Karnaval Tujuan Bumi merayakan HUT RI ke-77 di Desa Torobosan - WisataHits
Jawa Barat

Karnaval Tujuan Bumi merayakan HUT RI ke-77 di Desa Torobosan

Suaramuda.co.id,-Untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, warga Desa Torobosan RW.12 Desa Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi menggelar berbagai acara pada 17 Agustus 2022, mulai pukul 07:00 WIB. Selasa (16/8/2022).

Pembukaan akan dibuka dengan konfigurasi tarian “Merah Putih” yang dipimpin oleh Bunda Rita dengan penata tari Oshin Sinthia dan dilanjutkan dengan Upacara HUT RI ke-77 di Cimenteng Eco Tourism (EWIC) RW.12 Kampung Torobosan Destinasi Wisata Cipageran Cimahi dilanjutkan.

Baca juga: Lomba Sains Madrasah (KSM) di Kabupaten Sukabumi Dengan 792 Peserta

Usai upacara, diadakan helaran/karnaval berupa prosesi Hajat Bumi berupa jampana berisi 100 kilogram beras tumpeng, produk berupa sayur dan buah, serta hidangan khas desa Torobosan lainnya.

Juga mengiringi Jampana, kesenian Calung, Bangkok Reang, Angklung, peragaan busana yang terbuat dari bambu dan daun, diiringi oleh Lengser Abah-Ambu, ibu-ibu, bapak-bapak, pramuka, kebaya dan berbagai kamonesan berpenampilan anak-anak dan bayi, lainnya fitur yang menjadi ciri khas desa Torobosan.

Baca Juga: Kwaran Sagaranten Adakan Upacara Dies Natalis ke-61 Gerakan Pramuka di Stadion Sagaranten

Karnaval/Helaran ini juga didukung oleh mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kawasan Desa Torobosan yaitu Kampus ISBI Bandung, STIPAR YAPARI Bandung dan IKIP Siliwangi Cimahi.

Warga Desa Torobosan Antusias Merayakan HUT RI ke-77

Acara memperingati HUT RI ke-77 ini digagas oleh Karang Taruna RW.12 Kampung Torobosan dan tokoh masyarakat seperti Pak Sumarno dan tokoh seni dari RW.12 Pak Uden, Pak Dede Syarif HD D’Longser, Ibu Emas Sanggar Mutiara dan siswa – siswi SD dan SMP 11 yang berada di kawasan RW.12 juga berada di bawah tanggung jawab ketua RW 12, ketua RT, kader dan warga Kampung Torobosan.

Baca juga: drg. Iur Liona Salah satu pakar hukum hak asasi manusia. 39 dari tahun 1999 harus segera direvisi

Fokus karnaval adalah Lapangan Cibaligo Cipageran, tempat perayaan HUT RI ke-77 di tingkat kecamatan Cipageran.

Selain acara karnaval, puncak acara dilanjutkan dengan lomba dan pentas seni yang berlangsung di halaman RW.12 dengan berbagai kesenian hingga sore hari.

Semoga HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-77 di Desa Torobosan kawasan Cipageran Cimahi membuat Indonesia Bangkit, Desa Torobosan Bangkit setelah 2 tahun terjangkit virus Covid-19 warga dunia.

Source: www.suaramuda.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button