Keindahan Pulau Kumala, destinasi wisata yang kaya akan sejarah di Sungai Mahakam - WisataHits
wisatahits

Keindahan Pulau Kumala, destinasi wisata yang kaya akan sejarah di Sungai Mahakam

Dtujuan wisata menarik untuk dikunjungi di sekitar sungai mahakam adalah pulau kumala. Kecantikan Alamidipadukan dengan nuansa sejarah yang luar biasa.

Harga tiket: Rp 7.000, Jam operasional: 06.00–18.00 WITA, Alamat: Pulau Kumala, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Kutai Kartanegara saat ini sedang ramai diperbincangkan bukan hanya karena wilayahnya yang mulai berkembang dalam hal pembangunan, tetapi juga karena destinasi wisata yang ada. Pulau Kumala merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik dan indah. Lokasinya tepat di tengah-tengah Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Pulau Kumala dulunya merupakan kawasan delta Sungai Mahakam yang terletak di Tenggarong. Awalnya pulau seluas 85 hektar ini berupa endapan lumpur yang kemudian membentuk tanah. Kemudian pohon-pohon liar tumbuh dan hewan datang ke daerah itu. Saat sungai pasang, pulau ini akan tenggelam oleh air.

Pada tahun 2002, bertepatan dengan festival budaya masyarakat Kutai Kartanegara yang lebih dikenal dengan Festival Erau, pulau ini baru dibuka sebagai tujuan wisata untuk masyarakat umum. Desain tempat ini merupakan perpaduan antara budaya tradisional dan teknologi modern. Banyak atraksi yang ditawarkan kepada wisatawan.

Sejarah singkat Pulau Kumala, pulau unik di tengah Sungai Mahakam

Sejarah Singkat Pulau KumalaKredit gambar: Twitter Radio OZ Jakarta

Sungai Mahakam adalah salah satu sungai terpanjang di Indonesia, terkenal di seluruh nusantara. Pada masa kerajaan Kutai Kartanegara, sungai ini menjadi sangat potensial karena merupakan sumber peradaban pada masa itu. Panjangnya mencapai 920 km dan mengalir ke Selat Makassar. Di masa lalu, banyak pelaut telah melewatinya.

Lama kelamaan terbentuk delta di tengah sungai dan akhirnya membentuk pulau kecil yang tenggelam saat sungai sedang pasang. Di tanah yang terbentuk dari endapan lumpur secara bertahap ditutupi dengan pohon-pohon liar dari segala jenis. Kemudian banyak hewan datang untuk membentuk suatu ekosistem.

Karena tidak terawat dan sayang sekali terbengkalai, akhirnya pada tahun 2000 sebuah destinasi wisata mulai dirancang di tempat ini. Puncaknya pada tahun 2002, pemerintah setempat meresmikan Pulau Kumala sebagai objek wisata di Kutai Kartanegara, bertepatan dengan jadwal Festival Erau yang digelar hampir setiap tahun.

Untuk memperluas lahan dari awal hanya berupa pulau kecil diputuskan untuk mengeruk Sungai Mahakam. Material hasil kerukan tersebut digunakan sebagai bahan utama untuk membentuk Pulau Kumala menjadi lebih tinggi dan lebar serta tidak tenggelam saat air sungai sedang tinggi.

Promo Pulau Kumala

Atraksi Pulau KumalaKredit gambar: Twitter Update Tenggarong

Keunggulan yang ditawarkan Pulau Kumala adalah wahana dengan total 10 wahana. Wahana ini dibangun dengan tingkat keamanan yang ketat dan harga tiket yang terjangkau. Beberapa wahana yang bisa dinikmati antara lain mobil bombom, roller coaster, komidi putar, kereta mini, kereta gantung, dan go-kart.

Sebuah menara langit juga dibangun untuk dinikmati bersama keluarga. Ketinggian menara langit sekitar 75 meter. Di atas Sky Tower, pengunjung dapat melihat Kota Tenggarong dari ketinggian dengan jarak pandang yang lebih luas. Sungguh pengalaman yang menarik untuk dicoba.

Ada akuarium raksasa di Pulau Kumala. Akuarium yang sangat besar ini dirancang untuk menampung satu jenis lumba-lumba air tawar. Lumba-lumba ini juga dapat ditemukan di perairan Mekong di Cina dan Sungai Irawady di Brasil. Anak-anak yang menyaksikan hewan air tawar ini pasti akan senang dan bahagia.

Di bagian depan Pulau Kumala terdapat jembatan panjang dengan gerbang megah yang disebut Jembatan Repo-Repo. Jembatan ini berfungsi untuk menghubungkan pulau dengan kota Tenggarong. Repo-Repo sendiri berarti gembok. Di sekitar jembatan ada tempat untuk memasang gembok cinta.

Desain jembatan Repo-Repo merupakan hasil perpaduan dari 3 jembatan terkenal dunia. Ketiga jembatan tersebut antara lain Jembatan Banpao di Korea Selatan, Jembatan Seine di Prancis, dan Gerbang Emas di Amerika Serikat.

Selain itu, ada patung emas Lembuswana. Lembu ini dipercaya sebagai nenek moyang masyarakat Kutai yang dulunya merupakan tunggangan Mulawarman.

Kemudian ada sebuah tempat bernama Pura Pasak yang terdiri dari anak tangga dengan patung-patung di beberapa sudutnya. Candi ini terletak persis di belakang Lembuswana.

Di bagian pura terdapat singgasana yang dijadikan sebagai singgasana raja Kutai. Tempatnya sangat eksotis dan kental dengan nuansa sejarah kuno

Tidak jauh dari Pulau Kumala terdapat wisata sejarah berupa Museum Mulawarman. Di dalam museum, terdapat berbagai peninggalan sejarah yang tersimpan dan terpelihara dengan baik. Objek Kerajaan Kutai dapat dilihat dan dipelajari dari penjelasan yang diberikan. Ini akan menjadi wisata alam sukses yang sangat mengasyikkan.

Jalan menuju kawasan Pulau Kumala

Atraksi Pulau Kumala TenggarongKredit Gambar: Facebook mengunjungi Kutai Kartanegara

Untuk sampai ke Pulau Kumala, wisatawan harus singgah dulu di Kota Tenggarong. Kota ini adalah pintu masuk ke objek wisata pulau. Lokasi kota ini berjarak 27 km dari Samarinda, ibu kota Kalimantan Timur. Untuk sampai ke Tenggarong, saat ini seseorang dapat melintasi rute apa saja.

Jalur yang paling banyak digunakan adalah jalur darat. Dari Samarinda Anda bisa naik angkutan umum misalnya bus atau bisa juga dengan menyewa ojek. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Tenggarong. Jika sudah sampai di tepian Sungai Mahakam, wisatawan bisa menyewa perahu motor kecil.

Selain perahu motor, Anda juga bisa naik kereta gantung yang sudah tersedia. Jika sudah sampai di pintu masuk Pulau Kumala, pengunjung akan disuguhi jembatan panjang di depan mata. Jembatan ini terlihat unik dan menarik dengan gerbang yang sangat tinggi menyerupai Jembatan Golden Gate. Turun sangat menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pulau Kumala

Harga Tiket Pulau KumalaKredit gambar: Twitter Reni Meilani

Harga masuk ke kawasan pulau ini sangat terjangkau. Untuk anak-anak, pengunjung hanya dikenakan biaya 5.000 rupee dan dewasa 7.000 rupee. Dengan harga semurah itu, semua pengunjung bebas menikmati keindahan alam dan menggali segala potensi yang ada di Pulau Kumala di waktu senggang.

Untuk wahananya sendiri, ada berbagai macam biaya, mulai dari 2.000 rupee hingga 25.000 rupee. Harganya sangat memungkinkan untuk menjangkau semua kalangan. Kepuasan dan kebahagiaan dengan berbagai wahana akan bertahan hingga akhir perjalanan, karena semua permainan dirancang dengan sangat menarik.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Kumala

Aktivitas di Pulau KumalaKredit gambar: Google Maps uwo

Tempat Wisata Pulau Kumala menawarkan kereta mini untuk mengantar pengunjung melintasi seluruh area pulau dengan luas 85 hektar. Waktu yang dihabiskan di kereta mini untuk satu kali perjalanan adalah kurang lebih 45 menit. Kendaraan ini sangat digemari pengunjung karena dapat bergerak tanpa tenaga yang terlalu banyak.

Selain bepergian dengan kereta api kecil, pengunjung juga bisa memancing bersama keluarga atau teman. Ada area memancing yang disiapkan khusus untuk semua orang yang suka memancing. Di kawasan tersebut terdapat berbagai jenis ikan yang dapat memuaskan hasrat memancing para pengunjung. Bahkan ikan yang Anda tangkap pun bisa dibawa pulang.

Bagi para orang tua yang ingin mengajak anaknya berwisata edukasi, tempat ini sangat direkomendasikan. Ada rumah adat suku Dayak yang berdiri megah dengan kayu besi. Pulau Kumala juga merupakan pusat pengalaman Dayak, pusat informasi budaya Dayak serta tempat belajar sosial, budaya dan ekonomi bagi 7 etnis Dayak.

Banyak kerajinan dan suvenir khas Dayak yang dijual di pulau unik ini. Ada juga demonstrasi proses menenun kain khas Ulap Doyo. Selain belajar tentang budaya Dayak, pengunjung juga bisa belajar tentang spesies hewan Pulau Kumala di Akuarium Pesut Mahakam. Di sana hidup spesies lumba-lumba yang langka.

Aktivitas seru lainnya adalah mencoba berbagai wahana yang telah disediakan. Ada 10 wahana yang mendebarkan dan menarik untuk dicoba. Ini termasuk bermain komidi putar, mobil yang meledak, roller coaster, kereta gantung, dan go-kart. Pencari petualangan dapat menikmati semua wahana dengan harga murah.

Aktivitas seru lainnya adalah memanjat sky tower. Planetarium, yang dikenal sebagai menara langit, tingginya 75 meter. Di atas ketinggian, Kota Tenggarong akan terlihat jelas dengan sejuta pesonanya. Pengunjung yang menyukai fotografi juga dapat menggunakannya untuk mencari foto terbaik dengan latar belakang panorama yang tiada duanya.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Kumala

Fasilitas Pulau KumalaKredit gambar: Google Maps Muhammad Noor Ansyari

Fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola tempat wisata di Pulau Kumala sangat banyak, antara lain tempat parkir yang sangat luas, warung makan, tempat pemancingan bahkan kolam renang. Pengunjung akan sangat dimanjakan di tempat wisata ini. Kegiatan liburan sangat terfasilitasi dengan baik.

Ada juga fasilitas pendukung lainnya, seperti skuter listrik dan kereta mini untuk berkeliling pulau, serta fasilitas bermain air untuk anak-anak dan orang dewasa. Untuk beribadah disediakan mushola, serta camping ground bagi yang ingin menyelenggarakan kegiatan camping dan masih banyak fasilitas lainnya yang sangat menggiurkan bagi wisatawan.

Itu adalah diskusi tentang keindahan dan berbagai pesona Pulau Kumala. Objek wisata terpopuler di kawasan Sungai Mahakam ini memiliki banyak keunggulan. Daya tariknya adalah banyak wisatawan yang terpikat dan mengunjungi berbagai daerah. Ada banyak fasilitas dan wahana pendukung yang bisa dicoba.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button