Kebangkitan Situ Gede untuk Konservasi - WisataHits
Jawa Barat

Kebangkitan Situ Gede untuk Konservasi

Kebangkitan Situ Gede untuk Konservasi

TIDAK BENAR Objek wisata yang wajib dikunjungi di Tasikmalaya, Jawa Barat adalah Situ Gede yang baru saja direvitalisasi. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimis wajah baru Situ Gede di Kabupaten Mangkubumi akan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan perekonomian nasional mengingat lokasinya yang berada di pusat kota.

“Situ Gede akan menjadi destinasi wisata yang memberikan devisa dan kemajuan ekonomi bagi Tasikmalaya dan masyarakatnya,” kata Gubernur Ridwan Kamil.

Baca juga:

Mengatasi resesi, perubahan strategi untuk mengembangkan pasar pariwisata internasional

besar di sanaRevitalisasi dan desain kawasan Situ Gede akan dilanjutkan pada tahap dua hingga selesai seluruhnya. (Biro Adpim Jawa Barat)

Pengelolaan dan revitalisasi Situ Gede bertujuan untuk melestarikan, melestarikan ekosistem alam dan ekologi serta meningkatkan citra kawasan.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan, revitalisasi dan desain kawasan Situ Gede akan dilanjutkan pada tahap dua hingga selesai seluruhnya.

“Ini belum selesai, baru tahap satu. Kami akan menganggarkan lagi sampai semuanya siap,” katanya.

Obyek wisata Situ Gede sudah dikenal masyarakat, namun kondisinya dulu kurang baik. Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menetapkannya sebagai program provinsi strategis yang penyelenggaraannya telah dikontrak oleh Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat. Tahap pertama revitalisasi dan penataan Situ Gede meliputi area seluas 2.800 meter persegi.

“Sekarang ada tempat untuk bertindak di bawah, tidak ada yang terpinggirkan. Semuanya ditampung, yang atas untuk pengalengan, balakecrakan, berperahu dan kegiatan lainnya,” ujarnya.

Baca juga:

Tinggalkan tradisi memandikan bayi di Minangkabau

besar di sanaGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Gede pasca revitalisasi di Kota Tasikmalaya pada Sabtu (14/1/2023). (Biro Adpim Jawa Barat)

Kang Emil pun menyarankan agar Pemkot Tasikmalaya mengundang investor untuk membangun shelter di kawasan Situ Gede.

Dikatakannya, banyak wisatawan yang ingin menginap di kawasan Situ Gede dan menikmati alam.

“Jika saya seorang turis, akan menyenangkan untuk tinggal di sini. Nah itu kan belum ada, jadi kita sudah instruksikan kepada Plt Wali Kota Tasikmalaya untuk mengundang investor bikin perumahan karena itu terlalu bagus. Sayang kalau dinikmati hanya dengan perahu atau makan tanpa menginap,” sarannya.

Ia berharap revitalisasi Situ Gede akan memperkuat Tasikmalaya sebagai kota yang fokus pada ekonomi pariwisata. Untuk itu kota Tasikmalaya harus terus dibuat nyaman, aman dan banyak kegiatan perekonomian.

“Apalagi Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) selesai KELUARAda yang ke kota Tasikmalaya, pasti orang mau cepat ke sini dan akhirnya belanja, maka orang diuntungkan di sini,” ujar Kang Emil.(Imanha/Jawa Barat)

Baca juga:

Ngebuyu, upacara menyambut kelahiran bayi di Pesisir Lampung

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button