Kemenhub Berharap Jalur Trans Jogja Baru Kurangi Kemacetan di Titik Tertentu - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Kemenhub Berharap Jalur Trans Jogja Baru Kurangi Kemacetan di Titik Tertentu – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Direktur Perhubungan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Suharto mengatakan, adanya jalur baru Trans Jogja dari Terminal Palbapang Kabupaten Bantul menuju Terminal Ngabean Kota Yogyakarta diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan jalan raya. noda akibat kepadatan kendaraan pribadi.

Suharto, usai meresmikan trayek baru Trans Jogja, Balpabang-Ngabean, di Terminal Palbapang, Bantul, Kamis, mengatakan keberadaan trayek angkutan umum perkotaan baru ini akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan pribadi ke angkutan umum untuk mengurangi.

Harapannya, pertumbuhan kendaraan saat ini tidak sebanding dengan pertumbuhan infrastruktur jalan yang tentunya akan menimbulkan masalah kemacetan di tempat-tempat tertentu, ujarnya.

Baca Juga: Rute Trans Jogja Ngabean-Palbabang Diluncurkan

Menurutnya, adanya jalur angkutan kota baru bersubsidi di DIY akan menarik perhatian masyarakat karena pertimbangan penyesuaian harga bahan bakar minyak, yang tentunya akan berdampak pada masyarakat.

“Kelahiran angkutan umum ini juga setidaknya meringankan masyarakat karena tarifnya sangat murah dan bisa terintegrasi dengan trayek lain,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih berharap Pemkot bisa beralih dari angkutan pribadi ke angkutan umum, karena diketahui saat ini jumlah kendaraan terus bertambah, namun tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan. .

“Selain itu, dengan bertambahnya jumlah angkutan pribadi, konsumsi bahan bakar juga meningkat,” katanya.

Ia mengatakan, dan yang tidak kalah penting, kehadiran Trans Jogja yang menjangkau Kabupaten Bantul akan membantu memenuhi kebutuhan transportasi pelajar di daerah tersebut.

Selain itu, Bupati mengatakan, kehadiran Trans Jogja juga diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan sektor pariwisata dan industri kreatif di Kabupaten Bantul.

“Karena akan membantu mendekatkan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Bantul, juga yang ada di jalur transportasi ini, seperti sentra gerabah Kasongan,” ujarnya.

Baca juga: Tiga Kecamatan di Sleman Akan Segera Terhubung Angkutan Umum Seperti Trans Jogja

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button