Kemenparekraf menyelenggarakan Tourism Awareness Promotion 5.0 untuk membangkitkan semangat para pelaku industri - WisataHits
Jawa Tengah

Kemenparekraf menyelenggarakan Tourism Awareness Promotion 5.0 untuk membangkitkan semangat para pelaku industri

Reporter Tribunnews.com Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif menggelar Sosialisasi Sadar Wisata 5.0 untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pariwisata.

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Martini Mohamad Paham mengatakan Sosialisasi Sadar Wisata 5.0 bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat pemangku kepentingan industri (pariwisata).

Dikatakan Martini, tujuannya adalah untuk menyadarkan semua pihak bahwa untuk move on dari Covid perlu dilakukan beberapa hal terkait pelaksanaan CHSE.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Sebut Wisata Religi Jateng Potensi Besar dan Jadi Daya Tarik Wisata

“Kualitas ini tidak hanya dihasilkan oleh peningkatan departemen (SDM) kami, tetapi juga dengan memberikan pengalaman dan pengayaan yang lebih baik bagi wisatawan,” jelas Diah, sapaan akrabnya, pada sosialisasi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dikutip lanjut Selasa (6/12/2022).

Diah menegaskan, pariwisata adalah industri perhotelan atau jasa.

Menghadirkan pengalaman terbaik melalui pelayanan prima dengan pendekatan CHSE, kata Diah, juga menjawab tantangan tren pariwisata saat ini yang lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas wisatawan.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, program pengembangan pariwisata terpadu dan berkelanjutan menjadi inti dari Kemenparekraf.

“Pemerintah berperan dalam mendukung peningkatan dan penyiapan sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan kerajinan yang handal dan profesional, antara lain melalui pelatihan bagi pemangku kepentingan pariwisata dari desa wisata,” kata Sandiaga.

Baca juga: Kebersihan toilet di tempat wisata jadi perhatian, Sandiaga Uno: Standar harus seperti Bali saat G20

Sosialisasi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang berlangsung pada 4-5 Desember 2022 itu berlangsung di 8 desa wisata di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Program ini akan dilaksanakan di 155 desa wisata di 6 destinasi wisata prioritas awal tahun 2022 hingga 2023: Danau Tobase, Borobudur Yogyakarta Prambanan, Bromo Tengger Semeru, Lombok, Wakatobi, dan Labuan Bajo.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button