KCIC akan membahas akses ke Stasiun Kereta Api Tegalluar dan memanfaatkan lahan Pemkot Bandung seluas 5.000 hektare - WisataHits
Jawa Barat

KCIC akan membahas akses ke Stasiun Kereta Api Tegalluar dan memanfaatkan lahan Pemkot Bandung seluas 5.000 hektare

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Pemkot Bandung dan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) membahas akses stasiun Tegalluar di Balai Kota Bandung, Senin (26/12/2022). Pembahasan ini terkait kedatangan Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada 2023.

Secara teknis, PT Kereta Api Indonesia China (KCIC) memastikan masyarakat Kota Bandung dapat menikmati layanan kereta cepat meski stasiunnya berada di luar wilayah Kota Bandung (Padalarang, Kabupaten Bandung Barat dan Tegalluar, Kabupaten Bandung). .

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan nantinya akan ada layanan kereta shuttle bagi masyarakat Kota Bandung yang menggunakan layanan KCJB.

Selain itu, akses Kota Bandung di kawasan Tegalluar juga terbantu dengan adanya akses jalan tol sepanjang 151 kilometer.

“Jembatan akan kita bangun sementara Dinas PUPR akan membuat exit 151 untuk mendukung KCJB. Dengan adanya pintu tol ini, maka kawasan GBLA dan Masjid Al Jabbar akan lebih mudah dijangkau,” ujarnya.

Kereta-Cepat-Jakarta-Bandung-aa.jpgPemkot Bandung dan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) membahas akses ke stasiun kereta Tegalluar di Balai Kota Bandung, Senin (26/12/2022). (Foto: Humas Bandung)

Selain itu, sekitar 5.000 hektar aset Kota Bandung nantinya akan digunakan untuk menyediakan akses ke Stasiun Kereta Api Tegalluar, seperti B. stasiun tol sepanjang 151 kilometer.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Pemkot Bandung pada prinsipnya menerima dan menyambut baik kehadiran infrastruktur pendukung KCJB tersebut.

Selain itu, terkait pembukaan exit tol 151, Yana mengatakan hal itu dapat membantu mengurangi lalu lintas kendaraan di beberapa pintu masuk Kota Bandung.

“Tentu itu akan memudahkan masyarakat Bandung untuk menikmati KCJB. Dan di sisi lain dapat mengurangi volume kendaraan yang akan masuk di beberapa pintu tol kota Bandung (Buahbatu, Moh. Toha, Cileunyi),” kata Yana.

Selain itu, Pemkot Bandung dan KCJB akan berkoordinasi lebih detail mengenai keberadaan akses tersebut yang diharapkan selesai pada Juli 2023.

Selain itu, kedua belah pihak memastikan tidak ada lahan yang dihuni warga yang terkena dampak pembangunan.

“Tidak. Letaknya di kawasan pinggir jalan tol GBLA,” kata Yana soal lahan Pemkot Bandung yang digunakan untuk akses kereta cepat Stasiun Tegalluar Jakarta-Bandung.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button