Kebun Binatang Mini Bogor, Wisata Zoologi dan Institusi Pendidikan Favorit - WisataHits
wisatahits

Kebun Binatang Mini Bogor, Wisata Zoologi dan Institusi Pendidikan Favorit

Harga tiket: Rp25.000, Jam operasional: 09.00-16.30 WIB, Alamat: Jl.PERHATIAN. Soemantadiredja No.61, Pamoyanan, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Destinasi wisata yang mengusung konsep Mini Zoo semakin marak dan mudah ditemukan di berbagai daerah. Anda juga bisa menemukannya di kawasan Bogor yang bernama Bogor Mini Zoo. Tempat wisata ini memiliki koleksi hewan jinak yang cukup lengkap. Sejauh ini, setidaknya ada 15 jenis satwa dari berbagai habitat, darat dan air.

Diciptakan sebagai taman pendidikan untuk anak-anak, kebun binatang mini yang terletak di atas lahan seluas 2 hektar ini tidak hanya menawarkan koleksi satwa, tetapi juga permainan yang cocok untuk anak-anak. Ada lokasi persewaan sepeda gunung dan juga wahana pony yang lucu dan menggemaskan. Kegiatan belajar bisa menyenangkan jika dilakukan sambil bermain.

Tempat wisata kebun binatang mini Bogor

Atraksi Kebun Binatang Mini BogorKredit gambar: Google Maps rino raines

Layaknya kebun binatang, daya tarik utama Kebun Binatang Mini Bogor adalah banyaknya hewan yang lucu dan jinak. Koleksinya bisa dibilang cukup lengkap untuk ukuran kebun binatang mini. Ada kerbau bule dengan warna kulit cantik yang berbeda dengan jenis kerbau lainnya.

Ada juga hewan pemakan sayur yang lucu dan menggemaskan, yaitu marmut. Pembungkusan bulu berwarna-warni bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Selain itu, ada juga bebek dan angsa Bali yang selalu menunggu pengunjung untuk memberi mereka makan.

Jenis burungnya pun tak kalah menarik karena anak-anak bisa masuk ke dalam sangkar raksasa untuk berinteraksi langsung dengan mereka. Jumlahnya mencapai ratusan dengan kelincahan terbang kesana kemari yang membuat mata selalu ingin mengikuti.

Tak lupa juga berbagai jenis ikan hias, terutama ikan mas. Di kolam yang besar, anak-anak bisa langsung memberi makan. Bagi orang tua juga ada manfaatnya, konon ikan mas bisa dijadikan terapi untuk menenangkan pikiran.

Untuk reptil, anak-anak bisa melihat tingkah laku penyu yang sedikit mengganggu karena gerakannya yang lambat. Sayangnya, salah satu hewan purba ini tidak boleh dilihat terlalu dekat, ada pagar kaca sebagai pembatasnya. Jadi pengunjung hanya bisa menyaksikannya dari kejauhan, baik saat berenang di kolam renang atau sedang berada di pasir.

Daya tarik lain dari Kebun Binatang Mini Bogor yang pasti membuat anak-anak ingin kembali lagi dan lagi adalah adanya menunggang kuda. Berbeda dengan tempat wisata lainnya, kuda yang digunakan adalah jenis kuda poni. Ukurannya yang kecil membuat anak-anak tidak takut untuk menaikinya. Dengan rambut panjang, kuda poni bisa menjadi pusat perhatian anak Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kebun Binatang Mini BogorKredit gambar: File Google Maps

Lokasi di Bogor Jawa Barat, Selengkapnya di Jl. Soemanta Diredja No.61, RT.04/RW.05, Pamoyanan, Bogor Selatan.

Adapun rute yang bisa ditempuh, Anda bisa menggunakan stasiun kereta terdekat sebagai titik pusat. Jika Anda berada di Jalan Durian Raya 5, perjalanan hanya memakan waktu 10 menit dengan jarak tempuh sekitar 700 meter, baik dengan kendaraan umum maupun pribadi. Lain lagi jika Anda mengambil jalur di Jalan Pajajaran Indah yang memiliki jarak tempuh sekitar 500 meter untuk sampai ke lokasi.

Anda bisa datang kapan saja dengan kondisi yang sedikit berbeda. Untuk hari-hari aktif, yaitu Senin sampai Jumat, jam buka mulai pukul 08:00 hingga 16:00. Sementara itu, pada akhir pekan atau Sabtu dan Minggu, jam buka antara pukul 08:00 hingga 17:00.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Kebun Binatang Mini BogorKredit gambar: Google Maps Rommel Aleddin

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Kebun Binatang Mini Bogor, siapkan tiket Rs 25.000 untuk satu orang. Anak-anak di bawah 2 tahun bebas masuk tanpa menggunakan tiket. Bagi pengunjung yang terdaftar menginap di The Forest Resort, Anda tidak perlu membayar karena kebun binatang mini ini masih berada dalam zona hotel.

Penting untuk diingat bahwa harga di atas belum termasuk wahana atau permainan yang terdapat di dalamnya. Permainan yang berbeda tersedia dengan biaya tiket masing-masing. Harga paling murah sekitar 15.000 rupiah, sedangkan yang paling mahal bisa mencapai 50.000 rupiah. Tarif ini berlaku saat ini, dan kemungkinan besar dapat berubah tergantung pada kebijakan operator.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Kebun Binatang Mini Bogor

Aktivitas di Kebun Binatang Mini BogorKredit gambar: Google Maps Indah Lediana

Bagi anak-anak, aktivitas yang menarik untuk dilakukan tentunya bermain. Di sinilah letak kelebihan Bogor Mini Zoo karena menawarkan banyak jenis permainan. Jangan khawatir, karena permainan ini tidak berbahaya bagi anak-anak.

1. Kenali jenis-jenis hewan

Yang terbaik adalah mengenalkan hewan dan ciri-cirinya secara langsung kepada anak-anak. Selain mudah dipahami, kebanyakan anak lebih suka berinteraksi langsung dengan mereka. Apalagi jika jenis hewan yang ada tidak berbahaya yaitu hewan dengan kategori jinak.

Selain pengenalan langsung, beberapa hewan juga bisa diberi makan, jadi anak-anak pasti suka. Misalnya kerbau bule yang bisa diberi makan rumput yang bisa didapat dari agen. Hewan lain yang bisa diberi makan adalah ikan hias di kolam.

Kehadiran domba dan kambing yang ditinggalkan di luar kandang bisa menjadi fokus perhatian. Itu disengaja oleh sutradara sebagai bagian dari tur. Jangan takut, ada petugas yang menjaga kawanan ternak.

Selain hewan yang biasa ditemukan di atas, ada juga hewan yang masih jarang terlihat. Beberapa di antaranya adalah Merak, Ayam Mutiara dan juga Bebek Bali yang memiliki bentuk unik seperti sanggul di kepala.

2. Naik kuda poni

Masih tentang berinteraksi dengan hewan, kali ini bukan hanya tentang mengenalnya, tetapi juga bisa naik kuda poni. Setiap kuda memiliki pendamping yang menemani dalam perjalanan, sehingga tidak perlu khawatir dengan keselamatannya.

Untuk bisa melakukan aktivitas seru ini, kamu harus mengikuti program outing bernama Ameng Bareng Sekar. Biasanya ada perjalanan terorganisir yang dipadukan dengan penjelajahan hewan.

3. Warnai dan buat topengnya

Aktivitas keren lainnya yang bisa dilakukan anak-anak di Kebun Binatang Mini Bogor adalah membuat topeng dan mewarnai. Bukan hanya topeng, tapi ada tema yang harus dikenakan. Karena berada di area kebun binatang mini, sebagian besar temanya tentang binatang.

Biarkan anak Anda berkreasi dengan imajinasinya. Jangan membantu jika Anda tidak membutuhkannya. Kegiatan ini mendorong anak untuk lebih kreatif dan dapat mengembangkan keterampilan kognitif.

4. Café Alam dan Kids Zone

Aktivitas Menarik di Kebun Binatang Mini BogorKredit gambar: Google Maps Farila Rakhmanika

Jika Anda lelah mengikuti keinginan anak untuk menjelajahi setiap sudut tempat, silakan beristirahat di kafe alam. Tersedia menu makanan untuk mengisi perut agar stamina cepat pulih. Jika Anda membawa makanan sendiri gunakan Gazebo sebagai fasilitas yang Anda dapatkan secara gratis.

Bagi anak-anak yang masih ingin bermain, ada juga taman bermain menarik yang cukup lengkap. Trampolin dan ayunan adalah beberapa jenis permainan yang tersedia di Kids Zone. Seperti halnya Gazebo, untuk memanfaatkan fasilitas ini tidak dipungut biaya.

5. Pergi bersepeda gunung

Memang bukan aktivitas wajib saat berada di situs Mini Zoo, namun mengendarai ATV bisa menjadi alternatif jika bosan melihat satwa yang ada. Area yang dituju tidak begitu luas, sehingga Anda bisa memantau anak duduk santai di tempat yang dituju.

Cukup dengan biaya Rp 50.000, anak Anda sudah bisa merasakan sensasi mengendarai kendaraan roda empat dengan roda besar. Selain ATV, ada juga becak mini, mobil remote control, becak dan sepeda sebagai kendaraan untuk dicoba.

6. Kegiatan fotografi

Kegiatan wajib dari setiap kegiatan rekreasi adalah mengambil foto dan video. Ada banyak tempat yang cocok dijadikan objek foto menarik, salah satunya adalah rumah terbalik. Bukan terbalik dalam arti sebenarnya tentunya, tapi hanya hiasan saja.

Selain itu, beberapa jenis hewan juga cocok sebagai latar belakang, seperti burung merak, bebek bali, kerbau bule dan masih banyak lagi. Di sangkar burung terdapat sejenis burung jinak yang terkadang suka difoto bersama, yaitu burung beo abu-abu afrika. Coba minta staf untuk mengangkat burung di bahu atau di lengan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kebun Binatang Mini BogorKredit gambar: Hanya Google Maps Dias

Beberapa fasilitas di Bogor Mini Zoo ada yang gratis dan berbayar. Anda bisa menggunakan mushola atau kursi dan gazebo gratis untuk beristirahat. Sedangkan fasilitas yang harus dibayar dengan nominal tertentu adalah tempat parkir, kafe, toilet umum dan juga akomodasi di hotel The Forest Resort.

Persiapan sangat penting sebelum memulai perjalanan bersama keluarga. Sediakan obat-obatan yang dianggap penting, serta obat gosok tertentu. Kenakan pakaian yang nyaman saat berada di Kebun Binatang Mini Bogor yang memiliki lokasi outdoor, dimana terik matahari selalu menemani setiap langkah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button