Kecelakaan bus di Magetan, itu langkah Jasa Raharja - WisataHits
Jawa Timur

Kecelakaan bus di Magetan, itu langkah Jasa Raharja

Bisnis.comJAKARTA – Korban kecelakaan bus pariwisata PO Semeru yang mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Sarangan-Tawangmangu, Magetan, Jawa Timur akan mendapatkan santunan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktur Operasi Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana menjelaskan, sejauh ini uang santunan telah disalurkan kepada ahli waris tujuh korban. Semua korban diasuransikan oleh UU No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2017, korban yang meninggal dunia menerima santunan sebesar Rp 50 juta yang dibayarkan kepada ahli waris yang sah.

“Sementara itu, kami telah memberikan jaminan biaya perawatan rumah sakit bagi korban luka-luka maksimal Rp 20 juta,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (12/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Dewi pun menyampaikan belasungkawa dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban. Dewi juga mengingatkan operator angkutan umum untuk memberikan kenyamanan dan keamanan, serta mengutamakan keselamatan penumpang.

“Untuk itu selalu perlu diperhatikan kondisi teknis dan non teknis kendaraan serta kesiapan operasional dan kesehatan pengemudi kendaraan yang akan dioperasikan,” imbuhnya.

Sebelumnya, sebuah bus yang ditumpangi rombongan wisatawan asal Kota Semarang, Jawa Tengah, mengalami kecelakaan diduga akibat rem blong saat melintasi jalan raya Sarangan-Tawangmangu Magetan, Jawa Timur.

Akibatnya, kendaraan kehilangan kendali dan menabrak pembatas jalan besi sebelum akhirnya terjun ke jurang sedalam 30 meter, menewaskan tujuh orang dan melukai 32 lainnya.

Secara kronologis, rombongan warga Manyaran akan menuju Telaga Sarangan Magetan di Jawa Timur melalui akses jalan Cemoro Sewu-Sarangan. Lokasi kecelakaan tepatnya di Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Bus berangkat dari Tawangmangu ke Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan. Dari Semarang Barat ada dua bus yang mau ke Sarangan Magetan. Saat tiba di tikungan (menurun), sebuah bus kehilangan kendali, menerobos pembatas jalur dan memasuki jurang sedalam sekitar 31 meter.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button