Kembangkan desa wisata dengan Festival Budaya Nusantara - WisataHits
Jawa Tengah

Kembangkan desa wisata dengan Festival Budaya Nusantara

Dompet Dhuafa Tandatangani Nota Kesepahaman Pengembangan Desa Wisata dengan OK OCE dan Gelar Archipelago Culture Festival. Fahri | ahli

KEMANG – Untuk memeriahkan dan mengisi perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Dompet Dhuafa bersama Desa Jampang Silat dan Sanggar Suluk Nusantara menyelenggarakan “Festival Budaya Nusantara” di kawasan Masjid Al Madinah di Zona Madina .

Acara dibuka oleh Karawitan Sanggar Budaya Suluk Nusantara dan goro-goro Punokawan, dilanjutkan dengan atraksi silat dari Kampung Silat Jampang dan Pementasan Puisi Dompet Dhuafa.

Hadir dalam acara tersebut Pemrakarsa Dompet Dhuafa dan Ketua Dewan Pembina dan Pembina Suluk Nusantara, Parni Hadi, Founder dan Ketua Oke Oce Indonesia, Prof Indra Cahya Uno, Ketua Yayasan Republik Dompet Dhuafa, Rahmad Riyadi, Kabag Kebudayaan – dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor, Deni Humaedi, Camat Kemang Rameni, Kepala Desa Jampang, Wawan Hermawan, dan tamu undangan lainnya.

Festival Budaya Nusantara ini menjadi simbol kemajemukan Indonesia. Perpaduan budaya Jawa, Sunda dan Betawi yang dihadirkan merepresentasikan Dompet Dhuafa sebagai sebuah institusi yang Rahmatan lil Alamin. Selain itu, acara tersebut juga menghubungkan semangat budaya berbagai elemen masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

Dalam pidato televideonya, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, menyampaikan selamat dan sukses atas Festival Budaya Nusantara Dompet Dhuafa dan penandatanganan MoU antara Dompet Dhuafa dan OK OCE tentang Desa Pengembangan Pariwisata dan UKM.

“Dalam hal ini, budaya adalah kuncinya. Agar keanekaragaman budaya bangsa tidak hilang akibat arus globalisasi dan modernisasi yang semakin meningkat. Selain itu, wisata budaya diharapkan dapat membawa manfaat ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat. Mari bersama-sama menjaga dan mengelola budaya. Budaya nusantara lestari, ekonomi bangkit,” kata Sandiaga Salahuddin Uno, Sabtu (27/8/2022).

Senada dengan Sandiaga Uno, Parni Hadi selaku penggagas dan ketua wali Yayasan Dompet Dhuafa Republika juga antusias dengan upaya peduli budaya bangsa. Di sela-sela penampilan para pengisi acara di Festival Budaya Nusantara, Parni Hadi membuat semua yang hadir kegirangan.

“Inilah Indonesia yang saya inginkan. Saya senang dan bersyukur atas kegiatan hari ini. Mari menjadi modern dan canggih. Merdeka!” ujarnya di hadapan ratusan pekerja budaya dan tamu undangan. FR

Source: pakuanraya.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button