Kegiatan konsumsi dalam perekonomian, lihat pengertian dan contohnya - WisataHits
Yogyakarta

Kegiatan konsumsi dalam perekonomian, lihat pengertian dan contohnya

Kegiatan konsumsi ditandai dengan penggunaan barang dan jasa secara langsung, sehingga nilai praktisnya dapat habis atau berkurang setelah digunakan. Semua barang dan jasa tersebut hanya dapat dibeli melalui transaksi pembelian dengan biaya tertentu yang harus dibayar.

Kegiatan konsumsi dapat dengan mudah dijelaskan sebagai kegiatan ekonomi yang secara bertahap menghabiskan atau segera menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa. Pihak yang melakukan kegiatan ini disebut sebagai konsumen. Dalam prakteknya, konsumen dapat berupa individu atau kelompok. Destinasi juga bervariasi tergantung kebutuhan masing-masing konsumen.

Konsumen individu melakukan aktivitas konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Misalnya, seseorang yang hobi mengoleksi tanaman membeli pupuk cair untuk memelihara koleksi tanamannya, atau seseorang yang lapar membeli sembako di Warteg.

Lain halnya dengan pelaku konsumsi kelompok. Fokusnya bukan pada kebutuhan individu, tetapi pada kebutuhan semua anggota kelompok. Misalnya, seorang koki membeli sayuran untuk restorannya, atau kantor yang membeli komputer untuk peralatan kerja karyawannya. Kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh konsumen kelompok ditujukan untuk memenuhi kebutuhan anggota lainnya, seperti karyawan dan karyawan perusahaan.

Aktivitas konsumsi dapat terjadi ketika produsen menjual barang atau jasa kepada konsumen. Aktivitas konsumsi juga dapat terjadi ketika konsumen membeli barang atau jasa dari pedagang.

Aktivitas konsumsi merupakan hal yang berulang kali Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menggunakan listrik untuk bekerja, menggunakan air untuk memasak, membeli bahan bakar untuk bahan bakar kendaraan, dan menggunakan kuota internet untuk mencari informasi di internet.

Contoh di atas menggambarkan penerapan kegiatan konsumsi yang sering dilakukan oleh masyarakat. Tentunya kegiatan ini merupakan salah satu poin penting yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan ekonomi.

Karakteristik kegiatan konsumsi

Kegiatan membeli, menggunakan, dan membelanjakan segala macam barang dan jasa disebut kegiatan konsumsi apabila memenuhi ciri-ciri sebagai berikut.

– Langsung ditujukan untuk memuaskan keinginan atau memenuhi kebutuhan konsumen saat ini.

– Barang yang dibeli atau jasa yang digunakan memberikan nilai tambah bagi kepentingan konsumen.

– Cepat atau lambat nilai guna barang dan jasa yang dikonsumsi akan berkurang atau habis.

– Barang dan jasa yang dikonsumsi selalu memiliki biaya transaksi dan harus dibayar melalui pembelian.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button