Keindahan Ketep Pass, Tempat Wisata Alam di Magelang yang menawan - WisataHits
wisatahits

Keindahan Ketep Pass, Tempat Wisata Alam di Magelang yang menawan

Pertahankan passnya salah satu tempat wisata yang menawarkan pesona alam yang luar biasa di Magelang. Pengunjung bisa melihat pesona 5 puncak gunung sebagai daya tarik.

Harga tiket: Rp10.500, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Blabak-Boyolali No.KM.16, Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Ketep Pass, nama sebuah destinasi wisata yang terletak di puncak Bukit Sawangan, Magelang. Dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, dari tempat ini Anda bisa melihat pemandangan puluhan gunung dan bukit yang sangat indah. Tempat ini tidak pernah sepi dari turis bahkan di hari biasa.

Keberadaan destinasi wisata yang indah ini diapit oleh Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sehingga sangat cocok untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Selain kedua gunung tersebut, ada juga Gunung Slamet, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Kelimanya merupakan gunung tertinggi dan terdekat yang bisa dilihat dari lokasi ini.

Selain itu, deretan pegunungan dan perbukitan yang tampak mengelilingi puncaknya juga indah dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Anda bisa merasakan sensasi mengamati puluhan puncak gunung secara bersamaan. Dengan teropong yang tersedia, Anda dapat mengakses pemandangan indah ini.

Tempat Wisata Keep Pass

Tempat Wisata Keep PassKredit gambar: Google Maps Agung Pirsad

Tempat yang memandu Anda untuk mengetahui betapa indahnya pemandangan pegunungan dan perbukitan yang tertata rapi. Ketep Pass merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata di Magelang yang memiliki keindahan pegunungan menjulang tinggi yang melukis kenangan yang tak mudah dilupakan.

1. Pemandangan gunung dan bukit yang menakjubkan

Terletak di antara dua gunung yaitu Merbabu dan Merapi, Ketep Pass memiliki pemandangan yang luar biasa. Di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dan luas 8000 meter persegi, Anda bisa merasakan kesegaran dan kealamian pemandangan yang ditawarkan. Puncak kedua tempat itu terlihat jelas, bahkan letusan purba Gunung Merapi pun terlihat.

Tempat ini berada pada ketinggian yang ideal untuk mengamati keindahan yang ditunjukkan alam kepada Anda. Bagi Anda yang suka mendaki gunung, tempat ini bisa menjadi referensi untuk berlibur dan melihat pegunungan dari sudut pandang yang berbeda.

Di tempat ini juga terdapat tempat yang disebut pelataran Panca Agra. Tempat yang akan menampilkan pemandangan terbaik dari lima gunung yang memancarkan keindahannya. Panca Agra sendiri berarti lima gunung. Seperti namanya, pemandangan di sini sangat indah dan megah.

2. Bioskop dan Museum Mini

Museum Vulkanologi. Dari namanya tentu bisa dibayangkan berkunjung ke museum bertema gunung. Ternyata tidak hanya wisata alam yang ditawarkan, tempat ini juga menawarkan wisata edukasi yang unik dan menarik wisatawan untuk berkunjung. Pendidikan di tempat ini bertema geografi dan pegunungan.

Museum ini dibangun untuk mengajarkan pengunjung semua pengetahuan tentang Gunung Merapi. Dari sejarah pembentukannya, peta jalur pendakian, serta semua tentang gunung yang terakhir meletus pada 21 Juni 2020.

Bukan hanya museum ini. Ada juga bioskop mini. Bioskop ini adalah tempat yang tepat untuk membenamkan diri di masa lalu, terutama tentang pembentukan Gunung Merapi dan peristiwa konsisten yang terjadi setelahnya. Semuanya dikemas dalam film dokumenter berdurasi 30 menit.

Terdapat dua buah teropong berukuran besar yang melengkapi fasilitas hiburan di sini. Dengan alat ini, Anda bisa menikmati keindahan puncak Sawangan. Teropong ini berada di dua lokasi berbeda, satu di Pandang Viewpoint dan satu lagi di Puncak Panca Arga.

3. Suasananya sejuk dan nyaman

Destinasi wisata Ketep Pass di Puncak Sawangan sendiri memiliki ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Itu membuat kawasan wisata sejuk dan dingin, dan luasnya 8000 meter persegi. Dalam suasana ini, menikmati pemandangan yang ditawarkan tempat ini akan menambah kenyamanan liburan Anda.

Alamat dan itinerary ke tempat-tempat wisata ketep pass

Simpan alamat passKredit gambar: Google Maps Imron anshori shodiq

Anda bisa menemukan destinasi wisata yang menawarkan pemandangan indah kelima gunung ini di Magelang. Alamatnya lebih tepatnya berada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan. Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah ini diapit oleh dua gunung besar yang berdekatan yaitu Merapi dan Merbabu.

Tempat yang diresmikan pada tahun 2002 oleh Presiden ke-5 Megawati Soekarno Putri ini dapat diakses dari beberapa rute perjalanan, salah satunya adalah kota Yogyakarta. Dari pusat kota Anda bisa mengambil jalan menuju Jalan Mataram dan kemudian Jalan Abu Bakar Ali. Anda bisa melewati Jalan Tentara Rakyat Mataram sebelum akhirnya harus melewati Jalan Besar Magelang – Yogyakarta.

Dari jalur ini, Anda hanya perlu berkendara menuju Jalan Blabak – Boyolali, sebelum akhirnya sampai di tempat tujuan setelah melewati Jalan Ketep Kopeng. Dengan rute ini, Anda akan tiba di Ketep pass setelah menempuh perjalanan sejauh 43 kilometer dan 1 jam 30 menit. Jalur yang akan Anda tempuh sepanjang perjalanan ini adalah jalan utama jalan raya di Yogyakarta.

Atau, jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Magelang, Anda akan menempuh perjalanan selama 0,5 jam dengan jarak 27 kilometer. Mulailah dengan melewati Jalan Pajang I lalu menuju Jalan Magelang – Yogyakarta.

Setelah itu, Anda harus melewati Jalan Blabak Mungkid / Jalan Candimulto sebelum sampai di Jalan Ketep Kopeng. Perjalanan akan berakhir saat anda berkendara di jalan Magelang – Boyolali kemudian berhenti di papan petunjuk pintu masuk wisata Ketep Pass. Rute ini juga termasuk rute utama dan terdekat.

Harga Tiket Masuk Ketep Pass Magelang

Harga Tiket Ketep Pass MagelangKredit gambar: Google Maps Razzaaq Arditian

Sebagai destinasi wisata, tempat ini juga mematok harga bagi siapa saja yang ingin masuk. Dengan harga tiket Rp 10.500 di hari biasa dan Rp 12.500 di hari libur atau akhir pekan, Anda sudah bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dari bukit ini.

Untuk wisatawan dari luar negeri, harganya 3 USD atau sekitar Rp 50.000 untuk tiket weekday. Selain itu, pada hari libur atau akhir pekan berlaku harga yang berbeda yaitu Rp 60.000. Dengan harga tiket sebesar itu dan dibayarkan di awal masuk, wisatawan asing ini sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di Ketep Pass.

Harga yang dikutip untuk wisatawan domestik belum termasuk biaya penggunaan fasilitas seperti teropong, bioskop dan museum. Masing-masing dikenakan harga yang cukup terjangkau seperti Rp 5.000 untuk sewa teropong dan Rp 7.000 untuk bioskop mini.

Ada juga biaya parkir yang ditanggung wisatawan yaitu Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 5.000 untuk mobil, Rp 7.000 untuk minibus dan Rp 12.000 untuk bus wisata berukuran besar.

Jam buka tempat ini dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore, dari sini kamu bisa mengamati pemandangan pagi dan sore hari pegunungan yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Harga yang tertera diatas merupakan update terbaru, sewaktu-waktu dapat terjadi perubahan mengenai harga tersebut.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Ketep Pass

Kegiatan keep passKredit gambar: Google Maps eko vebriyanto

1. Bersantai dan nikmati pemandangan

Ada banyak cara yang bisa Anda pilih untuk menikmati kenyamanan Anda saat berlibur di sini. Anda bisa melihat indahnya pemandangan pegunungan di puncak Sawangan dengan mata telanjang sambil bersantai di sudut pandang. Tempat ini adalah tempat di mana Anda dapat menemukan salah satu teropong besar dan melihat keindahan di kejauhan.

Teropong terletak di dekat pos pengamatan, sedangkan yang lainnya berada di Panca Agra. Kedua objek ini bertujuan untuk menambah kesan pengunjung berlibur ke sini.

Gardu Pandang sendiri merupakan gazebo atau gubuk yang terletak di beberapa tempat di destinasi wisata alam ini. Dari sana, Anda bisa mengamati pemandangan indah yang mengelilingi Anda sambil bersantai. Sedangkan saat berada di Panca Agra, Anda bisa melihat pemandangan menakjubkan dari lima gunung yang ada di sana.

2. Liburan selama studi

Di Ketep Pass, Anda akan menemukan bioskop mini bernama Vulcan Theatre dan Vulcan Museum. Di dua tempat ini Anda akan mendapatkan pengalaman belajar hal-hal yang berhubungan dengan Gunung Merapi dan beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan gunung.

Di bioskop mini yang mampu menampung 78 pengunjung ini, Anda akan menyaksikan film dokumenter tentang Gunung Merapi dan peristiwa yang terjadi setelah letusan gunung berapi. Sedangkan jika Anda berkunjung ke museum, Anda akan mendapatkan pengetahuan baru tentang pegunungan dan seluk-beluk Gunung Merapi.

Dengan luas 550 meter persegi, bangunan museum ini berisi banyak pelajaran tentang pegunungan. Miniatur berupa Gunung Merapi juga terdapat di museum ini. Benda ini disebut alat peraga untuk mengenalkan apa yang ada di Gunung Merapi karena miniatur ini berbentuk aslinya.

3. Mencicipi kuliner

Sebuah ruang makan berdinding kaca tampak didesain khusus bagi wisatawan yang lapar untuk menikmati makanan sambil memandangi pemandangan di luar. Dengan menu-menunya yang lezat, tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat Anda berlibur di Ketep Pass. Anda juga bisa menikmati jagung bakar yang lezat di sini.

4. Temukan spot foto terbaik

Pemandangan pegunungan yang indah yang tidak Anda lihat setiap hari menjadi alasan yang cukup untuk berfoto di sini. Beberapa spot foto seperti Panca Agra dan Gardu Pandang akan semakin mempercantik foto Anda bersama teman atau keluarga.

Fasilitas yang tersedia di Ketep Pass Magelang

Fasilitas Ketep Pass MagelangKredit gambar: Google Maps Fathur Rohman

Destinasi wisata yang memukau pengunjung dengan pemandangan puncak gunung ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Untuk fasilitas hiburan seperti teropong, museum, bioskop mini sangat bagus untuk menunjang kenyamanan wisatawan berlibur disini.

Fasilitas tambahan seperti toilet umum, mushola dan tempat makan juga tersedia. Pengembangan dan penambahan fasilitas bukan hal yang mustahil mengingat tempat wisata ini sangat ramai bahkan di hari biasa. Dengan begitu, wisatawan bisa berlibur dengan nyaman dan santai di wisata alam ini.

Ketep Pass, sebuah wisata yang berada di puncak Bukit Sawangan. Tempat yang akan menunjukkan keindahan pegunungan dan perbukitan di sekitarnya. Memilih tempat liburan ini akan memberi Anda pengalaman tak terlupakan dari pegunungan yang menjulang indah di bawah langit.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button