Kembang Joyo, wisata edukasi lebah dan memanen madu terbaik di Malang Raya - WisataHits
Jawa Timur

Kembang Joyo, wisata edukasi lebah dan memanen madu terbaik di Malang Raya

JATIMTIMES – Madu Kembang Joyo memperkenalkan program baru tentang dunia perlebahan kepada lembaga pendidikan secara luas. Dalam program ini, pengunjung akan belajar segala hal tentang madu, mulai dari lebah madu hingga pengolahan dan pascapanen.

Pemilik Kembang Joyo Group, Dr. Dewi Masyithoh SP MPt menyampaikan bahwa dalam acara ini pengunjung mendapatkan pengenalan tentang lebah madu, mulai dari kasta lebah madu, fungsi kasta lebah madu masing-masing, penggembalaan lebah madu, fakta unik tentang lebah madu banyak yang belum mengetahuinya.

Selain itu tentunya pengenalan produk-produk yang dihasilkan oleh lebah madu antara lain madu murni, bee pollen, propolis, royal jelly. Pengunjung juga diajak untuk melihat langsung simulasi panen madu. Selain menimba ilmu, pengunjung juga bisa berfoto bersama lebah gratis.

“Sebenarnya sebelum pandemi, kami sudah mendapat pelatihan pariwisata. Biasanya kami menerima mahasiswa di sana, kami sudah bekerja sama dengan beberapa kampus,” kata Dewi Masyithoh kepada JatimTIMES, Senin (28/11/2022).

Kampus-kampus besar yang telah menjalin kerjasama antara lain Universitas Brawijaya (UB), Unisma, Unitri, Unikama, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Trunojoyo, dan lain-lain.

Namun di masa pandemi, semua aktivitas dilakukan secara daring. Dengan itu, pendidikan pariwisata juga berakhir. Baru setelah masuk kembali ke era offline ada permintaan edukasi dari Kembang Joyo Group di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

“Karena itu dimulai, kami ingin menyebarkannya secara luas. Agar masyarakat tahu tentang program kami,” tambah Dewi.

Saat ditanya apa yang menarik dari Kembang Joyo Group, Dewi menjelaskan bahwa perusahaan madu ini mulai dari hulu hingga hilir dan dijalankan sendiri. Mulai dari budidaya, panen, pasca panen hingga pemasaran dari kebun kita sendiri.

“Kami bekerja dengan peternak, tetapi kami juga memiliki peternak sendiri. Dan kami juga satu-satunya perusahaan madu yang memiliki jenis nektar bunga yang berbeda-beda,” kata Dewi.

Kembang Joyo Group Education (Foto: Kembang Joyo Group JatimTIMES)

Dewi pun berani mengatakan bahwa Kembang Joyo Group menjamin keaslian dan kemurnian madu yang dimilikinya. Mereka bahkan punya slogan yang dijamin bikin orang ragu.

“Kami jamin keasliannya. Slogan kami adalah jaminan satu juta per botol jika itu palsu, tetapi dengan uji laboratorium,” jelas Dewi.

Program yang memperkenalkan dunia perlebahan kepada masyarakat ini telah dibuka sejak Oktober 2022. Bahkan, ratusan pengunjung telah mengantri untuk belajar tentang dunia lebah dan madu.

“Program ini dimulai akhir Oktober tahun lalu, sudah ada permintaan. Sudah ratusan orang masuk ke Madu Kembang Joyo sejak Oktober lalu,” kata Dewi yang juga menargetkan 100.000 pengunjung selama setahun.

Pengunjung tidak hanya dapat berfoto bersama lebah secara gratis, tetapi mereka juga dapat mengikuti “kelas memasak” atau kegiatan yang melibatkan pembotolan madu dan madu sisir sebagai oleh-oleh. Pengunjung juga bisa mencicipi berbagai jenis madu yang terbuat dari berbagai jenis nektar.

Masih penasaran dengan produk madu Kembang Joyo? Anda bisa langsung menghubungi Contact Person (CP) Kembang Joyo Malang di 0811-3777-335.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button