KemenKopUKM mengajak anggota GKN untuk berpartisipasi dalam e-catalogue untuk meningkatkan daya saing UMKM - WisataHits
Jawa Barat

KemenKopUKM mengajak anggota GKN untuk berpartisipasi dalam e-catalogue untuk meningkatkan daya saing UMKM

Bogordaily.net– Arif Rahman Hakim, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (SesmenKopUKM), mengajak seluruh anggota Gerakan Kewirausahaan Nasional Indonesia (GKN) untuk mendaftarkan produknya dalam katalog (e-catalogue) baik di tingkat pemerintah pusat maupun daerah.

“KemenkopUKM menargetkan menambah 1 juta produk UMKM ke dalam e-catalog, sehingga memudahkan pembelian bagi pemerintah,” kata Sesmen KopUKM Arif Rahman Hakim saat membuka Rakernas GKN Indonesia 2022 di Bandung, Sabtu, 27 April. 2022.

Misalnya, lanjut Arif, warung kuliner tempat pemerintah daerah nantinya bisa membeli makanan dan minuman dari anggota Gerakan Kewirausahaan Nasional yang sudah mendaftar di katalog lokal.

“Produk lain juga memiliki peluang yang sama, sehingga dapat meningkatkan pendapatan usahanya,” tambah Arif.

Padahal, kata Arif, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar 40 persen dari APBN, APBD, dan BUMN untuk belanja produk dalam negeri dan UMKM.

“Peluang ini harus ditangkap oleh GKN,” kata SesKemenkopUKM.

Untuk meningkatkan kapasitas usaha, Arif mengajak anggota GKN memanfaatkan berbagai pembiayaan murah pemerintah. Selain itu, pemerintah telah mencanangkan alokasi dana perbankan sebesar 30 persen kepada pelaku UMKM untuk tahun 2024.

Sesmen KopUKM Arif Rahman Hakim pada pembukaan Rakernas GKN Indonesia 2022 di Bandung, Sabtu 27 Agustus 2022. (Humas KemenKopUKM/Bogordaily.net)

Arif juga mengapresiasi langkah GKN Indonesia untuk menggalakkan kewirausahaan, khususnya di kalangan generasi muda.

“Hal ini sejalan dengan program KemenkopUKM untuk meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia. Selain itu, lahirlah wirausahawan muda dan produktif. Yang nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas SesKemenKopUKM.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bandung Muhammad Dadang Supriatna menegaskan bahwa tumbuhnya wirausaha di suatu daerah dapat meningkatkan perekonomian daerah tersebut.

“Oleh karena itu, saya selalu mendukung program-program GKN yang tentunya berdampak pada pengurangan angka pengangguran,” kata Dadang.

Sesmen KopUKM Arif Rahman Hakim pada Rakernas GKN Indonesia 2022 di Bandung, Sabtu 27 Agustus 2022. (Humas KemenKopUKM/Bogordaily.net)

Dadang juga mengajak GKN Indonesia untuk berkolaborasi dalam mewujudkan peningkatan kewirausahaan di Kabupaten Bandung.

“Kami memiliki banyak destinasi wisata serta 15.000 produk berkualitas tinggi dari IKM dan UKM di wilayah Kabupaten Bandung,” kata Dadang.

Sementara itu, Presiden Jenderal Pergerakan Kewirausahaan Nasional Indonesia, Awang Dodi Kardeli mengatakan, dirinya dan seluruh pengurus GKN akan terus menyulut kewirausahaan di Indonesia.

“Saya berharap pencanangan kewirausahaan di Bandung ini dapat menyebar secara nasional ke seluruh dunia,” kata Awang.***

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button