Kebun Binatang SEMARANG: Tiket dan Atraksi - WisataHits
wisatahits

Kebun Binatang SEMARANG: Tiket dan Atraksi

Kebun Binatang SEMARANG: Tiket dan Atraksi

Harga tiket masuk Kebun Binatang Semarang: Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Jam buka: 08:00 – 15:00 WIB. Nomor telepon: 082135253180. Alamat: Jalan Raya Mangkang, Mangkang Kulon, Ngaliyan, Mlaten, Sumberejo, Kaliwungu, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50186.

Kebun Binatang Semarang atau dikenal dengan Kebun Binatang Mangkang, telah menjadi destinasi favorit para wisatawan. Wisatawan asal Semarang dan sekitarnya kerap berduyun-duyun ke tempat ini saat berlibur. Kebun binatang yang terletak di perbatasan Semarang dan Kendal ini memiliki koleksi satwa yang cukup banyak. Di mana, wisatawan bisa langsung berinteraksi dengan beberapa satwa, seperti burung, ular, gajah dan lainnya.

Tak hanya itu, tempat ini semakin menarik karena terdapat permainan untuk anak-anak. Baru-baru ini, ada juga wahana off-road baru untuk segala usia. Kebun binatang ditutup sementara karena pandemi Covid-19. Namun kini telah dibuka kembali dengan protokol kesehatan yang disiplin.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Semarang

Objek wisata ini memiliki biaya masuk yang sangat terjangkau. Yang lebih uniknya lagi, kamu tidak membeli tiket di sini langsung dari petugasnya. Tetapi beli dengan pembayaran non tunai dan dapat mengambil tiket di mesin penjual otomatis. Harga tiket masuk ini sudah termasuk permainan kebun binatang.

Tiket Masuk Kebun Binatang Semarang
Jenis tiket Senin Jum’at Sabtu Minggu Liburan
Tiket masuk reguler Rp 20.000 Rp 25.000 Rp30.000
Tiket masuk periode 24 Desember 2022 – 1 Januari 2023
Tiket masuk Rp30.000

Baca: Tiket Masuk DUSUN SEMILIR Semarang dan 5 Wahana Seru

Informasi penting sebelum mengunjungi Kebun Binatang Semarang:

  • Hormati protokol kesehatan selama kunjungan Anda.
  • Tiket masuknya gratis sekali untuk bermain di Playplay Zoo.

Jam Buka Kebun Binatang Semarang

Tempat wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Namun, jam buka di akhir pekan dan hari libur nasional lebih lama dari hari biasa. Pengunjung bisa puas melihat aneka satwa dan bermain di wahana yang tersedia.

Jam operasional
hari biasa 08:00 – 15:00 WIB
Akhir pekan dan Hari Libur 08:00 – 16:00 WIB

Menjelajahi Pendidikan di Kebun Binatang Semarang

Perhatikan rusa bintik putihPerhatikan rusa bintik putih. Foto: Gmap/Hengky Nando

Berwisata ke kebun binatang tentunya tidak hanya menghibur, tetapi memiliki nilai edukasi tersendiri. Hal ini juga yang ditanamkan Kebun Binatang Semarang dengan menyediakan sarana hiburan wisata. Di sini terdapat berbagai jenis hewan mulai dari jenis burung, mamalia, primata hingga jenis ikan. Setidaknya ada 281 koleksi hewan dari 51 spesies.

Di sini wisatawan bisa melihat berbagai satwa yang ada di setiap kawasan. Untuk mamalia besar ada area khusus di udara terbuka. Seperti unta dan jerapah yang ditempatkan di area terbuka khusus dengan pagar besi yang mengelilinginya. Untuk pelikan juga memiliki tempat khusus di daerah yang memiliki tambak, sehingga burung dapat terbang melintasinya.

Selain hewan yang masih hidup, wisatawan juga bisa melihat hewan yang diawetkan di dalam museum. Apalagi traveling jadi lebih menyenangkan karena ada berbagai permainan untuk anak-anak. Dan jangan lewatkan wahana untuk orang dewasa.

Baca: Tiket Masuk SALOKA PARK dan 7 Wahana Seru

Berinteraksi dengan hewan

Berinteraksi dengan tunggangan gajahBerinteraksi dengan Elephant Ride. Foto: Gmap/Sri Bintoro

Selain melihat satwa, wisatawan ke kawasan tersebut juga bisa berinteraksi langsung dengan satwa tersebut. Misalnya menggendong bayi harimau sambil berfoto dengan gembira. Atau pegang ular jinak dan gantungkan di leher Anda saat mengambil foto. Di area burung, wisatawan juga bisa berfoto dengan banyak burung, sambil meletakkannya di tangan.

Jika ingin bersantai sambil berjalan kaki, menunggang gajah bisa menjadi pilihan. Wisatawan akan berkeliling kandang gajah sambil duduk di punggung gajah. Getaran setiap langkah gajah menciptakan sensasi tersendiri.

Tidak perlu khawatir dengan interaksi hewan karena hewan di sini jinak. Meski ada harimau yang terlihat galak, namun harimau di sini jinak dan terbiasa dengan turis. Tentunya wisatawan juga harus bisa menjaga diri saat berada di dekat hewan tersebut. Khususnya dengan tidak membuat suara yang membuat takut atau stres hewan.

Baca: Wisata Kolonial Kota Tua Semarang

Kunjungi museum hewan

Hewan yang diawetkan di museumHewan disimpan di museum. Foto: Gmap/Agus Susilo

Salah satu yang menarik dari Kebun Binatang Semarang adalah Museum Satwa. Di sini terdapat berbagai binatang yang dipelihara. Hewan ini berasal dari hewan kebun binatang yang mati. Entah karena sakit atau karena usia lanjut.

Ada sekitar 30 hewan yang dipelihara di sini. Ada macan tutul, rusa, naga, elang, monyet, dan orangutan. Hewan-hewan ini ditempatkan pada pajangan khusus. Dengan background berbentuk alam sehingga tampak seperti di tempat aslinya.

Kebun binatang tidak berambisi untuk memperkaya koleksi museum. Jadi hanya bertambah bila ada hewan yang mati. Karena jika dipaksakan, berarti banyak hewan yang mati. Dan itu tidak diinginkan oleh kebun binatang.

Baca: 46 Destinasi Wisata Menarik di Semarang

Jelajahi alam dengan jip

Wahana ini merupakan wahana baru yang sangat seru. Ini merupakan salah satu inovasi kebun binatang dalam menggandeng komunitas mobil Jeep. Wahana ini bernama My Trip Zoo Adventure. Dalam kegiatan ini wisatawan akan berpetualang sambil mengendarai jeep. Tak hanya seru, wisata ini juga cukup memacu adrenalin.

Wisatawan akan menjelajahi alam, menyeberangi sungai dan menyusuri hutan jati. Ditambah dengan Sendang Kaliancar melalukan perjalanan dengan kearifan lokal. Diharapkan juga pengelola menjalin kerjasama dengan tempat wisata lain seperti Tinjomoyo, agar mengikuti akan lebih seru.

Untuk kegiatan ini, wisatawan harus membayar biaya sebesar Rp 450.000 per mobil. Sedangkan satu mobil bisa diisi tiga hingga empat orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk Kebun Binatang Semarang dan berbagai wahana. Selain itu, wisatawan juga akan menerima makanan di tempat tujuan.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket Masuk dan Aneka Kegiatan

Wahana di Kebun Binatang Semarang

Waterboom Anak di Kebun Binatang SemarangWaterboom anak di Kebun Binatang Semarang. Foto: Gmap/Dini Purwanti

Setelah Anda senang menonton dan berinteraksi dengan hewan, tidak perlu terburu-buru pulang. Wisatawan bisa menikmati berbagai wahana yang tersedia di sini. Ada wahana yang berbeda untuk anak-anak dan dewasa.

Wahana populer untuk anak-anak antara lain outbond, flying fox, dan mini waterboom. Di sini anak-anak bisa meluncur ke bawah perosotan yang tidak terlalu tinggi, sehingga lebih aman. Dan tentunya anak-anak akan senang bermain di wahana Play Play Zoo.

Lokasi Kebun Binatang Semarang

Kebun binatang ini terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Terletak di perbatasan Semarang dan Kendal. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Karena di depan kebun binatang ada terminal Mangkang, jadi bisa juga menggunakan BRT.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button