Kemuning KBA semakin bersinar dan sukses meraih bintang - WisataHits
Yogyakarta

Kemuning KBA semakin bersinar dan sukses meraih bintang

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL – Kegigihan warga Dusun Kemuning, Bunder Kalurahan dan Patuk Gunungkidul dalam membangun pariwisata mandiri di desanya membuahkan hasil. Berkat kerja keras seluruh warga, dusun di tengah pangkalan Bunder ini terpilih sebagai salah satu Kampung Astra Berseri (KBA) dan dalam waktu tiga tahun masuk kategori bintang tiga.

Untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah karena membutuhkan kerja keras, konsistensi dan kerjasama dari seluruh warga. Namun, Padukuhan Kemuning ini masih memiliki peluang besar untuk menjadi bintang selanjutnya.

Baca juga: Berkembang dan Membuahkan Hasil Berkat 4 Pilar Astra KBA Kemuning

Dukuh Kemuning akan semakin dikenal masyarakat karena pengelola terus berupaya mengembangkan kawasan wisata potensial ini. Saat ini, wisata keluarga menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati.

Koordinator Penggerak Pemuda Desa Berseri Astra (KBA) Wisata Telaga Kemuning Galuh Rakasiwi mengatakan, inovasi dan pengembangan Desa Wisata Telaga Kemuning akan terus berlanjut. Pasca pandemi, anak muda dan Komunitas Wanita Tani (KWT) Kemuning seolah tancap gas, siap menerima kunjungan wisatawan.

“Sebagai Kampung Astra Berseri (KBA), kami menggabungkan empat pilar Astra, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Kewirausahaan, dalam membangun desa wisata ini. Kami telah mengubah pola pikir masyarakat untuk memperbaiki diri dan berubah menjadi lebih baik,” ujar pemuda yang akrab disapa Po ini.

Program KBA Kemuning kini tumbuh menjadi desa jaya yang tangguh. Tidak hanya untuk kesiapsiagaan bencana, tetapi juga untuk memperkuat masyarakat.

Beberapa program telah dilaksanakan. Antara lain, Po mengatakan Jumat Bersih dengan bersama-sama membersihkan dusun. Kemudian Sabtu Hijau yaitu menanam pohon, juga buah dan sayuran di pekarangan warga. Terakhir, pekan sehat dengan senam bersama warga.

Peningkatan kesadaran warga Kemuning terjadi berkat kerja sama dengan Astra. Suhardi bercerita, saat itu Astra memiliki program penghijauan 10.000 pohon jati di Hutan Wanagama.

Kesempatan itu ia manfaatkan untuk mengundang Astra ke Kemuning. Sampai ke penilaian kebutuhan dan apa yang bisa dikolaborasikan. Kemuning menjadi salah satu pelopor KBA pada tahun 2016.

Saat pertama kali membantu warga, Astra mengusung empat pilar, yakni Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Kewirausahaan. “Tahun 2020, Kemuning menjadi juara Desa Inovasi KBA,” imbuhnya. (cantik)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button