Kawah Putih Ciwidey: Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, Spot Foto! - WisataHits
wisatahits

Kawah Putih Ciwidey: Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, Spot Foto!

Kawah Putih Ciwidey – Siapa yang tidak mengenal keindahan kawah putih Kabupaten Bandung? Tempat wisata ini menawarkan pesona wisata alam yang sangat mempesona. Tak hanya warga Bandung saja yang terpesona dengan keindahan kawah putih ini. Warga dari berbagai daerah datang ke sini untuk menikmati liburan bersama.

Bahkan, para wisatawan dari seluruh nusantara yang datang ke Bandung, rasanya tidak pantas jika belum mampir dan berfoto selfie di tepi kawah yang mirip danau ini. Kawah Putih Ciwidey terbentuk akibat letusan Gunung Patuha.

Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, kemudian warna air di kawah ini adalah putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya terkadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl di bawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha. (Wikipedia).

Kawah Putih CiwideyKawah Putih Ciwidey

Ada baiknya jika kita membahas sedikit tentang nama Ciwidey. Padahal, Ciwidey adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung (Jawa Barat).

Nama Ciwidey berasal dari bahasa Portugis kuno, dari kata Ciwi yang berarti kiwi dan Dey yang berarti hari. Daerah ini berbatasan dengan kabupaten Cianjur, dengan akses jalan masuk ke wilayah selatan Cianjur.

Jangan lewatkan: 15 Tempat Wisata di Jawa Barat

Bahkan, selain Kawah Putih, wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lain di Ciwidey, seperti Situ Patenggang, Perkebunan Teh Rancabli, Ranca Upas, dan Kebun Stroberi Ciwidey. Setiap hari banyak wisatawan dari kota Bandung maupun luar datang mengunjungi tempat wisata ini karena pesona alam dan keindahan yang memancarkan aura magis di tempat ini.

Lokasi dan rute menuju Kawah Putih Ciwidey

Adapun lokasi tepatnya kawah putih ini berada di Jln Raya Soreang Ciwidey 25 km dari Kabupaten Bandung (Jawa Barat). Detail Jln Kawah Putih Ciwidey, Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Akses untuk menuju lokasi wisata kawah putih sangat mudah.

Dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi roda dua dan empat. Jarak dari kota Bandung ke Kawah Putih sekitar 46 km atau 2,5 jam perjalanan. Bagi Anda yang berada di luar Kota Bandung, Tol Kopo merupakan titik transit terdekat menuju kawasan wisata ini.

Berikut beberapa rute menuju Kawah Putih Ciwidey yang bisa anda ambil, untuk rute menuju lokasi Kawah Putih Ciwidey jika anda dari Jakarta harus keluar melalui tol Padalarang Barat.

Rute 1: via Cimahi (disarankan)

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > Arah Pasteur > Exit Baros Cimahi > Belok Kanan > Akses Tol Jl. Baros > Belok Kanan Jl. Leuwigajah > Nanjung > Klan Asih > Patroli > Stadion Si Jalak Harupat > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Kawah Putih.

Disarankan untuk menggunakan mobil dengan “ground clearance” yang tinggi. Jika sedan khawatir terjebak dengan lubang yang cukup dalam.

Rute 2: melalui Mohamad Toha

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > Exit Tol Mohamad Toha > Tol Hambatan Mohamad Toha > Belok Kanan > Jalan Mohamad Toha > Dayeuhkolot > Bale Endah > Pameungpeuk > Banjaran > Cimaung > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Putih kawah.

Rute 3: Melalui Buah Batu

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > Pintu Tol Buah Batu > Pintu Tol Buah Batu > Belok Kanan > Jalan Terusan Buah Batu > Bojongsoang > Bale Endah > Pameungpeuk > Banjaran > Cimaung > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Kawah Putih .

Rute 4: melalui Kopo (lalu lintas)

Jakarta > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Purbaleunyi > Pintu Tol Kopo > Gerbang Tol Kopo > Belok Kanan > Jalan Kopo > Bihbul > Sayati > Katapang > Soreang > Pasirjambu > Ciwidey > Gerbang Kawah Putih.

Petunjuk transportasi umum ke Kawah Putih

Nah, bagi Anda yang menggunakan transportasi umum, berikut beberapa alternatif yang bisa Anda pilih, dan dari manapun Anda berada, rute pertama yang harus Anda tempuh adalah Terminal Leuwi Panjang di Bandung. Kemudian, setelah sampai di terminal Leuwi Panjang, Anda bisa menuju lokasi Kawah Putih menggunakan kendaraan umum dengan rute sebagai berikut:

  1. Dari terminal Lewi Panjang, naik mini bus (L300) menuju Bandung – Ciwidey, dan Anda akan berhenti di terminal Ciwidey.
  2. Dari terminal Ciwidey, naik angkutan umum (angkot) menuju Ciwidey – Situ Patenggang, ciri mencolok angkot berwarna kuning, dan Anda bisa minta turun di gerbang Kawah Putih.
  3. Dari gerbang kawah putih, Anda bisa menggunakan transportasi yang disediakan oleh pengelola objek wisata kawah putih, yaitu shuttle bus.

Kunjungi juga: 28 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke sini, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000,-/orang untuk wisatawan nasional, sedangkan untuk wisatawan asing tarifnya Rp30.000,-/orang.

Perjalanan dari Gerbang Kawah Putih menuju lokasi puncak kurang lebih 5km, dengan jalan menanjak menuju puncak. Untuk menuju puncak disediakan transportasi berupa anting ontang dengan tarif Rp 10.000,-/orang pulang pergi sebagai sarana penunjang kunjungan ke Kawah Putih Ciwidey. Nama anting ontang berasal dari bahasa sunda yang artinya langkah.

Kawah Putih merupakan tempat wisata yang dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Di kawasan ini juga terdapat berbagai fasilitas pendukung seperti mushola, tempat parkir dan kendaraan menuju kawah. Selain itu, ada banyak warung di daerah sekitarnya yang menyajikan berbagai makanan dan minuman tradisional. Salah satu minuman favorit saya adalah kopi hitam seduh dan bandrek. Minuman ini bisa menghangatkan tubuh karena rasa jahenya.

Wisata Kawah Putih CiwideyWisata Kawah Putih Ciwidey

Juga jangan lewatkan: 32 Tempat Kuliner di Bandung Yang Wajib Kamu Coba

Biaya parkir kendaraan di Kawah Putih

Agar lebih nyaman dan tenang saat liburan, pihak promotor menyediakan tempat parkir yang dijaga oleh pihak agen, untuk setiap kendaraan diberlakukan tarif yang berbeda.

Tarif parkir dikurangi

– Kendaraan roda dua/motor tarifnya Rp 5000,-
– Kendaraan / mobil roda empat tarifnya Rp 6000,-

Jika kendaraan wisata diparkir di bawah untuk menuju puncak kawah, Anda bisa melanjutkan menggunakan jasa angkutan ontang-anting dengan tarif seperti yang dijelaskan di atas oleh yoshiwafa.com.

Tarif parkir terbaik

Biaya parkir kendaraan roda empat/mobil di tempat parkir atas adalah Rp 150.000,-

Biaya di area parkir atas memang cukup mahal, namun tentunya wisatawan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk naik kuping, misalnya jika kendaraan travel yang anda gunakan memiliki 15 penumpang, maka 150.000 dibagi 15 orang hasilnya 10.000 , harga ini akan sama dengan biaya yang harus dikeluarkan wisatawan jika menggunakan jasa anting ontang. Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan bahan bakar minyak.

Tips Liburan ke Kawah Putih Ciwidey

Berikut beberapa tips saat Anda berlibur di Kawah Putih:

  • Karena ada gas belerang, bagi yang tidak kuat baunya, bawa masker juga bisa beli di tempat
  • Jangan terlalu lama terpapar gas belerang, Anda bisa naik mengitari kawah sebentar lalu turun kembali agar pernapasan tidak terganggu.
  • Nah, jika anda tidak datang secara rombongan maka anda harus memarkir kendaraan anda di depan pintu gerbang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan ontang-anting karena lebih murah, selain itu dengan adanya ontang-anting anda akan dapat menikmatinya. pandangan yang jelas tentang hutang gunung
  • Gunakan tabir surya agar lebih nyaman.

Sisi lain dari kawah putih CiwideySisi lain dari kawah putih Ciwidey

Bagaimana? Anda nantikan segera menikmati liburan seru untuk Kawah Putih Ciwidey? Tunggu apa lagi, segera siapkan semua perlengkapan yang diperlukan dan diperlukan. Persiapkan juga tubuh Anda.

Baca juga 19 Tempat Wisata di Lembang Bandung

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button