Keindahan CURUG MUARA JAYA di lereng Mont Cereme - WisataHits
wisatahits

Keindahan CURUG MUARA JAYA di lereng Mont Cereme

Harga tiket masuk Air Terjun Muara Jaya : Rp 5.000 – Rp 20.000. Jam buka: 08:00 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat: Kampung Apuy, Argamukti, Argapura, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia, 45462.

Kawasan Majalengka mulai menarik perhatian wisatawan sebagai tempat berlibur. Hal ini dikarenakan Majalengka memiliki banyak potensi keindahan alam sebagai obyek wisata. Salah satu yang sudah populer di kalangan warga setempat adalah Air Terjun Muara Jaya.

Air terjun ini terletak di desa Argamukti, Kabupaten Majalengka. Ini memiliki tiga tingkat dan berada di tengah lembah. Meski berada di tengah hutan, tempat wisata ini ramah anak dan cocok untuk rekreasi keluarga.

Tiket Masuk Air Terjun Muara Jaya

Ada dua tiket yang berlaku untuk memasuki kawasan wisata air terjun. Tiket pertama untuk air terjun tingkat paling bawah, sedangkan tiket kedua untuk masuk ke area air terjun tingkat atas.

Biaya masuk
Tiket masuk dewasa Rp 15.000
Tiket masuk anak Rp5.000
Tiket perkemahan Rp 20.000 per orang

Baca: Tiket Masuk TERASERING PANYAWEUYAN Majalengka dan Ragam Pesonanya

Jam buka

Obyek wisata air terjun ini bisa dikunjungi dari pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat musim kemarau karena air yang mengalir sangat jernih dan tidak becek.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Keindahan Air Terjun Muara Jaya

Air terjun Muara Jaya terlihat dari jauhBagian air terjun yang dikelilingi hutan alam – Foto: Google Maps/Ambia Aditama

Baca: Tiket Masuk Curug Cipeuteuy Majalengka dan Berbagai Aktivitasnya

Curug Muara Jaya adalah sebuah air terjun yang merupakan bagian dari Sungai Muara Jaya. Air terjun ini terdapat di lereng Gunung Ciremai. Jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari kota Majalengka.

Meski berada di lembah dan membutuhkan sedikit usaha ekstra untuk mencapainya, air terjun ini tetap populer sebagai tempat piknik. Aliran airnya cukup deras dan meluncur di atas permukaan bebatuan yang menonjolkan lekukan menambah keindahan air terjun ini.

Dikelilingi oleh hutan

Ratusan anak tanggaJumlah anak tangga yang harus didaki untuk mencapai lokasi air terjun mencapai lebih dari 350 anak tangga ke arah lembah – Foto: Google Maps/Faiz Falsahadi

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Dinosaurus Majalengka

Banyak alasan mengapa Air Terjun Muara Jaya menjadi air terjun favorit sebagai tujuan wisata masyarakat Majalengka dan sekitarnya. Salah satunya adalah lokasinya yang meski berada di tengah lembah hutan, namun mudah dijangkau.

Memang pihak pengelola menyediakan akses jalan berupa ratusan anak tangga. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu khawatir dengan masalah kontur jalan meski harus melewati hutan. Posisi air terjun yang berada di bawah memaksa pengunjung untuk menuruni tak kurang dari 350 anak tangga.

Dua tingkat air terjunAliran sungai dari air terjun yang terlihat dibalik rimbunnya hutan alam – Foto: Google Maps/upi lutfi

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Batu Gantung Majalengka

Menuruni tangga, pengunjung akan sampai di sebuah pelataran. Pada akhir pekan atau hari libur nasional, pengunjung akan disuguhi oleh hiburan yang ditawarkan di panggung yang tersedia. Toilet, mushola, sarana bermain dan tempat istirahat juga terdapat di sini.

Saat menuruni tangga, pengunjung akan dihibur oleh pemandangan baru. Hamparan hijau hutan Gunung Ciremai berpadu dengan segarnya udara pegunungan. Selain membuat mata terasa segar, rasa lelah dan pegal akan tergantikan dengan rasa tenang dan rileks.

Air Terjun Air terjun

Air terjun Muara Jaya dari dekatJatuhnya air terjun Muara Jaya yang disinari matahari begitu indah dihiasi bebatuan sungai di sekitarnya – Foto: Google Maps/Fitria Natasya Putri

Baca: Tiket Masuk Kolam Renang Tirta Indah Majalengka dan Berbagai Wahana Seru

Jauh sebelum Anda sampai ke lokasi air terjun, Anda akan mendengar suara gemericik air. Curug Muara Jaya sudah terlihat dari tangga, mengintip dari balik rimbunnya pepohonan. Air terjun setinggi kurang lebih 70 meter ini menjadi pusat perhatian panorama sekitar.

Suasana sejuk di sekitar air terjun akan menyapa Anda saat tiba di lokasi. Air terjun setinggi 20 meter ini mengalir ke danau dan sungai yang bertabur bebatuan. Air terjun ini merupakan tingkatan terendah dari seluruh air terjun Muara Jaya.

Jika terus menyusuri jalan setapak, pengunjung akan menemukan loket lain. Loket ini menjual tiket terusan kepada pengunjung yang ingin menuju air terjun di tingkat atas. Air terjun ini mengalir di atas tebing yang lebih tinggi. Danau di sekitarnya dangkal, jadi tempat yang aman untuk bermain air.

rekreasi alam

Curug tingkat terendahJembatan melintasi sungai dan menghubungkan anak tangga menuju lokasi air terjun Muara Jaya, terlihat wisatawan bermain air di sekitar air terjun – Foto: Google Maps/fajar buana

Baca: Tiket Masuk Jembar Majalengka Water Park dan Ragam Wahananya

Di sekitar bagian bawah air terjun terdapat area kering terbuka. Area ini bisa digunakan sebagai area piknik. Sambil menikmati makan siang dan bersantai, pengunjung dapat melihat keindahan air terjun dari dekat.

Bagi yang ingin bermalam, pihak pengelola juga menyediakan area camping. Dengan membayar 20.000 per orang, pengunjung dapat mendirikan tenda dan berkemah di sekitar air terjun. Tak perlu khawatir karena fasilitas dan keamanan terjamin di sini.

Meredakan

Sarana dan prasarana yang tersedia di Air Terjun Muara Jaya sudah lengkap dan memadai. Tempat parkir yang luas, toilet, mushola, dan warung makan dapat dengan mudah ditemukan di sini. Jalan setapak menuju air terjun ditata berundak-undak dengan pegangan tangan, sehingga aman untuk semua kalangan. Pengelola juga menyediakan beberapa fasilitas bermain anak dan panggung untuk kebutuhan performance art atau acara gathering.

Baca: 6 Tempat Wisata Terbaik di Majalengka

Lokasi air terjun Muara Jaya

Kawasan wisata air terjun ini terletak di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Minimnya transportasi umum membuat lokasi objek wisata ini lebih mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button