao nanti di Stadion GBLA. (Foto: PSSI.org)

Di Stadion GBLA, gedung ini memiliki 4 lantai dengan luas 72.000 meter persegi. Nah, jika dijumlahkan dengan berbagai fasilitas pendukung, luasnya mencapai 40 hektar. Selain itu, terdapat ruang VVIP untuk area pandang kelas Kepala Negara Kepresidenan, dilengkapi kaca anti peluru dan helipad.

Stadion GBLA diresmikan pada 10 Mei 2013 oleh Walikota Bandung saat itu, Dada Rosada. Peresmian stadion ini juga dihadiri pejabat saat itu, antara lain Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Dede Yusuf, serta Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda. Pada saat peresmian, tamu yang hadir mencapai 5.000 orang.

Informasi Tambahan: Stadion GBLA juga terletak di cekungan Danau Bandung kuno. Kemudian dibangun hingga 5 meter di atas tanah, karena tanah di sana sedikit surut. Pasalnya, pada tanah lunak atau ground, ketinggiannya berkurang 1,7 meter hingga tingginya 3,3 meter. Oleh karena itu, tantangan utama pada tahap pelaksanaan proyek adalah proses penimbunan. Lahan untuk pembangunan stadion seluas 24,5 hektare sedangkan dengan fasilitas penunjang lainnya mencapai 40 hektare.

Stadion GBLA terletak tepatnya di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Posisinya berada di antara Jalan Tol Purbalenyi km 149 dan Jalan Bypass Soekarno-Hatta di Bandung.

Stadium-GBLA-Bandung.jpgStadion GBLA bertaraf internasional dengan fasilitas pendukung yang memadai. (Foto: Humas Kota Bandung)

Nah, GBLA seharusnya tidak hanya menjadi stadion di mana tim nasional Indonesia akan bermain melawan Curacao di hari pertandingan FIFA nanti, tetapi juga menjadi tempat pertandingan Persib-Persija. Ini adalah matchday 11 dari 1. Liga 2022-2223 yang akan dimainkan pada 2 Oktober 2022.

Sayangnya, Stadion GBLA tidak dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Stadion yang digunakan untuk Piala Dunia U-20 adalah Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya (GBT), Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Gelora Stadion Gelora Bung Karno, Jakabaring Palembang, Stadion Jalak Harupat Bandung, Stadion Solo Manahan dan Stadion I Wayan Dipta Bali.

Nah, bagi yang punya waktu, yuk saksikan pertandingan Timnas Indonesia melawan Curacao di Stadion GBLA Bandung. Catat tanggalnya, 24 September 2022, untuk nanti!

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button