Karaha Bodas Tasikmalaya, kawah putih unik yang memukau - WisataHits
wisatahits

Karaha Bodas Tasikmalaya, kawah putih unik yang memukau

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: daerah. Kadipaten, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Destinasi wisata Karaha Bodas merupakan salah satu tempat wisata di Kawah Putih Tasikmalaya. Objek wisata ini berupa lembah pegunungan yang memiliki kawah belerang dan air panas.

Tempat wisata ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, jadi jangan bandingkan dengan wisata kawah putih di daerah lain. Karaha Bodas merupakan kawah yang berasal dari gunung api muda, dimana gunung tersebut menghasilkan fenomena fumarol dan solfator. Fenomena ini berpotensi menghasilkan panas bumi. Jadi ketika di sini Anda mencium bau belerang.

Meski begitu, destinasi wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis. Di sekitar kawah ini ditumbuhi pohon pinus yang rimbun dan rindang. Bentang alam kawah putih ini menyuguhkan eksotismenya sebagai destinasi wisata yang menarik. Banyak pengunjung yang memanfaatkan pemandangan Kawah Putih sebagai spot foto yang menarik.

Keindahan Kawah Putih Karaha Bodas

Keindahan Kawah Putih Karaha BodasKredit gambar: Google Maps Toto Sudarto 1567

Perlu Anda ketahui bahwa kawasan wisata Karaha Bodas juga dikelola oleh Pertamina Geohermal. Sebab, kawasan wisata ini berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi panas bumi. Padahal, di kawasan wisata ini ada dua destinasi wisata yang patut Anda kunjungi, yaitu wisata Danau Tagala Bodas dan Wisata Karaha Bodas atau Kawah Putih.

Di kawah Karaha Bodas juga terdapat sumber air panas yang bisa digunakan untuk mencuci muka dan juga untuk merendam kaki. Jadi, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi cuci muka atau berendam di air panas, bisa berkunjung ke sini. Dijamin tidak akan menyesal, karena tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah dan eksotis.

Seperti dijelaskan di atas, Karaha Bodas merupakan kawasan wisata yang didominasi oleh batuan vulkanik muda yang berasal dari Gunung Talaga Bodasdan. Di daerah Karaha Bodas banyak terdapat aktivitas solfator dan fumarol, dimana aktivitas ini merupakan indikasi adanya potensi panas bumi.

Keindahan Kawah Putih Karaha BodasKredit Gambar: Google Maps rrphotograph tsm

Saat ini potensi tersebut sedang diamati dan digali oleh Pertamina Geothermal. Adapun upaya pengembangan lapangan uap dan pembangunan PLTP Karaha Bodas yang memiliki kapasitas terpasang 30 MW. Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya panas bumi secara optimal sebagai sumber energi untuk produksi listrik.

Dengan menggunakan energi panas bumi sebagai sumber energi yang maksimal, sangat membantu dalam meningkatkan ketersediaan listrik di Jawa, Madura dan Bali. Selain sebagai tempat wisata dengan pemandangan yang eksotis, ternyata kawasan ini juga berpotensi menjadi sumber listrik yang bisa diandalkan.

Kawasan wisata ini terletak di dalam konsesi hutan yang dikelola oleh Perhutani Jawa Barat di Unit III. Dasar dari konsep Karaha Bodas terletak pada keberadaan destinasi wisata hutan dan potensi wisata panas bumi. Apalagi konsep internal kawasan wisata Karaha Bodas berupa ekowisata dan geowisata.

Wisata Wana merupakan bentuk wisata alam yang terbentuk dari keindahan alam hutan di sekitar kawah Karaha Bodas. Potensi yang dapat dikembangkan dari konsep ekowisata ini adalah jogging track, camping ground, outbond, agrowisata, wisata kuliner dan pembuatan ruang pertemuan.

Sedangkan potensi wisata konsep geowisata di Karaha Bodas dapat dikembangkan berdasarkan ketersediaan hidrotermal yang berupa sumber air panas. Hal ini dapat digunakan dan dikembangkan sebagai sumber air panas, wisata panas bumi, lanskap geologi dan daerah wisata geologi.

Harga tiket dan rute ke Karaha Bodas

Harga Tiket Masuk Karaha BodasKredit gambar: Google Maps Agis Baswara

Untuk tiket masuk kawasan wisata Karaha Bodas, Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 per sepeda motor. Parkir relatif mudah. Namun, Anda tidak perlu membeli atau membayar tiket masuk.

Namun, jika ingin melanjutkan kunjungan ke Talaga Bodas yang tidak jauh dari Karaha Bodas, Anda harus membayar tiket parkir yang relatif mahal, yaitu Rp 26.000 (weekend/liburan) untuk sepeda motor dengan dua penumpang.

Untuk mencapai lokasi wisata Karaha Bodas, Anda hanya perlu melewati Tasikmalaya dan menuju ke arah Nagreg. Setelah Anda mulai memasuki kawasan Kadipaten, lihat ke kiri jalan dan perhatikan tanda Pertamina Geothermal. Setelah menemukannya, rute yang perlu Anda tempuh hanya berjarak lima kilometer dari wisata Karaha Bodas.

Sesampainya di sana, parkirkan kendaraan Anda dan lanjutkan berjalan kaki menuju kawasan kawah. Jarak antara tempat parkir dan kawasan kawah adalah 700 meter. Perlu Anda ketahui bahwa di area ini terdapat dua sirkuit seperti yang telah dijelaskan di atas, yaitu Karaha Bodas dan Talaga Bodas.

Memang, lokasi wisata Karaha Bodas dan Talaga Bodas berdekatan satu sama lain. Jika ingin melanjutkan kunjungan ke Talaga Bodas, harus melalui Malngbong, Garut. Rute ini memang lebih jauh, namun rute ini lebih mudah diakses daripada rute yang melewati jalan panas bumi Pertamina yang terjal dan berbatu.

Lanskap kedua tempat wisata ini memang indah dan luar biasa. Adanya hamparan nuansa putih yang luas di kedua tempat ini memberikan rasa kesegaran dan kenyamanan serta dapat menenangkan pikiran. Jika Anda berfoto selfie di tempat wisata ini, hasilnya pasti tidak akan mengecewakan.

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata Karaha Bodas, sangat disarankan untuk datang pada pagi hari, karena cuaca pagi sangat bagus untuk berfoto. Jangan lupa membawa tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari langsung. Selain itu, usahakan untuk membawa bekal makan siang sendiri, karena akan terasa lebih enak.

Fasilitas di Karaha Bodas

Fasilitas Karaha BodasKredit gambar: Google Maps Winda Koirin Nissa

Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini belum terlalu memadai. Bahkan toilet umum pun tidak ada. Sehingga, pengunjung yang ingin buang air kecil terpaksa mencari tempat yang aman jauh dari pandangan pengunjung lain. Pengelolaan kawasan ini belum optimal. Oleh karena itu, masih sedikit orang yang berkunjung ke sini.

Sementara itu, Kepala Desa setempat mengungkapkan, tempat wisata Karaha Bodas direncanakan oleh Perhutani, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan juga Pertamina. Dia mengatakan atraksi wisata akan ditingkatkan untuk membuat mereka lebih menarik bagi wisatawan.

Rencananya, di kawasan wisata Karaha Bodas akan dibangun kereta gantung, pemandian air panas dan fasilitas lainnya yang akan menunjang kenyamanan wisatawan. Meskipun fasilitas tempat ini masih kurang. Namun, jika Anda berkunjung ke sini, Anda akan menemukan lokasi wisata kawah putih dengan pemandangan yang sangat indah dan eksotis. Kamu bisa berfoto selfie dengan background keren.

Itulah beberapa ulasan terkait kawasan wisata Karaha Bodas di Tasikmalaya. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai nuansa alam. Saya harap informasinya bermanfaat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button