Kemnaker Tengok Destinasi Wisata Dieng Utara: Ada potensi TKM yang belum digarap - WisataHits
Jawa Tengah

Kemnaker Tengok Destinasi Wisata Dieng Utara: Ada potensi TKM yang belum digarap

BATANG, AYOSEMARANG.COM – Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) sedang mengkaji destinasi wisata di kawasan Dieng Utara yang merupakan bagian dari wilayah geografis Kabupaten Batang dan Banjarnegara.

Tempat-tempat wisata di kawasan Dieng Utara di dua wilayah tersebut sudah banyak dikunjungi. Tidak hanya wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, tetapi juga wisatawan mancanegara (Wisatawan Asing).

Potensi tersebut ada di lima desa untuk dikembangkan guna mendukung kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng. Terutama dalam pengembangan wiraswasta berbasis daerah (TKM) di bidang kerajinan kuliner dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Narapidana Lapas Batang Unjuk Kemampuan Bermusik di Wisata Pantai Safari Jawa Tengah

Untuk mensosialisasikan hal tersebut, Kemenaker menggelar pertemuan dengan berbagai dinas terkait dari kedua kabupaten dan warga setempat pada Minggu, 11 Desember 2022 di Hotel Sendang Sari.

“Kawasan Dieng yang termasuk wilayah Banjarnegara dan Batang merupakan pilot project. Selama ini Dieng dikenal luas sebagai daerah Wonosobo, meskipun Kabupaten Batang dan Banjarnegara juga punya Dieng,” kata Staf Khusus Kementerian Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawongso dalam diskusi ruang lingkup program perluasan lapangan kerja.

Kehadiran perluasan staf berbasis wilayah digagas untuk memperkuat bisnis lokal. Sehingga bisa menampung lebih banyak pekerja. Meski bukan di area komersial.

Baca Juga: Satpol PP Batang Inspeksi Tambang Liar Kelas C, Pekerja Lari Sambil Menjerit

“Mengatasi pengangguran tidak hanya akan membangun industri, tetapi juga sektor UMKM karena juga dapat menyerap banyak tenaga kerja. Makanya kita kembangkan program perluasan lapangan pekerjaan berbasis wilayah,” ujarnya.

Menurutnya, pengusaha perlu didampingi. Jangan hanya menawarkan dukungan finansial tanpa tindak lanjut. Dengan begitu, dia optimistis potensi lokal bisa dimanfaatkan secara maksimal. Menciptakan ekosistem bisnis komunitas. Mengingat kawasan Dieng merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah.

“Kawasan Dieng yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang dan Kabupaten Batur di Banjarnegara memiliki potensi kawasan agroforestri dan wisata. Di Kecamatan Bawang terdapat Desa Deles dan Panten. Sekarang ada desa Dieng Kulon, Kepakisan dan Pekasiran di kabupaten Batur,” ujarnya.

Baca juga: YA! Guru ngaji di Batang Cabuli Muridnya sendiri umur 5 tahun, begini modusnya

Sementara itu, Yarsono, Kepala Disparpora Kabupaten Batang, sangat mendukung hadirnya program ini. Setelah hadirnya Tol Khayangan yang menghubungkan Jalur Pantura hingga Dieng. Desa Panten dan Deles selama ini menjadi salah satu pilar wisata Dataran Tinggi Dieng.

“Daerah kita sendiri memiliki potensi besar di sektor pertanian seperti kentang, kol, wortel dan Tol Khayangan,” terangnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button