Kebun Binatang GL menambah penghuni baru selama liburan Tahun Baru Cina, ada monyet yang diimpor dari AS - WisataHits
Yogyakarta

Kebun Binatang GL menambah penghuni baru selama liburan Tahun Baru Cina, ada monyet yang diimpor dari AS

Kebun Binatang GL menambah penghuni baru selama liburan Tahun Baru Cina, ada monyet yang diimpor dari AS

Harianjogja.com, JOGJA — Pengelola objek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta menambah koleksi satwa baru untuk menyambut Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023.

Kepala Bidang Humas dan Promosi GL Zoo Fahmi Ramadhan saat dihubungi di Yogyakarta, Rabu mengatakan, hewan yang akan didatangkan baru adalah yaki (Macaca nigra) atau monyet jambul hitam yang merupakan salah satu satwa endemik Sulawesi Utara. “Monyet yakin kerja sama konservasi Sulawesi akan mengisi zona primata Kebun Binatang GL,” kata Fahmi, Rabu (18/1/2023).

Selain yaki, katanya ada empat satwa lain yang masuk ke zona primata sejak 1 Januari 2023, yakni monyet tupai, marmoset, monyet tonkean hitam, dan lemur.

BACA JUGA: Selain Malioboro, Kebun Binatang Loka juga diserbu wisatawan

Beberapa primata, katanya, didatangkan dari Amerika Serikat. “Primata yang diimpor adalah monyet tupai dan marmoset biasa. Ini adalah hewan dari Amerika Latin, ”katanya.

Selain menampilkan primata baru, GL Zoo juga menyiapkan rangkaian program khusus Imlek, mulai dari lomba dengan wisatawan hingga kuis media sosial, ujarnya. Instagram Kebun Binatang GL.

Selanjutnya, ada pula teater bertema animal welfare yang bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI), hingga membagikan ratusan Angpau kepada pengunjung.

“Karena ini Tahun Kelinci akan ada lomba mencari stiker kelinci dan kuis Instagram. Juga akan ada ratusan paket merah yang dibagikan oleh badut kepada turis secara acak, tidak berisi uang tunai tetapi voucher,” katanya.

Pengelola Kebun Binatang Gembira Loka, kata Fahmi, bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kebun binatang tersebut menjadi antara 5.000 hingga 10.000 orang per hari selama libur Imlek 2023.

“Pada hari biasa biasanya pengunjung mencapai 1.000 hingga 3.000 orang, sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 3.000 hingga 5.000 pengunjung,” kata Fahmi.

Untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan, dua pintu masuk GL Zoo juga dimaksimalkan, yakni pintu barat di Jalan Veteran dan pintu timur di Jalan Kebun Raya, ujarnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Sumber: Antara

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button