Kemenparekraf luncurkan Tasranselparekraf.id, website kajian strategis pariwisata dan ekonomi kreatif - WisataHits
wisatahits

Kemenparekraf luncurkan Tasranselparekraf.id, website kajian strategis pariwisata dan ekonomi kreatif

Kemenparekraf meluncurkan tasranselparekraf.id (pencarian dan analisis laporan, rencana strategis dan peraturan).

Tasranselparekraf.id merupakan aplikasi berbasis website yang menyediakan akses publik terhadap dokumen-dokumen yang dihasilkan oleh Asisten Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf.

TasranselparekrafSc: tasranselparekraf.id

“Ini adalah situs informasi tentang hasil penelitian kami.

Sejauh ini, 75 hasil kajian telah diterbitkan oleh Deputi 1 (Deputi Kebijakan Strategis).

Oleh karena itu dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan ABCGM (akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media). Ini adalah bentuk adaptasi kami untuk lebih digital,”

kata Asisten Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya saat peluncuran tasranselparekraf.id di sela-sela kegiatan “Weekly Press Briefing”, Senin (1/8/2022) di gedung Sapta Pesona, kantor Kemenparekraf/Baparekraf, Jakarta.

Website ini harus digunakan oleh semua pemangku kepentingan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga rencana aksi dan program pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif dapat disusun secara tepat waktu, tepat sasaran dan bermanfaat.

Dokumen yang dihasilkan dari kajian meliputi laporan studi, dokumen kebijakan dan policy brief, rencana strategis, buku, infografis dan peraturan yang berkaitan dengan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Microsite ini bersifat real-time dan akan diperbarui sesuai dengan dokumen kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pariwisata dibagi menjadi beberapa cluster dalam empat pilar. Yakni pemasaran, destinasi, sumber daya dan infrastruktur. Sedangkan untuk ekonomi kreatif dibagi menurut 17 subsektor yang ada.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berharap tasranselparekraf.id ini dapat memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan untuk publikasi dokumen kebijakan strategis, sebagai acuan pengembangan kebijakan parekraf yang efektif.

“Selama ini belum semua dokumen kebijakan strategis terbuka untuk umum, dan kali ini bisa.

Ini adalah aplikasi berbasis situs web dan kami ingin transparansi di masa depan. Jika kita mendekati transparansi seperti ini, kita dapat menyampaikan semua studi strategis secara tepat waktu, tepat waktu, dan dengan manfaat yang tepat,”

kata Menparekraf Sandiaga.

“Ini akan memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan, termasuk media, jika mereka membutuhkan referensi untuk mengembangkan kebijakan parekraf yang efektif,”

kata Sandiaga.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button