kawah Putih - WisataHits
wisatahits

kawah Putih

kawah Putih

kawah Putih merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata alam di bandung yang saat ini menjadi favorit para pelancong dari bandung, luar kota bahkan manca negara.

Hal ini tidak mengherankan karena Kawah Putih memiliki pesona yang sangat menakjubkan yang mampu menghipnotis siapa saja untuk datang dan mengunjunginya.

Kawah Putih terletak di selatan Bandung. Lokasinya dekat dengan beberapa tempat wisata terkenal Bandung lainnya seperti Ranca Upas, De Ranch dan juga Situ Patenggang.

kawah-putih-bandung

Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung menawarkan pesona keindahan alam kawasan pegunungan dengan udara sejuk dan tenang. Untuk itu, tempat wisata ini memang sangat cocok sebagai tempat pengasingan diri dari hiruk pikuk kehidupan kota yang padat. Saat pertama kali berjalan di tanah, Anda pasti akan merasakan sensasi luar biasa yang tidak akan pernah Anda temukan di tempat lain.

Tempat wisata ini sesuai dengan namanya memiliki objek kawah atau danau yang menjadi sumber segala pesonanya. Kawah inilah yang menjadi tujuan para wisatawan yang datang ke tempat wisata ini.

Daya tarik yang dimiliki danau di lokasi wisata Kawah Putih adalah airnya yang berwarna putih kehijauan. Dan seringkali danau ini juga diselimuti kabut putih yang akan semakin menambah keindahan dan keunikan tampilan danau jika dilihat dengan mata.

kawah-putih-ciwidey-bandungvia instagram.com/kawahputihecotourism

Kemudian disekeliling Anda bisa melihat batang dan dahan pohon yang memanjang tidak beraturan, namun membuat suasana di sini semakin eksotis, seperti sebuah kawasan yang hanya ada di negeri fantasi, melainkan di dunia nyata.

Kawah putih pertama kali terbentuk dan muncul sekitar abad ke-10, ada yang mengatakan pada abad ke-9, namun yang pasti kawah ini merupakan hasil letusan dahsyat Gunung Patuha Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Letusan dahsyat itu menciptakan dua kawah, yaitu Kawah Putih dan kawah di sisi barat Gunung Patahuha sekarang.

Kawah Putih sejak dikembangkan sebagai kawasan wisata pada tahun 1987 memang banyak diminati wisatawan. Hingga saat ini, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung terutama saat akhir pekan dan musim liburan panjang.

Selain sebagai tempat liburan, lokasi Kawah Putih juga sering dijadikan sebagai latar untuk pengambilan gambar film, objek lukisan, fotografisampai sebelum pernikahan.

kawah putih-jawa baratvia instagram.com/kawahputihecotourism

UNTUK INFORMASI ANDA. Film “hati” yang terkenal pada tahun 2006 ini dimainkan oleh aktor dan aktris papan atas Indonesia seperti Irwansyah, Nirina Zubir dan Acha Septriasa, salah satu adegannya diambil dalam Kawah Putih.

Jadi bagi Anda yang berasal dari perkotaan yang padat dan panas, tempat ini sudah pasti menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi. Lokasi Kawah Putih berada di atas ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut, sehingga bisa dibayangkan betapa sejuknya udara. Bahkan mungkin lebih sejuk, karena suhu udara di sini setiap hari bervariasi dari 8 hingga 22 derajat Celcius.

Kisah penemuan kawah putih

Sebelum keberadaannya ditemukan oleh seorang bule asal Jerman, Dr Franz Wilhelm Junghuhn. Lokasi Kawah Putih merupakan tempat yang dianggap memiliki aura mistis oleh kebanyakan orang.

Saat itu, tidak ada satupun warga yang berani datang ke lokasi Kawah Putih karena mereka percaya bahwa tempat ini dihuni oleh makhluk astral gaib yang dapat membahayakan nyawa siapa saja yang datang.

sejarah-kawah-putihvia instagram.com/kawahputihecotourism

Memang saat itu lokasi Kawah Putih sangat sepi. Bahkan, konon burung pun tidak berani terbang di atas kawah ini karena setiap kali ada yang terbang, burung itu pasti jatuh dan mati.

Namun Dr Junghuhn yang dipercaya oleh pemerintah kolonial yang pernah menjajah negara dan yang bertugas meneliti Gunung Patuha tidak hanya percaya pada cerita atau mitos yang diyakini orang.

Berbekal kewajiban menjalankan perintah dan rasa penasaran untuk membuktikan mitos yang ada, para pencari berangkat mendaki Gunung Patuha.

Sesampainya di puncak, dekat kawah yang sekarang disebut kawah putih, Dr Junghuhn sempat berhenti dan terkesima sejenak sambil melihat keadaan kawah yang ada. Pada saat ini, Dr Junghuhn juga menemukan Kawah Putih dalam keadaan tenang dan sunyi, tidak ada makhluk di sekitar kawah.

Baca juga: Glamping di Danau Ciwidey

tiket masuk kawah putihvia instagram.com/kawahputihecotourism

Baca juga tempat keren lainnya seperti Farmhouse Lembang

Tidak ingin menunggu waktu, Dokter kemudian melakukan pencarian ekstensif bersama teman-teman penelitinya yang lain. Dan dari hasil penelitian, alasan burung pun ragu untuk terbang di atas Kawah Putih pun terbagi.

Ternyata kawah putih ini mengandung belerang yang cukup tinggi hingga menjadi bau yang sangat mengganggu burung dan makhluk hidup lainnya.

Lokasi Kawah Putih

Lokasi lokasi wisata Kawah Putih Anda dapat menemukannya dengan sangat mudah. Apalagi jika anda pernah mengunjungi tempat wisata di kawasan wisata Ciwidey seperti Situ Patenggang, anda tidak akan kesulitan mencari dimana letak kawah putih ini.

Selanjutnya mengenai alamat Kawah Putih sendiri terletak di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Untuk menuju kesana dari pusat kota Bandung, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan darat dengan jarak tempuh 50 kilometer.

via instagram.com/kawahputihecotourism

Kemudian rute menuju Kawah Putih yang bisa kamu tempuh juga bisa dengan mudah ditemukan menggunakan aplikasi Google Maps. Di bawah ini adalah peta lokasi dan rute termudah dan tercepat menuju Kawah Putih yang kami ambil dari Google Maps. Cukup sesuaikan arah kedatangan Anda.

Peta lokasi dan rute menuju Kawah Putih Bandung

[peta lokasi]

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Bandung

Tempat wisata ini buka setiap hari. Jam buka Kawah Putih mulai dari pukul 07:00 hingga 17:00 WIB.

Namun untuk bisa masuk ke tempat wisata alam di Bandung ini, Anda perlu membeli tiket masuk. Harga tiket masuk Kawah Putih yaitu Rp 18.000 per orang untuk wisatawan domestik, dan Rp 50.000 per orang untuk wisatawan asing.

Kemudian, bagi yang membawa kendaraan pribadi, tempat parkir di kawah ini ada di dua tempat, yaitu area parkir bawah dan area parkir atas di sekitar kawah.

Biaya parkir untuk area bawah sebelum masuk adalah Rp 5000 untuk sepeda motor, Rp 6000 untuk mobil, dan untuk bus Rp 25.000.

Baca juga: Waduk Jatiluhur

jalan kawah putihvia instagram.com/kawahputihecotourism

Kemudian di parkiran atas biaya parkirnya sedikit lebih mahal yaitu Rp 35.000 untuk sepeda motor dan Rp 150.000 untuk mobil. Lahan parkir atas hanya boleh ditempati oleh sepeda motor dan mobil, sedangkan bus hanya boleh menempati lahan parkir bawah.

Juga, bagi Anda yang menggunakan transportasi umum seperti bus, untuk mendaki ke kawah Anda harus berjalan kaki hingga 5 kilometer. Jika merasa tidak kuat, di sekitar pintu masuk sudah tersedia transportasi bernama ontang-anting yang memang standby dengan tujuan mengangkut pengunjung dari pintu masuk menuju lokasi kawah.

Namun untuk naik juga harus membayar tiket lagi seharga Rp 10.000 per orang. Ya, daripada capek, lebih baik naik saja meski harus menambah biaya.

Fasilitas Kawah Putih

Fasilitas Kawah Putih Saat ini sudah cukup lengkap. Di sini terdapat fasilitas umum berupa tempat parkir, mushola, pekerja dan warung makan.

lokasi kawah putihvia instagram.com/kawahputihecotourism

Akomodasi Kawah Putih

Ketersediaan akomodasi di sekitar lokasi wisata biasanya menjadi pertanyaan banyak calon pengunjung. Nah, jika Anda sedang berlibur di Kawah Putih dan berencana untuk bermalam, Anda bisa dengan mudah menemukan penginapan dengan berbagai fasilitas dan harga.

Tempat menginap di sekitar Kawah Putih antara lain Villa Walini, Saung Gawir, Villa Patengan dan Cimanggu Cottage Ciwidey. Harga sewa untuk menginap di hostel ini cukup murah, berkisar antara Rp 300.000 – Rp 750.000 per malam.

Kunjungan ke kawah putih

Selain ketersediaan akomodasi, keberadaan tempat wisata lain di sekitar tempat wisata yang akan dikunjungi juga sering menjadi perhatian calon pengunjung. Asyiknya di sekitar lokasi Kawah Putih, ada juga beberapa tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi.

Hal yang dapat dilakukan di dekat Kawah Putih Yang disarankan untuk anda kunjungi antara lain Situ Patenggang, De Ranch, Ranca Upas, Kawah Rengganis, Pemandian Air Panas Ciwalini dan Situ Cileunca. Jika ada tempat wisata lain yang menurut Anda juga bagus untuk dijadikan destinasi lanjutan setelah ke Kawah Putih, silahkan tambahkan di kolom komentar.

tiket masuk-kawah-putihvia instagram.com/kawahputihecotourism

Baca juga tempat menarik lainnya di Jawa Barat seperti Taman Limo

Pesona tempat wisata Kawah Putih Bandung ini memang tidak berlebihan jika dikatakan mampu menghipnotis siapa saja untuk datang dan mengunjunginya. Apalagi sekarang dengan fasilitas yang lengkap dan ketersediaan tempat menginap, maka tidak heran jika tempat wisata ini terus dipadati pengunjung setiap harinya.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button