Kementerian Perhubungan berjanji akan memperbaiki jembatan yang ambruk di Dermaga Banjar Nyuh - WisataHits
Jawa Barat

Kementerian Perhubungan berjanji akan memperbaiki jembatan yang ambruk di Dermaga Banjar Nyuh

KLUNGKUNG, BALI EXPRESS – Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan telah menyiapkan serangkaian langkah ke depan menyusul ambruknya jembatan yang menghubungkan dermaga dengan ponton di Pelabuhan Banjar Nyuh, Desa Ped, Nusa Penida. Kamis (15.12.) siang.

Selain penguatan jembatan, jumlah keberangkatan dan penurunan penumpang yang melintasi jembatan juga akan dibatasi.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor UPP Kelas II Nusa Penida, I Ketut Gede Sudarma, Jumat (16/12). Dia juga mengatakan bahwa pagar di tengah dermaga dan tambahan chock, serta fast boat saat turun dan naik, juga diperlukan untuk keselamatan penumpang.

UPP Kelas II Nusa Penida juga akan meningkatkan pengawasan terkait kedisiplinan penggunaan boarding pass oleh operator kapal speedboat. Selain itu, pihaknya juga akan mengatur arus keluar masuk kendaraan yang dikoordinasikan oleh Koperasi dan Pacalang agar wisatawan nantinya dapat lebih nyaman berwisata.

Runtuhnya jembatan ini disebabkan oleh banyaknya penumpang yang menggunakan jembatan sekaligus untuk menuju speedboat, melebihi batas kekuatannya. Beruntung jembatan yang putus tersebut tidak memakan korban jiwa, meski puluhan orang terlempar ke laut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali Samsi Gunarta menegaskan pengerjaan pelabuhan Toya Pakeh merupakan tugas tersendiri dan tidak ada kaitannya dengan Segitiga Emas Pelabuhan Sanur (Denpasar) – Bias Munjul (Nusa Lembongan) – Sampalan sudah lakukan (Nusa Penida). “Pelabuhan ini telah beroperasi sejak tahun 1990 dan merupakan aset Kementerian Perhubungan RI yang dikelola oleh Unit Pengelola Pelabuhan,” jelasnya.

Dikatakannya, pelayanan kepelabuhanan untuk sementara dilakukan melalui pelabuhan Banjar Nyuh sebelah barat pelabuhan Toya Pakeh yang selama ini dikelola desa,” tutup Samsi.

Reporter: Putu Agus Adelgrantika

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button