Kementerian Agama RI menggelar festival di Prambanan untuk mensosialisasikan nilai moderasi beragama - WisataHits
Yogyakarta

Kementerian Agama RI menggelar festival di Prambanan untuk mensosialisasikan nilai moderasi beragama

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Direktorat Jenderal Pembinaan Umat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menyelenggarakan Festival Penguatan Fasilitasi Keagamaan Berbasis Seni Keagamaan bertajuk Harmoni Dalam Keberagaman Tahun 2022.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI I Nengah Duija mengatakan, festival tersebut akan digelar di Garuda Mandala Plataran, Kompleks Candi Prambanan mulai 1-5 Desember 2022.

“Festival tersebut merupakan bentuk komitmen umat Hindu Indonesia untuk mengangkat kehidupan beragama yang moderat melalui seni budaya nusantara,” ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (12/2/2022).

Baca Juga: Satpol PP Sebut Puluhan Pengusaha Karaoke Usai Aksi Kejar Pengemudi Taksi Online di Purworejo

Karena seni adalah bagian dari peradaban dan masyarakat memiliki kewajiban secara tidak langsung untuk mentransformasikannya ke dalam berbagai media.

“Memang generasi muda kita sekarang lebih condong ke dunia gadget, sehingga sentuhan seninya agak berkurang, makanya kita coba untuk mengungkapkan kembali ingatan mereka. Kami ingin melihat sejauh mana reaksi generasi muda terhadap seni,” ujarnya.

Meski demikian, Dirjen Bimas Hindu berpendapat bahwa seni dan budaya merupakan pendekatan yang paling efektif untuk mempromosikan nilai-nilai moderasi beragama.

“Melalui seni budaya, perbedaan keyakinan, agama dan golongan dapat hidup berdampingan secara harmonis dengan harmoni dan ritme, tanpa saling menekan atau menenggelamkan,” tambah Duija.

Selain itu, Festival Penguatan Fasilitasi Keagamaan Berbasis Seni Keagamaan menghadirkan 521 peserta dari 34 provinsi pada tahun 2022 dan memiliki empat kegiatan utama.

Acara tersebut menampilkan 61 pertunjukan tari, musik tradisional, lagu religi dan seni kreatif dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Reservasi Hotel di DI Yogyakarta Mulai Meningkat Jelang Pernikahan Kaesang dan Erina

Tak hanya itu, ia juga menjadi tuan rumah pameran produk UMKM sebagai upaya Direktorat Jenderal Musyawarah Umat Hindu Kemenag RI untuk membangkitkan gerakan UMKM Hindu.

“Produk yang dipamerkan berupa makanan dan minuman, souvenir dan paket wisata budaya,” tutup Duija. (Tidak)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button