Kawasan wisata harus didukung oleh jaringan internet yang memadai - WisataHits
Yogyakarta

Kawasan wisata harus didukung oleh jaringan internet yang memadai

Kawasan wisata harus didukung oleh jaringan internet yang memadai

Senin, 16 Januari 2023 | 22:09 WIB

| penulis :

Buku catatan : beruntung s

Jakarta, Info Publik – Sebanyak 12 objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggunakan transaksi cashless. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia (DPD RI) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berharap destinasi lain bisa mengikuti.

Menurut LaNyalla yang sedang berada di Yogyakarta dalam rangka kunjungan kerja, penggunaan transaksi non tunai semakin meningkat di masyarakat. Tak terkecuali wisatawan yang kini lebih memilih menggunakan aplikasi pendanaan seperti Ovo, Dana, Qris, Gopay dan lainnya.

Untuk itu, LaNyalla berharap kawasan wisata dapat didukung jaringan internet yang memadai. Sehingga kegiatan wisata menjadi lebih optimal.

“Menurut saya tren yang terjadi di seluruh dunia juga berubah karena pandemi. Penggunaan uang digital, kartu debit atau penggunaan aplikasi pembiayaan sangat berorientasi pada masyarakat. termasuk wisatawan. Oleh karena itu, pengelola kawasan wisata harus beradaptasi dengan tren ini,” ujarnya dalam siaran resminya, Senin (16/01/2023).

Senator asal Jawa Timur itu menambahkan, transaksi cashless untuk membayar tiket masuk tempat wisata juga menarik, meski hanya sekitar 1 persen.

“Pembayaran cashless jauh lebih praktis. Selain itu, wisatawan juga lebih aman karena tidak membawa uang Uang tunai,” dia berkata.

“Namun kelemahan dalam menggunakan sistem IT adalah tergantung pada kekuatan sinyal dan internet. Oleh karena itu, saya mengusulkan untuk memperkuat jaringan internet agar lebih merata, sehingga pembayaran tiket masuk tidak hanya menggunakan transaksi digital, tetapi juga transaksi lain seperti makanan, transportasi, dan lainnya,” lanjutnya.

Selain itu, transaksi nontunai juga bisa diharapkan saat wisatawan kehabisan uang tunai. “Setidaknya dia masih bisa menikmati liburan dengan sumber materi. Cara ini tidak hanya membantu wisatawan, tapi juga menjaga pendapatan tempat wisata,” ujarnya.

Foto: Kantor Pers DPD RI

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button