Kemenparekraf menegaskan desa wisata bisa berkembang tergantung itu - WisataHits
Jawa Timur

Kemenparekraf menegaskan desa wisata bisa berkembang tergantung itu

Senin, 21 November 2022 – 23:57 WIB

Toko VIVA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menekankan pentingnya kerjasama antar desa liburan. Bersama dunia usaha dan pemerintah hingga perangkat desa dan warga dalam pengembangan desa wisata.

Hal tersebut disampaikan dalam Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Desa Wisata. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di dua Daerah Tujuan Wisata (DPP) Prioritas mulai tanggal 20 hingga 25 November 2022.

Pelatihan bagi pemangku kepentingan desa wisata di sekitar kawasan DPP Danau Toba, berlangsung di Kabupaten Karo dengan melibatkan peserta dari Kabupaten Samosir dan Simalungun. Sedangkan DPP wilayah Bromo-Tengger-Semeru dilaksanakan di Pasuruan dengan peserta dari Kabupaten Pasuruan, Malang, Probolinggo dan Lumajang.

Pelatihan Sadar Wisata 5.0 untuk pemangku kepentingan pariwisata mencakup 3 paket materi. Yakni, Paket A dan B yang digelar sebelumnya, serta Paket C tentang kewirausahaan di desa wisata.

Desa wisata di desa Patimburak dan Ugar, kecamatan Kokas, Fakfak.

Desa wisata di desa Patimburak dan Ugar, kecamatan Kokas, Fakfak.

Membuka langsung kursus pelatihan kewirausahaan di Kabupaten Karo, Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata Florida Pardosi juga menekankan pentingnya kolaborasi, kerjasama dan komunikasi, termasuk penguatan jaringan antar desa wisata untuk kemajuan bersama.

“Kepemimpinan kepala desa berdampak besar bagi pembangunan berkelanjutan desa,” kata Florida dalam keterangannya Senin, 21 November 2022.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button