Keajaiban mendaki Gunung Talang menghadap tiga danau - WisataHits
Jawa Tengah

Keajaiban mendaki Gunung Talang menghadap tiga danau

SOLOK, KP – Gunung Talang adalah sebuah gunung di pulau Sumatera, tepatnya di Kabupaten Solok, provinsi Sumatera Barat. Pendakian Gunung Talang saat ini semakin diminati oleh masyarakat dan pelajar yang tergabung dalam Mapala di seluruh tanah air dan juga oleh masyarakat umum.

Pada 17 Agustus 2016, Wakil Bupati Solo menjadi inspektur Upacara Jubilee RI bersama 6000.000 pendaki lainnya. Pada perayaan Tahun Baru 2019, diperkirakan lebih dari 1000 pendaki akan memadati puncak Gunung Talang.

Pada kesempatan peringatan HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022, Bupati Solok H. Epyardi Asda bersama ketua OPD dan ribuan pecinta alam memeriahkan HUT RI. di puncak Gunung Talang. Sekitar 12.000 pendaki dilaporkan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia bersama di puncak Gunung Talang.

Pendakian Gunung Talang dimulai di Air Batumbuk dengan bintang dari pos Pendakian R6. Dari titik R6 ini adalah trek tanah yang licin dengan kombinasi pemblokiran dasar lumpur.

Tidak jarang lutut Anda hampir menyentuh dada saat Anda merangkak melalui akar pohon yang menyebar di sepanjang jalan setapak. Jumlah rambu di Gunung Talang sebanyak 54 buah. Namun, tidak ada ukuran yang jelas tentang jarak antar karakter saat karakter dibuat. Dibutuhkan dua hingga tiga jam untuk sampai ke puncak dari R6.

Namun sesampainya di puncak Gunung Talang, para pendaki akan kehilangan rasa lelahnya setelah melihat tiga danau yang mempesona yaitu Danau Diatas, Danau Bawah dan Danau Talang.

Danau Atas terletak di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti dan Danau Bawah terletak di Nagari Bukit Sileh, Kabupaten Lembang Jaya. Sedangkan Danau Talang terletak di Desa Batu Dalam Kecamatan Danau Kembar.

Pemandangan ini menjadi salah satu atraksi wisata yang bisa dinikmati saat mendaki Gunung Talang. Gunung Talang sendiri berada sekitar 2.597 meter di atas permukaan laut (mdpl). Wisatawan bisa melihat pesona danau mulai dari R46.

Pendakian Gunung Talang dimulai dari tepi Jalan Raya Labuan Selasih – Muara Labuh Km 17. Terdapat papan setrika bertuliskan “SDN 32 Air Batumbuk” sebagai tanda akses ke R0 dan pos sekretariat pendakian Gunung Talang.

Dari sana, perjalanan menuju puncak melalui jalan yang licin dan berlumpur. Diperlukan kehati-hatian khusus saat mendaki. Namun semua itu terbayar ketika melihat indahnya matahari terbit di puncak Gunung Talang. “Jangan berkomentar kalau belum pernah ke puncak Gunung Talang,” kata Leni Perwita dari Air Batumbuk kepada PADANG KORAN kemarin.

Bagi penggemar dan pecinta alam, tidak lengkap rasanya tanpa mendaki Gunung Talang. (dinding)

Source: hariankoranpadang.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button