KAWAH RATU Tiket dan Atraksi Hebat - WisataHits
wisatahits

KAWAH RATU Tiket dan Atraksi Hebat

Biaya masuk Kawah Ratu : Rp 15.000Jam buka: 08.00 – 17.00Tidak. Panggilan: Alamat: mt. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Kawah Ratu masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak bisa jadi pilihan melakukan perjalanan yang dekat dengan ibu kota. Menawarkan pemandangan alam yang indah dan kawah belerang yang eksotis. Ditambah lagi dengan panorama perbukitan hijau dan hutan pinus, sangat cocok bagi yang ingin menghilangkan penat.

Tidak hanya itu, udara di sekitar selalu sangat segar. Selain melakukan pemanasan di kawasan Kawah Ratu yang mengeluarkan uap panas. Berbagai kegiatan bisa dilakukan disini, mulai dari melakukan perjalanan ambil foto. Wisatawan juga bisa berkemah di kawasan wisata ini di area yang sudah tersedia.

Harga Tiket Masuk Kawah Ratu Bogor

Objek wisata ini memungut biaya masuk yang relatif murah. Hanya saja wisatawan harus membayar biaya ketika memasuki kawasan wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Selain tiket masuk, wisatawan juga dikenakan biaya parkir tergantung kendaraannya.

Tiket masuk Kawah Ratu
Tiket masuk Rp 15.000

Baca Juga: 5 Wisata Gunung Terbaik di Bogor

Jam Buka Kawah Ratu Bogor

Tempat wisata ini bisa dibuka dari pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada pagi hari. Suasana pagi yang sejuk akan menyenangkan jika Anda menghabiskan waktu di kawasan kawah.

Jam operasional
Setiap hari 08:00 – 17:00 WIB

Pesona keindahan ratu kawah Gunung Salak

Warna biru air di kawahWarna biru air di kawah. Foto: Gmap/Jefry Putra Tanjung

Kawah Ratu merupakan kawah yang terbentuk dari letusan yang terjadi di Gunung Salak. Letusannya sangat dahsyat sehingga membentuk kawah yang dipenuhi belerang. Biasanya kawah berada di puncak gunung, namun ini berbeda dengan Kawah Ratu yang berada di perut gunung. Pada ketinggian sekitar 800 hingga 900 meter di atas permukaan laut.

Daerah ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Batu-batu tak beraturan tersebar di berbagai tempat yang membuatnya begitu artistik. Ditambah dengan air kawah yang berwarna biru tosca menjadi daya tarik tersendiri. Jika Anda melihat lebih dekat di bagian bawah, airnya berwarna kuning, menandakan kandungan belerang di sini.

Asap putih mengepul di beberapa tempat yang kadar belerangnya cukup tinggi. Kepulan asap ini tidak mengaburkan pandangan, justru menimbulkan efek yang unik. Apalagi jika diabadikan dalam kamera. Pemandangan danau yang indah dengan bebatuan dan asap putih yang keluar membuatnya semakin indah.

Mata air dan mata air belerang

Daerah kuning menunjukkan kandungan belerang yang tinggiDaerah kuning menunjukkan kandungan belerang yang tinggi. Foto: Gmap/JOE Temerluhline

Di dalam kawasan kawah terdapat mata air yang mengandung belerang, karena kawahnya sendiri masih aktif. Di beberapa tempat kandungan belerangnya tidak terlalu tinggi. Beberapa wisatawan menyempatkan diri menggunakan belerang ini untuk melapisi tubuh dan wajah mereka. Belerang sering digunakan untuk masker alami yang seharusnya merawat kulit.

Beberapa orang percaya bahwa belerang dapat meremajakan kulit. Dan ada juga yang percaya bahwa belerang ini bisa menyembuhkan penyakit kulit. Tak jauh dari kawasan kawah terdapat sumber air panas. Di sini, wisatawan bisa merendam tubuh mereka di mata air ini.

Jika tidak ingin merendam badan, wisatawan bisa bersantai sambil merendam kaki. Perasaannya sangat unik, tubuh bagian atas terasa dingin, sedangkan kaki terasa hangat. Kandungan belerang mata air ini tidak berbahaya sehingga aman bagi wisatawan. Namun tentunya jangan terlalu lama, karena terlalu banyak menghirup belerang bisa menyebabkan pusing dan pingsan.

Trekking Kawah Ratu

Jalur pendakian di bebatuanJalur pendakian berbatu. Foto: Gmap/Obie Savana

Menuju Kawah Ratu hanya bisa dilakukan dengan melakukan perjalanan. Sebelum melakukan perjalanan, wisatawan harus menyiapkan pakaian dan sepatu dengan benar. Selain itu, persediaan seperti makanan dan minuman harus disediakan dalam jumlah yang cukup. Karena setelah gerbang taman nasional, sudah tidak ada lagi warung makan.

Tak kalah pentingnya, wisatawan juga harus mempersiapkan fisik, seperti jalurnya melakukan perjalanantidak selalu miring. Dengan dominasi tanah dan medan berbatu. Kemudian, Anda terkadang harus menyeberangi sungai kecil. Oleh karena itu akan lebih baik untuk memakai sepatu tahan air.

Beberapa jalur memiliki medan yang cukup ekstrim, bahkan tanjakan hingga 90 derajat. Apalagi jika menyangkut kawasan hutan mati, di mana banyak pohon tumbang. Sedemikian rupa sehingga terkadang wisatawan harus memanjat bangkai pohon untuk melewatinya. Dan medan akan semakin sulit saat musim hujan, karena menjadi licin.

Berkemah di dekat kawasan Kawah Ratu

Area berkemah jauh dari kawahArea berkemah jauh dari kawah. Foto: Gmap/Hendi Yuda Pratama

Di sini wisatawan juga bisa menikmati suasana berkemah. Ada area camping yang bisa menampung banyak tenda. Tentu saja, area berkemah ini tidak dekat dengan kawah. Karena akan berbahaya jika wisatawan menghirup belerang dalam waktu yang lama.

Sambil berkemah, wisatawan bisa menikmati kesejukan dan keindahan kawasan Kawah Ratu. Serta kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang begitu unik. Tak jarang kisah mistis mewarnai sejarah Gunung Salak. Terlepas dari itu semua, gunung ini memiliki pemandangan yang begitu mempesona.

Di pagi hari, wisatawan bisa menyaksikan keindahan matahari terbit. Apalagi jika bisa mendaki ke puncak Gunung Salak yang tidak jauh dari titik camp. Nikmati keindahan alam sambil menunggu munculnya mentari pagi. Tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Nikmati keahlian memasak di kaki gunung

Memang tidak banyak warung yang berdiri di objek wisata ini. Bahkan toko terakhir terletak persis di sebelah pintu gerbang objek wisata tersebut. Sebelum menuju kawah, wisatawan bisa menyiapkan bekal secukupnya. Beli di kota atau beli di toko dekat pintu depan.

Terdapat beberapa mata air bersih untuk mengisi persediaan air minum di kaki gunung ini. Tapi hati-hati juga, karena tidak semuanya bisa diminum. Ini karena kandungan belerang di dalam air. Tentu saja ia bisa berbahaya jika diminum oleh manusia.

Setelah turun dari kawah, wisatawan bisa menyempatkan diri untuk singgah di warung. Nikmati semangkuk mie rebus dan telur yang panas dan lezat. Bertemanlah dengan minuman hangat yang menghangatkan tubuh seketika. Sederhana, namun jika dinikmati pada waktu dan tempat yang tepat akan terkesan mewah.

Lokasi Kawah Ratu Bogor

Obyek wisata ini terletak di desa Gunung Sari, kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Jaraknya sekitar 45 kilometer dari pusat kota Bogor dan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button