Kementerian PUPR menargetkan Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 selesai pada akhir 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Kementerian PUPR menargetkan Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 selesai pada akhir 2022

ILUSTRASI. Kementerian PUPR menargetkan bisa menyelesaikan Seksi 2 Tol Ciawi-Sukabumi pada Desember 2022. FOTO MENENGAH/Raisan Al Farisi/foc.

Reporter: Vendy Yulia Susanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menyelesaikan Seksi 2 Jalan Tol Ciawi – Sukabumi pada Desember 2022.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, Tol Seksi 1 Ciawi-Sukabumi telah mengoperasikan ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sejak Desember 2018.

“Hingga saat ini pembangunannya masih berlangsung, pembangunan Seksi 2 seksi Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km dengan tingkat kemajuan konstruksi 81,24 persen, dan pembangunannya dijadwalkan selesai pada Desember 2022,” kata Danang. dikutip situs BPJT, Minggu (4/9).

Setelah Seksi 2 selesai dibangun dan beroperasi, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,70 km) dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 km) akan dilanjutkan.

Baca Juga: Waskita Karya (WSKT) Targetkan Nilai Kontrak Baru Hingga Rp 30 Triliun Tahun Ini

Tol Ciawi-Sukabumi juga diharapkan dapat mengurangi waktu tempuh menuju kawasan Sukabumi, seperti akses jalan menuju Pelabuhan Ratu yang memakan waktu sekitar satu jam.

Kemudian jika ditempuh dari wilayah Jakarta menuju Pelabuhan Ratu hanya membutuhkan waktu 2,5 jam saja, sehingga akan lebih cepat untuk menunjang kelancaran mobilitas masyarakat yang berkendara menuju tempat wisata dan kendaraan logistik yang digunakan di Jawa bagian barat terdistribusi.

Selain itu, jalan tol ini juga mempersingkat waktu tempuh dari Sukabumi, baik kabupaten maupun kota, menuju Ciawi yang bisa menghemat satu hingga dua jam, dan saat ini hanya membutuhkan waktu sekitar seperempat hingga setengah jam.

Kehadiran Tol Bocimi juga mendukung koneksi ke berbagai destinasi wisata ternama di Jawa Barat, seperti pantai Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, hingga Gunung Gede dan masih banyak wisata lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: Pertengahan Agustus Realisasi Anggaran Kementerian PUPR Capai 41,6%

Jalan Tol Ciawi – Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol dengan nilai investasi Rp 11,71 triliun. Nantinya tol ini memiliki 6 pertigaan (SS) yang terdiri dari SS Ciawi, SS Caringin, SS Cigombong, SS Cibadak, SS Sukabumi Barat dan SS Sukabumi Timur.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

DONASI, dapatkan voucher!

Dukungan Anda akan meningkatkan semangat kami untuk memberikan artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ucapan terima kasih atas perhatiannya, ada voucher gratis senilai donasi yang bisa digunakan untuk berbelanja di toko KONTAN.

Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Penerbit: Herlina Kartika Dewi

Source: nasional.kontan.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button